• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Jenis Umbi-umbian dan Manfaatnya untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Jenis Umbi-umbian dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ini 6 Jenis Umbi-umbian dan Manfaatnya untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Agustus 2022

“Ada banyak jenis umbi-umbian yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah singkong sebagai sumber vitamin C, bawang sumber antioksidan, serta ubi jalar yang baik dimakan untuk pengidap diabetes.”

Ini 6 Jenis Umbi-umbian dan Manfaatnya untuk KesehatanIni 6 Jenis Umbi-umbian dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta –   Umbi-umbian tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu racikan masakan, tetapi juga bisa diolah untuk mengatasi gangguan kesehatan. Umbi-umbian tertentu dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menghambat timbulnya kanker, dan baik untuk usus. 

Umbi-umbian juga merupakan salah satu makanan yang mengandung serat tinggi, dan sumber pati resisten yang hebat serta karbohidrat kompleks sehingga ia menyediakan energi bagi tubuh untuk berfungsi. Simak selengkapnya di sini jenis umbi-umbian yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Umbi-umbian Berdasarkan Jenisnya

Singkong, lobak, kentang, bawang, ketela, wortel dan bengkuang adalah jenis umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Tidak hanya enak, umbi-umbian ini juga bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat lengkapnya!

1. Singkong

Tidak hanya buahnya, akar singkong ternyata juga memiliki nutrisi penting. Akar singkong kaya akan vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C sangat penting sebagai sumber antioksidan,  mendukung produksi kolagen, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Daging singkong sendiri kaya akan tembaga, mineral yang diperlukan untuk sintesis neurotransmiter, produksi energi, metabolisme zat besi, dan banyak lagi.

Ada banyak cara mengolah singkong yang enak dan sehat. Kamu bisa memasaknya sebagai makanan ringan, dengan cara dipanggang. Singkong yang dikukus kemudian ditumbuk bisa menjadi pendamping omelet atau sup.

2. Bawang

Bawang sering dijadikan sebagai bahan pokok dalam banyak masakan. Selain rasanya yang gurih dan membuat makanan lain yang dicampur dengannya jadi enak dan wangi, bawang juga tinggi serat, vitamin C dan sumber antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan membantu mencegah penyakit.  Selain itu, jenis bawang bombay memiliki sifat antikanker yang kuat sehingga direkomendasikan digunakan sebagai bumbu masak yang menyehatkan.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan serat, vitamin C, mangan dan vitamin A dan sumber antioksidan termasuk beta-karoten, asam klorogenat dan anthocyanin. Ubi jalar dapat membantu mengontrol gula darah buat pengidap diabetes. 

Kandungan vitamin A pada ubi jalar juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melindungi kesehatan mata, dan menjaga kesehatan kulit. Ubi jalar dapat dipanggang, direbus, dipanggang, atau ditumis dan dinikmati sebagai lauk lezat atau ditambahkan ke menu masakan lain seperti sandwich hingga salad.

4. Wortel

Wortel tidak diragukan lagi sebagai salah satu jenis umbi-umbian yang bermanfaat untuk kesehatan. Serat dalam wortel dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Wortel juga sarat akan vitamin A dan beta-karoten, yang dapat menurunkan risiko diabetes dan memperkuat tulang. Wortel juga memiliki kalsium dan vitamin K, yang keduanya penting untuk kesehatan tulang.

5. Lobak

Lobak memiliki manfaat penting untuk kesehatan tergantung dari jenis lobaknya. Lobak adalah sumber antioksidan yang baik seperti katekin, pirogalol, asam vanilat, dan senyawa fenolik lainnya. 

Kandungan nutrisi tersebut membuat mengonsumsi lobak dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Lobak juga merupakan sumber nitrat alami yang baik yang meningkatkan aliran darah. 

6. Jahe

Jahe sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan.  Jahe kaya akan antioksidan, termasuk senyawa spesifik yang disebut gingerol, yang telah dikaitkan dengan aneka manfaat kesehatan 

Jahe terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, termasuk meredakan nyeri haid dan mengurangi gejala pada orang dengan kondisi osteoarthritis. Jahe merupakan tambahan yang bagus untuk teh, sup, smoothies, dan semur.

Itulah jenis umbi-umbian beserta manfaatnya untuk kesehatan. Pastinya ada banyak lagi jenis umbi-umbian yang memiliki manfaat lain. Kalau kamu mau tahu lebih banyak mengenai manfaat umbi-umbian lainnya, tanyakan saja ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Tapioca and What Is It Good For?
WebMD. Diakses pada 2022. Radish: Health Benefits, Nutrition, and Uses.