• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Manfaat Kesehatan dari Teh Kombucha

Ini 6 Manfaat Kesehatan dari Teh Kombucha

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 6 Manfaat Kesehatan dari Teh Kombucha

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar teh kombucha? Bagi masyarakat Indonesia, jenis teh ini mungkin masih terdengar asing. Namun tahukah kamu, teh kombucha sebenarnya sudah lama dikenal dan dikonsumsi masyarakat dunia. Katanya, teh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Benarkah demikian? Apa saja manfaat kesehatan dari teh kombucha? 

Teh kombucha didapat dari proses fermentasi, di mana teh, ragi, dan gula dicampurkan kemudian difermentasi selama satu minggu atau lebih. Selama proses fermentasi, teh akan menghasilkan zat asam, bakteri, dan sedikit alkohol. Kombinasi itu yang membuat teh kombucha memiliki rasa yang unik, yaitu terasa tajam, asam, serta memiliki aroma seperti cuka.

Baca juga: 5 Teh yang Efektif Atasi Insomnia

Manfaat Sehat Konsumsi Teh Kombucha

Teh kombucha juga dikenal dengan istilah teh jamur, sebab selama proses fermentasi, bakteri dan ragi di dalam teh akan berkumpul di permukaan cairan dan terlihat seperti jamur. Jenis teh ini dipercaya bisa memberi beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan sudah dikonsumsi selama hampir 2000 tahun oleh masyarakat Tiongkok. 

Ada beragam manfaat yang disebut bisa didapat dari konsumsi teh kombucha, sebab teh ini mengandung vitamin B, antioksidan, probiotik, natrium, dan gula. Jika dikonsumsi secara rutin, ada beberapa manfaat sehat teh kombucha yang bisa didapat, di antaranya: 

1.Pencernaan Lebih Sehat 

Salah satu manfaat dari rutin mengonsumsi teh kombucha adalah sistem pencernaan yang lebih sehat. Pasalnya, teh ini memiliki banyak kandungan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan secara keseluruhan. 

2.Mencegah Penyakit

Selain probiotik, teh kombucha juga kaya akan kandungan antioksidan. Nah, antioksidan nyatanya bisa membantu mencegah penyakit, sebab bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memerangi bakteri jahat penyebab infeksi, serta mengurangi peradangan. Rutin mengonsumsi teh kombucha disebut bisa membantu menurunkan risiko infeksi.

Baca juga: Di Antara Banyak Jenis Teh, Mana yang Lebih Sehat?

3.Menjaga Kesehatan Hati

Salah satu manfaat sehat teh kombucha adalah kesehatan organ hati yang lebih terjaga. Hal itu berkat kandungan antioksidan dan probiotik yang bisa membantu proses pembuangan zat beracun pada organ hati. Sehingga, kesehatan organ ini disebut akan lebih terjadi dan terhindar dari risiko penyakit

4.Kadar Gula Darah Terkontrol 

Teh kombucha disebut baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes tipe 2. Sebab, jenis teh yang satu ini disebut bisa mengurangi kadar gula darah, sehingga lebih terkontrol. Teh kombucha disebut bisa memperlambat pencernaan karbohidrat di dalam tubuh. 

5.Jantung dan Ginjal Lebih Sehat 

Jantung dan ginjal juga tidak luput dari manfaat sehat teh kombucha. Mengonsumsi teh ini disebut bisa menjaga organ jantung dan ginjal lebih sehat. Sebab, kandungan dalam teh bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, tingginya kandungan antioksidan membuat teh kombucha benar-benar baik untuk kesehatan jantung dan ginjal. 

6.Menurunkan Risiko Kanker 

Teh kombucha disebut bisa mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Manfaat itu didapat dari kandungan antioksidan polifenol yang ada di dalam teh. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa teh kombucha memiliki efek antikanker. 

Baca juga: Kenalan dengan Diet Okinawa yang Bikin Panjang Umur

Sakit dan harus pergi ke rumah sakit segera? Pakai aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat dan sesuai kebutuhan. Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit. Ayo, download aplikasinya di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Evidence-Based Health Benefits of Kombucha Tea.
Medicalnews Today. Diakses pada 2021. What are the health benefits of kombucha?