• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Manfaat Memiliki Sahabat Dekat untuk Kesehatan Mental

Ini 6 Manfaat Memiliki Sahabat Dekat untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 6 Manfaat Memiliki Sahabat Dekat untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Persahabatan adalah salah satu hubungan paling berharga dalam hidup. Dengan memiliki sahabat, kamu bisa mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam hidup. Persahabatan juga menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan mental.

Sebuah studi tahun 2009 dari Journal of National Medical Association meneliti 300 pria dan wanita di sebuah klinik kesehatan di Buffalo, New York. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa responden yang memiliki dukungan sosial yang rendah cenderung mengalami gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi. Sebaliknya, memiliki persahabatan yang baik bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental. Berikut ulasannya.

Baca juga: Ini Manfaat Tersembunyi Bergosip Bersama Sahabat

Manfaat Persahabatan untuk Kesehatan Mental

Tidak hanya menemani kamu bergembira bersama pada saat-saat terbaik, sahabat dekat yang baik juga memberikan dukungan. Dengan memiliki sahabat, kamu tidak akan merasa kesepian. Berikut manfaat memiliki sahabat dekat untuk kesehatan mental:

1.Mencegah Perasaan Kesepian

Perasaan kesepian bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental, dan semakin banyak orang yang merasa kesepian akhir-akhir ini. Nah, memiliki beberapa sahabat dekat bisa membantu kamu menghindari rasa kesepian.

Bila merasa kesepian, kamu bisa mengatasinya dengan curhat, bercanda atau menghabiskan waktu dengan mereka. Walaupun jarak dan faktor lain bisa menghalangi untuk bertemu dengan sahabat secara fisik, tapi mengetahui bahwa kamu memiliki sahabat bisa membantu mengurangi rasa kesepian.

2.Mengurangi Stres

Tiap orang pasti pernah mengalami stres, baik dalam tingkat yang rendah maupun tinggi. Meskipun pada awalnya kamu hanya mengalami stres ringan, tapi hal itu lama kelamaan bisa menumpuk dan membuat kewalahan. 

Kamu mungkin akan mengalami gejala suasana hati, seperti kecemasan, depresi, atau mudah tersinggung saat mengalami stres. Stres bisa memengaruhi kesehatan fisik dengan melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan insomnia, masalah pencernaan, masalah jantung, dan masih banyak lagi. 

Namun, ada kabar baik. Memiliki sahabat dekat bisa membantu mengatasi stres secara efektif dan menurunkan risiko kamu mengalami beberapa jenis stres.

3.Memberi Dukungan Emosional

Dukungan emosional adalah manfaat penting dari memiliki sahabat. Sahabat dekat bisa mendukung kamu dengan berbagai cara, seperti menjadi pendengar yang baik, membantu mengalihkan perhatian saat kamu merasa sedih dan kesal, serta melakukan hal-hal baik untuk kamu.

4.Membantu Mengembangkan Diri

Bila kamu ingin membuat perubahan yang positif dalam hidup atau ingin menghentikan kebiasaan buruk, sahabat dekat membantu mempertahankan tekad dan mengingatkan kamu untuk mempraktikkan kebiasaan yang lebih sehat.

Baca juga: Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri

5.Meningkatkan Rasa Memiliki

Setiap orang senang mengetahui bahwa dirinya penting bagi orang lain. Hal itu juga bisa membuat seseorang merasa bahwa hidup mereka memiliki tujuan. Perasaan memiliki menempati urutan ketiga dalam hierarki kebutuhan Maslow, tepat setelah kebutuhan dasar (makanan dan tempat tinggal) dan kebutuhan keamanan. Nah, mengembangkan dan memelihara persahabatan dekat bisa membantu menumbuhkan perasaan memiliki.

6.Membantu Mengatasi Trauma

Hidup tidak selalu berjalan mulus dan penuh kebahagiaan. Kadang-kadang, tanpa peringatan sebelumnya, kamu bisa mengalami peristiwa traumatis atau sulit yang bisa memengaruhi kesejahteraan emosional, seperti:

  • Perpisahan atau perceraian.
  • Kematian orang yang dicintai.
  • Pandemi.
  • Masalah keuangan dan pemutusan hubungan kerja.
  • Masalah keluarga.

Salah satu dari tantangan di atas bisa berdampak signifikan pada kesehatan mental jangka panjang. Namun, penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa bila kamu memiliki persahabatan yang kuat, kamu bisa lebih mudah menghadapi apa pun yang terjadi dalam hidup.

Baca juga: Begini Cara Mendukung Teman yang Alami Gangguan Bipolar

Nah, itulah manfaat memiliki sahabat dekat untuk kesehatan mental. Bila kamu sedang stres, Halodoc juga bisa menjadi sahabat yang membantu menjaga kesehatan mental lho. Curhat saja pada psikolog di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mindwise. Diakses pada 2020. How Friendship Affects Your Physical & Mental Health.
Healthline. Diakses pada 2020. 6 Ways Friendship Is Good for Your Health.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Friendships: Enrich your life and improve your health