13 August 2018

Ini 6 Manfaat Olahraga Hoki yang Perlu Diketahui

olahraga hoki, asian games

Halodoc, Jakarta - Hoki menjadi salah satu cabang olahraga permainan yang dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018 nanti. Di Indonesia, olahraga ini tidak terlalu santer terdengar laiknya sepak bola atau bulu tangkis, karena memang peminatnya tidak cukup banyak. Padahal, tak hanya untuk tujuan olahraga, hoki lebih mengarah pada permainan yang tentu saja mampu mengurangi tingkatan stres pada tubuh. Lalu, apa saja sih manfaat olahraga satu ini?

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki dan Lengan

Olahraga hoki didominasi oleh gerakan berlari dan memukul dengan menggunakan stik yang hampir mirip dengan stik golf. Tentu saja, gerakan ini sangat baik untuk menunjang kekuatan otot kaki dan lengan. Pasalnya, kamu harus berlari kencang dan untuk tiba di gawang lawan dan menghindari pemain lawan yang menghadang. Di sisi lain, tangan kamu juga harus kuat agar mampu memukul bola dengan kencang.

  1. Menciptakan Relaksasi dan Memperbaiki Mood

Tak hanya menyehatkan fisik, olahraga hobi juga baik untuk mengembalikan suasana hati kamu sekaligus menghilangkan stres. Seperti olahraga lainnya, hoki juga bisa membuat kamu menjadi lebih rileks, karena terlepasnya hormon endorfin dalam tubuh ketika kamu memainkannya. Hormon endorfin sendiri berfungsi untuk mengontrol suasana hati, sehingga kamu akan merasa lebih bahagia setelahnya.

  1. Peningkatan Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Saat bermain hoki, kamu harus fokus untuk bisa melintasi pemain lawan di lapangan. Terlebih jika lapangan yang digunakan adalah lapangan es, tingkat fokus dan konsentrasi kamu harus semakin meningkat. Kamu harus mampu bergerak cepat untuk merespon dan menentukan strategi. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan keseimbangan dan kelincahan kamu secara keseluruhan serta koordinasi antara penglihatan dan gerakan.

Baca juga: 9 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah

  1. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular Tubuh

Energi dan kekuatan otot yang kamu keluarkan saat bermain hoki ternyata membantu meningkatkan sistem kardiovaskular pada tubuh. Pasalnya, kedua hal tersebut berperan dalam memasok oksigen ke dalam otot. Ini juga membantu memaksimalkan kinerja sistem pernapasan.

  1. Membakar Lemak dan Kalori

Olahraga hoki yang terbilang memiliki tempo cepat tentu membutuhkan energi yang cukup besar. Energi yang kamu keluarkan ini akan membantu membakar kalori dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa setiap pemain hoki setidaknya membakar sebanyak 0,061 kalori per pon setiap menit. Jika dilakukan dalam jangka panjang, jumlah ini mampu membuat berat badan menurun dengan cukup signifikan.

  1. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Hoki termasuk jenis olahraga permainan yang dilakukan secara tim. Tentunya, dibutuhkan strategi dan kerja sama yang baik agar bisa tercipta permainan dengan ritme yang harmonis. Komunikasi yang tercipta di setiap pemain biasanya dilakukan melalui kontak mata dan gerakan tubuh. Secara tidak langsung, olahraga ini juga melatih kamu dalam berkomunikasi dengan anggota tim lainnya tanpa harus mengeluarkan suara. Jika terjalin dengan baik, bukan tidak mungkin kemenangan pasti akan kamu dapatkan.

Baca juga: Masuk Asian Games 2018, Ini yang Disebut E-Sport

Itu tadi beberapa manfaat olahraga hoki yang bisa kamu dapatkan. Apa pun olahraga yang kamu lakukan, jangan sampai membuat tubuh kamu kelelahan. Sempatkan untuk melakukan cek kesehatan rutin, ya. Kalau kamu tidak sempat mengunjungi laboratorium, kamu masih bisa melakukan cek melalui aplikasi Halodoc.

Caranya gampang banget kok. Kamu tinggal donwload aplikasi Halodoc di Play Store atau App Store dan pilih layanan Cek Lab. Di mana pun kamu berada, cek lab tetap bisa dilakukan. Yuk jaga kesehatan pakai Halodoc!