• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Manfaat Olahraga Rounders bagi Kesehatan

Ini 6 Manfaat Olahraga Rounders bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 6 Manfaat Olahraga Rounders bagi Kesehatan

“Olahraga rounders menjadi salah satu jenis olahraga yang dimainkan secara berkelompok. Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan olahraga kasti. Ada berbagai manfaat olahraga rounders yang bisa kamu rasakan. Mulai dari menjaga kesehatan kesehatan mental, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga keseimbangan tubuh, hingga meningkatkan kekuatan otot kaki dan punggung.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar mengenai olahraga rounders? Olahraga rounders adalah olahraga yang dimainkan secara berkelompok. Olahraga ini menyerupai kasti yang membutuhkan peralatan, seperti tongkat pemukul dan bola.

Olahraga rounders dimainkan oleh dua kelompok yang bertugas sebagai tim pemukul dan bertahan. Serupa dengan jenis olahraga lainnya, olahraga rounders memiliki sejumlah manfaat yang bisa dirasakan jika kamu tepat dalam melakukan olahraga rounders.

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan Agar Tetap Sehat

Ketahui Berbagai Manfaat Rounders 

Siapa sih yang tidak kenal dengan olahraga kasti? Banyak orang mengenal olahraga kasti dengan baik, tetapi tidak mengenal olahraga rounders. Padahal, kedua olahraga ini hampir serupa, mulai dari tongkat pemukul hingga bola.

Permainan olahraga rounders dapat berjalan dengan 2 tim di dalamnya. Tim pertama sebagai tim pemukul dan tim kedua sebagai tim bertahan. Tongkat rounders menyerupai tongkat kasti dengan panjang 50 – 80 sentimeter dan diameter 7 sentimeter. 

Bola yang digunakan untuk olahraga rounders lebih kecil dan keras dibandingkan dengan bola kasti. Selain itu, olahraga ini juga dimainkan di dalam lapangan untuk mencapai base yang telah ditentukan. 

Bukan hanya bagian tangan, kecepatan kaki juga dibutuhkan dalam olahraga ini. Dengan begitu, banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika kamu melakukan olahraga rounders.

Berikut ini manfaat olahraga rounders yang bisa dirasakan, yaitu:

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Rounders menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Olahraga rounders perlu dimainkan dalam bentuk tim sehingga cocok untuk dimainkan bersama kerabat dekat maupun keluarga.

Melakukan olahraga rounders membuat tubuh memproduksi hormon endorfin dan meningkatkan kadar serotonin serta dopamin. Dengan begitu, kesehatan mental akan tetap terjaga dengan baik. 

Selain itu, sosialisasi antar tim membuat kamu memiliki banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama dan mengenal lebih jauh antar anggota tim saat berlatih bersama.

Baca juga: Ini Manfaat Rutin Olahraga untuk Kesehatan Mental

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki dan Punggung

Olahraga rounders membutuhkan gerakan berlari untuk mencapai permainan yang diinginkan. Dengan banyak melakukan gerakan berlari, hal ini membantu kamu meningkatkan kekuatan otot kaki dan area punggung. 

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga rounders dan menggunakan sepatu yang nyaman agar terhindar dari cedera saat berlari.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga rounders berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung dengan baik. Olahraga yang dilakukan dengan banyak gerakan lari membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung. Berlari selama 10 menit setiap harinya dapat membantu kamu menurunkan risiko gangguan pada jantung.

  1. Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak Tubuh

Bukan hanya berlari, dalam olahraga rounders kamu juga akan melakukan berbagai gerakan lainnya, seperti menangkap dan memerhatikan bola yang akan ditangkap atau dipukul. Kondisi ini yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan koordinasi gerakan tubuh.

  1. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat olahraga rounders lainnya adalah meningkatkan keseimbangan tubuh. Berlari dan fokus pada satu titik membantu kamu untuk mengasah kemampuan bergerak agar tetap seimbang.

Bukan hanya itu, berlatih melakukan tangkap bola pun bisa membuat keseimbangan tubuh tetap terjaga dengan baik.

  1. Membuat Otot Tangan Semakin Kuat

Manfaat olahraga rounders berikutnya, yaitu membuat otot tangan semakin kuat. Memegang dan mengayunkan tongkat rounders menjadi kebiasaan yang membantu kamu untuk meningkatkan kekuatan otot tangan. Selain itu, kegiatan ini bisa meningkatkan fleksibilitas persendian pada area tangan.

Baca juga: Olahraga Efektif untuk Diet Sehat, Ini Penjelasannya

Itulah manfaat olahraga rounders yang bisa kamu rasakan. Jika kamu atau anggota tim lainnya mengalami cedera saat olahraga rounders, tidak ada salahnya untuk gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung kondisi kesehatan yang dialami pada dokter. Langsung saja download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

We Are All Rounders. Diakses pada 2021. 10 Reasons to Play Rounders in School.

Jump Start by WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Running.

Rocky Mountain Health Plans. Diakses pada 2021. What Are The Health Benefits of Playing Baseball?