• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Prosedur Transplantasi Rambut dan Persiapannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Prosedur Transplantasi Rambut dan Persiapannya

Ini 6 Prosedur Transplantasi Rambut dan Persiapannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 September 2022

“Transplantasi rambut adalah pilihan terbaik yang disarankan untuk mengatasi kebotakan. Akan tetapi, harga perawatan ini cukup mahal dan prosesnya juga panjang, yakni butuh 8 sampai 12 bulan untuk melihat hasilnya.”

Ini 6 Prosedur Transplantasi Rambut dan PersiapannyaIni 6 Prosedur Transplantasi Rambut dan Persiapannya

Halodoc, Jakarta –  Transplantasi rambut adalah prosedur di mana ahli bedah plastik atau dermatologis memindahkan rambut ke area kepala yang botak. Dokter bedah biasanya memindahkan rambut dari belakang atau samping kepala ke depan atau atas kepala.

Pola kebotakan menjadi penyebab sebagian besar kerontokan rambut. Selain genetik, beberapa kondisi yang menyebabkan kerontokan rambut adalah pola makan yang buruk, stres, penyakit, ketidakseimbangan hormon, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Prosedur transplantasi rambut diyakini dapat membantu mengatasi masalah ini. 

Tahapan Prosedur Transplantasi Rambut

Ada dua jenis prosedur transplantasi rambut yaitu cangkok celah dan cangkok mikro. Cangkok celah mengandung 4 sampai 10 rambut per cangkok. Sedangkan cangkok mikro mengandung 1 hingga 2 helai rambut per cangkok, tergantung pada area yang dibutuhkan.

Lantas, seperti apa prosedur dan persiapan transplantasi rambut? Begini langkahnya:

  1. Setelah membersihkan kulit kepala secara menyeluruh, seorang ahli bedah akan menggunakan jarum kecil untuk mematikan rasa di area kepala dengan anestesi lokal.
  2. Dua teknik utama digunakan untuk mendapatkan folikel untuk transplantasi yaitu FUT dan FUE. Dalam transplantasi unit folikel (FUT) akan dilakukan beberapa tindakan:
  • Dokter bedah menggunakan pisau bedah untuk memotong potongan kulit kepala dari bagian belakang kepala. Sayatan biasanya beberapa sentimeter panjangnya yang kemudian ditutup dengan jahitan.
  • Selanjutnya dokter bedah akan memisahkan bagian kulit kepala yang diangkat menjadi bagian-bagian kecil menggunakan lensa pembesar dan pisau bedah yang tajam. Saat ditanamkan, bagian ini akan membantu mencapai pertumbuhan rambut yang tampak alami.
  • Dalam ekstraksi unit folikel (FUE), folikel rambut dipotong langsung dari bagian belakang kepala melalui ratusan hingga ribuan sayatan pukulan kecil. Dokter bedah membuat lubang kecil dengan pisau atau jarum di area kulit kepala yang menerima transplantasi rambut, kemudian menempatkan rambut di lubang tersebut.
  1. Selama satu sesi perawatan, seorang ahli bedah dapat mentransplantasikan ratusan atau bahkan ribuan rambut.
  2. Setelah itu, cangkok, kasa, atau perban akan menutupi kulit kepala selama beberapa hari.
  3. Sesi transplantasi rambut bisa memakan waktu 4 jam atau lebih dan jahitan akan dilepas sekitar 10 hari setelah operasi.

Dibutuhkan tiga atau empat sesi untuk mendapatkan rambut penuh yang diinginkan. Sesi terjadi beberapa bulan terpisah untuk memungkinkan setiap transplantasi sembuh sepenuhnya.

Setelah operasi kulit kepala mungkin sakit, dan kamu mungkin perlu minum obat setelah operasi transplantasi rambut. Beberapa obat yang mungkin dibutuhkan adalah:

  • Obat nyeri.
  • Antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi.
  • Obat anti-inflamasi untuk mempercepat proses penyembuhan pembengkakan.

Risiko Kegagalan Transplantasi Rambut

Kebanyakan orang dapat kembali bekerja beberapa hari setelah operasi. Biasanya rambut yang ditransplantasikan akan rontok 2 hingga 3 minggu setelah prosedur. Ini membuka jalan bagi pertumbuhan rambut baru. 

Kebanyakan orang akan melihat beberapa pertumbuhan rambut baru 8 sampai 12 bulan setelah operasi. Banyak dokter meresepkan minoxidil atau obat penumbuh rambut finasteride untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Obat-obatan ini juga membantu memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut di masa depan.

Transplantasi rambut adalah pilihan terbaik yang disarankan untuk mengatasi kebotakan, tetapi memang harga perawatan ini cukup mahal. Operasi transplantasi rambut memiliki risiko yang relatif rendah dibandingkan dengan operasi lain. Selain itu, ada kecil kemungkinan nantinya rambut gagal tumbuh. 

Meskipun tingkat keberhasilan transplantasi rambut relatif tinggi, masih ada kemungkinan kegagalan. Beberapa penyebabnya dikarenakan penolakan cangkok, kelayakan untuk transplantasi rambut, harapan yang tidak realistis, perawatan pasca transplantasi rambut yang buruk, dan klinik yang tidak berpengalaman.

Cari tahu lebih dalam mengenai prosedur transplantasi rambut dan persiapannya melalui Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan lainnya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Hair Transplants and Treatment 2022.
Heva Clinic. Diakses pada 2022. Why Do Hair Transplants Fail?
WebMD. Diakses pada 2022. Hair Transplants: What to Expect.