• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

Ini 6 Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 6 Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

"Tangan dan kaki sering dingin? Kalau kamu sering mengalaminya, bisa jadi aliran darah di dalam tubuh kamu sedang tidak lancar. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan aliran darah, misalnya dengan pola makan dan gaya hidup. Nyatanya, stres bisa menjadi salah satu faktor yang menghambat aliran darah. Pasalnya, saat tubuh mengalami stres, pembuluh darah otomatis menyempit."


Halodoc, Jakarta - Sirkulasi darah yang baik adalah salah satu kunci kesehatan dan kebugaran dalam diri seseorang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan aliran darah, misalnya dengan pola makan dan gaya hidup. Selain menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat, vitamin dan suplemen juga penting diperoleh agar imunitas tubuh semakin kuat.

Vitamin dan suplemen ini bisa kamu peroleh dari makanan yang kamu konsumsi atau langsung dalam bentuk tablet atau pil. Lantas, jenis vitamin dan suplemen apa saja yang efektif untuk melancarkan aliran darah? Simak ulasan berikut.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Mengetahui Tekanan Darah

Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

Tangan dan kaki sering dingin? Kalau kamu sering mengalaminya, bisa jadi aliran darah di dalam tubuh kamu sedang tidak lancar. Selain membuat kamu tidak nyaman, kondisi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan bila dibiarkan saja. Fungsi kognitif mungkin bisa menurun ketika otak tidak menerima suplai darah yang tidak memadai atau kamu juga rentan mengalami disfungsi ereksi akibat aliran darah yang tidak lancar. 

Nah, salah satu cara mencegah kondisi-kondisi tersebut adalah mengonsumsi vitamin atau suplemen yang mampu melancarkan aliran darah. Berikut jenis-jenis vitamin dan suplemen yang dikenal ampuh melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh:

  • Vitamin E. Vitamin E termasuk jenis vitamin yang mudah kamu peroleh dari bahan makanan, seperti sayuran hijau, biji-bijian, buah-buahan, makanan laut dan lain-lain. Untuk menambah kandungan vitamin E, kamu juga bisa menggunakan minyak biji gandum, minyak kemiri, minyak bunga matahari, dan minyak kacang lainnya saat memasak. Praktisnya, kamu bisa membeli suplemen vitamin E yang banyak dijual bebas di apotek.
  • Vitamin B. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung merupakan sumber vitamin B terbaik. Namun, kamu juga dapat menemukan suplemen vitamin B di sebagian besar toko vitamin dan toko obat. 
  • Vitamin B-3. Selain melancarkan sirkulasi darah, vitamin yang satu ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Makanan yang mengandung vitamin B-3 contohnya daging unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu. 
  • Besi. Mineral yang satu ini tersedia dalam bentuk suplemen, sehingga mudah untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Kamu juga bisa zat besi melalui makanan, seperti daging merah dan sayuran berdaun hijau. 
  • Asam lemak omega-3. Omega-3 mendorong pelepasan oksida nitrat, sehingga mampu melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Ikan salmon, ikan teri, sarden, dan tiram adalah contoh sumber asam lemak omega-3 terbaik.
  • Kurkumin. Kurkumin adalah fenol alami, sejenis antioksidan, yang ada dalam bumbu kunyit yang mampu melancarkan aliran darah. 

Baca juga: 7 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah

Tips Lain untuk Meningkatkan Aliran Darah

Selain mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk meningkatkan aliran darah, kamu juga perlu menjalani gaya hidup sehat ini:

  • Olahraga. Olahraga adalah cara terbaik untuk melancarkan sirkulasi darah. Karena jantung adalah pusat aliran darah tubuh, penting untuk memiliki jantung yang sehat jika kamu ingin peredaran darah di seluruh tubuh belajaran optimal..
  • Belajar mengelola stres. Nyatanya, stres bisa menjadi salah satu faktor yang menghambat aliran darah. Pasalnya, saat tubuh mengalami stres, pembuluh darah otomatis menyempit. Belajar mengelola stres adalah cara agar sirkulasi darah dalam tubuh kamu tetap lancar.
  • Penuhi cairan tubuh. Darah memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik adalah cara yang paling utama agar aliran darah tetap lancar. 
  • Berhenti merokok. Asap rokok bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga mampu menghambat aliran darah di dalam tubuh.

Baca juga: Pembuluh Darah Alami Masalah, Ini Langkah Pemeriksaan dengan USG Doppler

Sedang mengalami masalah kesehatan? Kamu bisa langsung bicara dengan dokter tanpa perlu ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Increase Your Blood Flow with Vitamins?.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Vitamins and supplements for increased blood flow.