• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Aturan Wajib saat Menjenguk Newborn
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Aturan Wajib saat Menjenguk Newborn

Ini 7 Aturan Wajib saat Menjenguk Newborn

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Maret 2022

“Kamu pasti sangat senang saat keluarga atau kerabat terdekat baru melahirkan, hingga ingin segera melihat bayinya. Namun, sebaiknya jangan asal berkunjung. Ada aturan wajib sebelum mengunjungi bayi newborn. Misalnya, jangan datang tanpa pemberitahuan, hingga jangan datang jika kamu sedang sakit. Hargai juga keinginan dari orang tua bayi.”

Ini 7 Aturan Wajib saat Menjenguk Newborn

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak suka dan gemas dengan bayi newborn. Setiap mendengar ada keluarga, teman, atau kerabat yang baru melahirkan, tentu kamu sangat senang dan ingin segera melihatnya. Namun, jangan asal berkunjung. Ini karena ada aturan wajib sebelum kamu menjenguk bayi newborn.

Jangan sampai kamu yang berkunjung justru mengganggu, menyibukkan, hingga membuat ibu dan bayi merasa tidak nyaman. Perlu dipahami, ibu yang baru melahirkan tentu sedang menjalani masa-masa yang paling lelah. Belum lagi ada perubahan suasana hati yang sangat fluktuatif.

Lantas, apa saja aturan wajib saat ingin mengunjungi bayi newborn? Berikut di antaranya:

  1. Jangan Muncul Tanpa Pemberitahuan

Berkoordinasilah dengan salah satu dari orang tua bayi untuk mengatur waktu yang tepat, dan datanglah tepat di waktu yang sudah disepakati. Jangan pernah datang secara dadakan atau tanpa pemberitahuan.

  1. Jangan Datang dengan Tangan Kosong

Membawa makanan untuk orang tua baru akan sangat baik untuk mereka. Entah makanan yang bisa dinikmati langsung atau makanan yang bisa disimpan di kulkas. Misalnya saja kue, camilan, buah, atau lauk pauk. Mereka akan sangat berterima kasih dengan makanan yang kamu bawa. 

Selain makanan, kamu juga bisa membawa barang-barang yang sangat berguna. Misalnya popok, tisu basah, mainan untuk anak. Memberikan hadiah yang sangat berguna bagi sang ibu juga sangat direkomendasikan, misalnya pakaian menyusui. 

  1. Jangan Berkunjung Jika Sedang Sakit

Ini sangat penting untuk diperhatikan. Bahkan jika kamu hanya pilek atau flu ringan. Sebaiknya jangan pernah berkunjung. Begitu juga jika salah satu anggota keluarga di rumah Si Kecil sedang sakit. Tunggu sampai semua orang dalam keadaan sehat sebelum bertemu dan menyapa bayi. 

  1. Hindari Berkunjung Terlalu Lama

Lihat dan temui bayi baru lahir, ucapkanlah selamat kepada orang tua, mengobrol, dan tawarkan bantuan yang kamu bisa berikan, kemudian pulanglah. Sebaiknya jangan terlalu lama berkunjung. Orang tua baru akan sangat lelah dan sedang berusaha menemukan ritme yang pas untuk mengasuh bayinya.

  1. Jangan Merepotkan Orang Tua Bayi

Orang tua baru akan sangat sibuk menjaga dan mengasuh bayi newborn. Belum lagi mereka juga harus memenuhi kebutuhannya sendiri. Jadi jangan berharap mereka akan melayani tamu dengan sempurna. Mereka akan lupa untuk menawarkan segelas air. 

  1. Jangan Membawa Kerumunan

Meskipun orang tua baru senang memamerkan bayi newborn-nya, tetapi mereka tidak berkenang jika ada pengunjung yang tidak diharapkan. Misalnya, sang Ibu mungkin nyaman tampil berantakan di depan kamu, tetapi tidak di depan suami kamu atau teman yang kamu ajak. Jadi, janganlah muncul dengan tanpa tamu tambahan tanpa memberitahu. 

  1. Jangan Lupa Mencuci Tangan

Meskipun kondisi kamu sangat sehat dan sudah mencuci tangan sebelum meninggalkan rumah, tetapi tetaplah mencuci tangan kembali saat tiba di rumah bayi newborn. Sesampainya di rumah bayi, segera menuju wastafel. Jangan sentuh bayi sampai tangan kamu dicuci dengan baik dan bersih.

Itulah setidaknya aturan wajib sebelum mengunjungi bayi newborn. Jika orang tua sedang tidak berkenan di kunjungi, maka sebaiknya jangan datang dulu. Jangan pikirkan apa yang terbaik menurut kamu sebagai pengunjung, tetapi hormati keinginan orang tua bayi, dan tidak perlu tersinggung. 

Jika orang tua bayi memiliki masalah terkait kesehatan, kamu bisa sarankan ia untuk bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Rekomendasikan juga untuk download aplikasi Halodoc untuk saat-saat diperlukan.

Referensi:
Today’s Parent. Diakses pada 2022. 13 things you should never do when you’re visiting a newborn
Motherly. Diakses pada 2022. 10 crucial rules for visiting a newborn