• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Kaki Pecah-pecah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Kaki Pecah-pecah

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Juni 2022

“Meski bukan masalah serius, kaki pecah-pecah tetap perlu dirawat untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah infeksi. Cara ampuh untuk masalah kaki ini adalah dengan mengembalikan kelembapan kaki, baik dari dalam (minum air putih) maupun dari luar (menggunakan pelembap kaki).”

Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Halodoc, Jakarta – Kaki pecah-pecah merupakan masalah kaki yang sangat umum dan bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Mulai dari terlalu lama mengenakan sepatu, salah menggunakan sabun, hingga kaki terlalu lama terendam di dalam air, sehingga menyebabkan tumit kehilangan kelembapannya.

Kaki pecah-pecah memang biasanya bukan masalah yang serius, tapi kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat berjalan, bahkan rasa nyeri. Jadi, jangan dibiarkan saja, yuk ketahui cara mengatasi kaki pecah-pecah di sini.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Tanda kaki yang kering adalah daerah tumit mengalami penebalan atau bersisik, kulit kaki retak, mengelupas, gatal, bahkan berdarah, dan terdapat kapalan di daerah kaki. Jika kamu mengalami kondisi tersebut, kamu sebaiknya segera melakukan perawatan. 

Pasalnya, kaki yang dibiarkan kering hingga pecah-pecah bisa membuat kamu kesakitan atau merasa tidak nyaman saat berdiri atau berjalan. Bahkan kakimu juga bisa berdarah karena terlalu kering.

Berikut adalah cara-cara mengatasi kaki pecah-pecah:

1. Jaga Kebersihan Kaki

Menjaga kaki atau daerah tumit yang pecah-pecah tetap bersih dan kering penting dilakukan setiap hari. Namun, hindari menggunakan sabun yang mengandung alkohol dan pewangi yang dapat membuat kulit kering. Untuk menjaga kelembaban kulit kaki, sebaiknya gunakan sabun berbahan ringan dan mengandung pelembap alami.

2. Mandi dengan Air Dingin

Kamu yang memiliki kulit kering dan kaki pecah-pecah sebaiknya tidak menggunakan air panas atau hangat untuk mandi. Hal itu karena air panas dapat membuat kulit tubuh dan kakimu menjadi kering. Usahakan untuk mandi dengan air dingin atau bertemperatur ruangan.

3. Gunakan Pelembap Kaki

Sebelum tidur pada malam hari, oleskan petroleum jelly pada kaki, lalu bungkus kaki dengan menggunakan kaus kaki yang nyaman dan biarkan semalaman saat tidur. Cara ini efektif untuk melembapkan kakimu yang pecah-pecah. Atau kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa atau madu yang sangat berkhasiat sebagai pelembap.

4. Gunakan Krim Kaki

Pilihlah krim kaki yang mengandung urea, asam salisilat, asam alpha-hidroksi, dan sakarida isomerat untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Kandungan tersebut bermanfaat melembapkan kaki, mengatasi kulit kapalan atau tebal, dan menjaga agar kulit kaki selalu terhidrasi. Nah, kamu bisa cek kebutuhan obat dan vitamin yang kamu butuhkan untuk mengatasi kulit pecah-pecah melalui aplikasi Halodoc.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih merupakan cara untuk menjaga seluruh tubuhmu terhidrasi. Mulai dari bibir, tenggorokan, bahkan sampai kulit kaki. Penuhi kebutuhan air dalam tubuhmu dengan perbanyak minum air putih, agar kulit kakimu yang kering dan pecah-pecah dapat teratasi.

6. Menggosokkan Batu Apung

Cara lain untuk mengatasi masalah kaki ini adalah dengan menggosokkan batu apung pada area kaki yang pecah-pecah. Batu apung dapat membantu mengelupaskan kulit mati dan keras. Pertama-tama, rendam dulu kakimu dalam air sabun selama lima menit, lalu basahi batu apung dan gosokkan secara perlahan pada daerah tumit yang pecah-pecah itu selama dua hingga tiga menit.

7. Rendam Kaki Dalam Air Lemon & Garam

Air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dan garam juga dapat mengatasi kaki pecah-pecah. Lemon bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit, sedangkan garam berkhasiat mencegah infeksi timbul pada kaki.

Tips Mencegah Kaki Pecah-pecah

Pemilihan alas kaki merupakan faktor penting untuk mencegah kaki pecah-pecah. Bila kamu sering mengalami masalah kaki yang satu ini, kamu perlu menemukan sepatu yang pas yang bisa menopang tumit dengan baik. 

Bila perlu, kenakanlah sepatu yang lebar di area tumit dan yang kokoh untuk menopang dan melindungi tumit kamu. Yang paling penting, hindarilah mengenakan sepatu yang sempit dan high heels. Hindari juga berdiri atau duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama.

Kamu juga perlu menjaga kelembaban kaki agar kaki tidak kering dan pecah-pecah. Caranya dengan minum air putih yang cukup dan mengenakan pelembap kaki secara rutin.

Ketahui Penyebab Kaki Pecah-pecah

Kaki bisa menjadi retak dan pecah-pecah karena kelembapannya sudah berkurang. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kaki menjadi kering, seperti kurang minum air, dehidrasi, suhu dingin, mandi atau berendam terlalu lama, sering berendam dalam air panas, dan sering mengenakan sepatu atau high heels

Namun, kaki pecah-pecah juga bisa menjadi pertanda kondisi medis tertentu, yaitu diabetes, gangguan tiroid, dan psoriasis. Orang lanjut usia juga mudah mengalami masalah kaki ini, karena faktor usia menyebabkan kulit juga mengalami penuaan dan cenderung kering.

Itulah cara mengatasi kaki pecah-pecah. Masalah kaki ini sebaiknya jangan dianggap sepele, karena seiring waktu, retakannya bisa bertambah dalam yang meningkatkan risiko infeksi. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga agar kamu bisa mendapatkan solusi kesehatan yang kamu butuhkan dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Fix Cracked Heels at Home.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. How to heal cracked heels