• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Khasiat Daun Sungkai untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Khasiat Daun Sungkai untuk Kesehatan Tubuh

Ini 7 Khasiat Daun Sungkai untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Agustus 2022

“Daun sungkai sudah lama digunakan sebagai pengobatan herbal karena mengandung senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Khasiat daun sungkai dipercaya bisa mengatasi banyak masalah kesehatan, mulai dari demam hingga asam urat tinggi.”

Ini 7 Khasiat Daun Sungkai untuk Kesehatan TubuhIni 7 Khasiat Daun Sungkai untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Sungkai adalah tumbuhan asli Kalimantan, tapi juga bisa dijumpai di daerah Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, dan lain-lain. Meski namanya belum banyak diketahui, tapi khasiat daun sungkai sudah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit, lho.

Ya, sungkai merupakan salah satu tumbuhan yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama bagian daunnya. Daun sungkai sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan umum pada anak-anak, seperti demam, sakit kepala, sakit gigi.

Air rebusan daun tanaman tersebut juga baik dikonsumsi oleh wanita karena bisa membantu menjaga kesehatan reproduksi. Yuk, simak khasiat daun sungkai lebih jauh di sini.

Khasiat Daun Sungkai

Sungkai (Peronema canescens) atau sering disebut juga sebagai jati sabrang atau ki sabrang merupakan tanaman yang memiliki ciri khas tersendiri. Bentuk batangnya lurus dengan lekuk kecil, kulitnya berwarna abu-abu atau sawo muda, beralur dangkal mengelupas kecil-kecil dan tipis.

Selain itu, penampang kulit luarnya berwarna coklat, kuning atau merah muda, kayunya berteras dengan warna sawo muda, dan rantingnya penuh dengan bulu-bulu halus.

Di Kalimantan sendiri, tradisi mengobati masalah kesehatan dengan tumbuh-tumbuhan masih dilakukan sampai sekarang. Nah, salah satu tumbuhan yang sering digunakan sebagai pengobatan herbal adalah sungkai. Hal itu karena tumbuhan tersebut, terutama daunnya, dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.

Berikut beberapa khasiat daun sungkai:

1. Obat Demam

Daun sungkai sudah sering digunakan sebagai obat demam yang ampuh. Di wilayah Sumatra Selatan dan Lampung, daun tumbuhan ini biasanya digunakan sebagai antiplasmodium dan obat demam. Suku Lembak Bengkulu juga biasa menggunakan daun muda sungkai untuk menurunkan panas. Untuk menurunkan demam, biasanya masyarakat menggunakan segenggam tangan orang dewasa untuk sekali konsumsi.

2. Membantu Menyembuhkan Malaria

Selain mengobati demam, suku Lembak juga menggunakan seduhan daun sungkai untuk membantu penyembuhan malaria.

3. Obat Sakit Gigi

Air rebusan daun sungkai juga bisa digunakan sebagai obat kumur yang bisa mengatasi sakit gigi.

4. Menjaga Imunitas Tubuh

Menurut sebuah penelitian, konsumsi ekstrak daun sungkai mampu meningkatkan imunitas tubuh, bahkan lebih efektif dibanding konsumsi obat imunos. Khasiat daun sungkai ini tidak terlepas dari peranan sejumlah bahan aktif yang terkandung di dalamnya. 

Contohnya peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, dipterpenoid, flavonoid. Bahan-bahan aktif tersebut dipercaya bisa meningkatkan jumlah leukosit, sel darah putih yang berperan penting untuk melawan berbagai penyakit.

5. Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

Mengonsumsi air rebusan daun sungkai dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Khasiat daun sungkai baik untuk wanita, karena bisa meningkatkan kesuburan rahim dan memperlancar menstruasi.

6. Melawan Peradangan

Dalam sebuah penelitian, ekstrak etanol daun sungkai diketahui memiliki efek antiinflamasi, sehingga bermanfaat untuk melawan peradangan dalam tubuh. Ekstrak tumbuhan tersebut bisa menghambat peradangan sebesar 87,78 persen. Meski begitu, khasiat daun sungkai ini belum seefektif obat antiinflamasi pada umumnya.

7. Menurunkan Kadar Asam Urat

Hiperurisemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Sungkai merupakan salah satu tanaman yang diketahui mengandung senyawa alami, yang bisa digunakan sebagai obat anti-hiperurisemia, terutama daunnya. 

Dari penelitian terhadap hewan mencit (tikus putih kecil) jantan, ditemukan bahwa ekstrak daun sungkai bisa menurunkan kadar asam urat sebanyak 38,66 persen.

Itulah beberapa khasiat daun sungkai yang bisa dimanfaat untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan.  Namun, bila masalah kesehatan yang kamu alami tidak kunjung membaik atau mencurigakan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Kamu bisa memeriksakan kesehatanmu ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk membantumu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Neliti. Diakses pada 2022. Uji Potensi Daun Muda Sungkai (Peronema Canescens) Untuk Kesehatan (Imunitas) Pada Mencit (Mus.muculus).
Jurnal Farmasi Sains dan Praktis. Diakses pada 2022. Anti Inflammatory Activity Of Sungkai Leaves (Peronema canescens Jack) Ethanol Extract In Carrageenan Induced Mice
Jurnal Farmasi Indonesia. Diakses pada 2022. Aktivitas Antihiperurisemia Ekstrak Etanol Daun Sungkai (Peronema canescens Jack) Pada Mencit Putih Jantan.
Indonesia Go. Diakses pada 2022. Daun Sungkai Si Peningkat Kekebalan