• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Makanan Sehat untuk Ibu Usai Melahirkan

Ini 7 Makanan Sehat untuk Ibu Usai Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 7 Makanan Sehat untuk Ibu Usai Melahirkan

“Setelah melahirkan, seorang wanita mulai masuk masa menyusui. Di masa ini, ibu membutuhkan asupan energi lebih, yaitu sebanyak 2.300–2.500 kalori per hari. Lantas, apa saja makanan sehat ibu menyusui yang baik dikonsumsi? Ini beberapa jenis makanan tersebut.”

Halodoc, Jakarta – Setelah melahirkan masuk ke tahap menyusui. Nah, di tahapan ini, ibu membutuhkan lebih banyak asupan energi harian, yaitu sebanyak 2.300–2.500 kalori. Bukan hanya kalori saja, kebutuhan protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral juga harus terpenuhi dengan baik. Nutrisi penting dibutuhkan, mengingat ibu menyusui memerlukan energi ekstra untuk menjalani proses pemulihan pasca persalinan.

Bukan itu saja, saat proses menyusui, asupan apapun yang ibu konsumsi juga menjadi makanan Si Kecil lewat ASI. Ibu menyusui juga memerlukan tenaga ekstra untuk merawat newborn. Lantas, makanan sehat ibu menyusui apa yang cocok dikonsumsi? Berikut ini beberapa jenis makanan tersebut:

Baca juga: Kenali Manfaat Ikan Asin untuk Kesehatan

1. Sayuran Hijau

Makanan sehat untuk ibu menyusui yang pertama adalah sayuran hijau. Sudah tidak diragukan lagi jika sayuran hijau mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, antioksidan, juga serat. Serat tinggi dalam sayuran ini mampu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit sembelit. Untuk mendapatkan manfaatnya, ibu bisa mengonsumsi bayam, brokoli, sawi, dan kubis.

2. Daging Sapi Tanpa Lemak

Makanan sehat untuk ibu menyusui selanjutnya adalah daging sapi tanpa lemak. Daging jenis ini memiliki kandungan protein, vitamin B12, dan zat besi yang mampu memberikan energi tambahan, serta dapat mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi.

3. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya mengandung vitamin D dan kalsium yang mampu menunjang sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan tulang. Jika ibu rutin mengonsumsinya, ASI yang kaya akan vitamin D dan kalsium akan masuk ke dalam tubuh Si Kecil dan menunjang proses pertumbuhannya.

4. Telur

Telur adalah sumber protein dan lemak sehat omega-3. Selain murah, bahan makanan yang satu ini mudah diperoleh dan diolah sesuai keinginan. Selain membantu proses pemulihan pasca persalinan, telur mampu melancarkan produksi ASI, dan menurunkan risiko depresi.

Baca juga: Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin A Sehari-hari

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang tanah dan kacang kedelai mengandung banyak protein, vitamin K, vitamin B, zat besi, kalsium, dan zink. Makanan ini dapat  menambah, melancarkan produksi ASI, juga mempercepat proses pemulihan pasca persalinan.

6. Kurma

Kurma mengandung banyak nutrisi baik, seperti kalium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Selain mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, buah ini dapat mencegah kanker jika dikonsumsi secara rutin. Jika dikonsumsi pasca persalinan, kurma dengan kandungan gula dapat mengembalikan tenaga yang hilang.

7. Jeruk

Makanan sehat ibu menyusui selanjutnya adalah jerik. Buah ini mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi pasca persalinan.

8. Apel

Dalam 1 buah apel mengandung sekitar 100 kalori, 25 gram karbohidrat, 4 gram serat, 19 gram gula, juga antioksidan. Buah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan organ pencernaan, serta menurunkan risiko kerusakan jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: Apa Manfaat Mengonsumsi Yoghurt untuk Kesehatan?

Selain dari makanan, ibu juga dianjurkan untuk memenuhi asupan cairan dengan banyak minum air putih, setidaknya 2 liter per hari. Jika mual mengonsumsi banyak air putih, ibu dapat memenuhi asupan cairan dengan minum jus, susu, teh, atau mengonsumsi makanan berkuah. Jangan lupa untuk banyak beristirahat, hindari stres, dan berolahraga secara rutin.

Selama proses pemulihan pasca persalinan, ibu tidak disarankan untuk mengonsumsi alkohol, kafein, dan hindari merokok. Jika ibu memiliki pertanyaan seputar penjelasan tersebut, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. New Mom’s Guide to Nutrition After Childbirth.

WebMD. Diakses pada 2021. 12 Super-Foods for New Moms.

Healthline. Diakses pada 2021. 7 Healthy Foods to Eat Right After Labor (and Before a Sushi Binge).