• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi di Trimester 1

Ini 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi di Trimester 1

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Trimester pertama yang sehat sangat penting untuk perkembangan normal janin. Bumil mungkin belum menunjukkan perubahan fisik yang signifikan, tetapi di dalam semua organ tubuh utama dan sistem janin sedang terbentuk.

Mengetahui hal tersebut, ibu hamil sebaiknya memperhatikan asupan makanan saat trimester pertama. Setidaknya targetkan 2.000 kalori sehari pada trimester pertama, dan usahakan untuk makan tiga kali sehari, ditambah satu atau dua camilan. Lantas, jenis makanan apa yang baik dikonsumsi di trimester 1?

Baca juga: Berbagai Tes Darah yang Dilakukan pada Trimester 1

Rekomendasi Makanan untuk Trimester 1

Ahli gizi merekomendasikan jenis makanan khusus untuk bumil yang mana haruslah mengandung vitamin, mineral, dan makronutrien yang dibutuhkan tubuh bumil dan bayi yang sedang berkembang. 

1. Daging Tanpa Lemak

Sumber zat besi dan protein yang baik adalah daging tanpa lemak yang dimasak dengan matang. Pasalnya, daging tanpa lemak menawarkan semua asam amino yang berfungsi sebagai bahan penyusun sel untuk perkembangan bayi.

2. Yoghurt 

Kalsium dan protein dalam pada yogurt bisa mendukung struktur tulang bayi.

3. Kacang-Kacangan

Kacang kedelai ini dikemas dengan protein vegetarian, ditambah kalsium, zat besi, dan folat.

4. Kubis 

Kubis adalah sayur berdaun gelap hijau yang menawarkan kombinasi nutrisi kuat, termasuk serat, kalsium, folat, zat besi, serta vitamin A, C, E, dan K.

5. Pisang 

Pisang dapat menyamarkan rasa mual dan juga sumber kalium yang baik buat bumil.

6. Kacang dan lentil 

Besi, folat, protein, dan serat semuanya terkandung pada kacang dan lentil. 

7. Teh jahe

Produk jahe, seperti teh jahe atau kunyit jahe, dapat membantu mengatasi mual.

Baca juga: Ibu Hamil Mengidap Diabetes, Apa yang Harus Dilakukan?

Butuh rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi di trimester 1, bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Tips Menjaga Asupan Makanan di Trimester 1

Terkadang trimester pertama sulit buat bumil mengatur pola makannya karena sensasi mual dan keinginan untuk muntah. Lantas bagaimana supaya asupan makanan tetap terjaga? 

1. Jangan Terlalu Khawatir

Pada akhirnya, meskipun penting untuk makan dengan baik pada trimester pertama, bumil harus mencoba untuk tidak terlalu khawatir tentang apa yang dimakan. Karena ini dapat menambah stres yang tidak perlu selama kehamilan. 

Baca juga: Ini 5 Penyebab Keguguran dan Cara Menghindarinya

2. Tetap Terhidrasi

Isi gelas dengan air dan letakkan di meja samping tempat tidur sebelum tidur, lalu bangun dan minum sebelum memulai hari. Jika air putih membuat mual, bumil bisa menanganinya dengan tambahan irisan lemon, mentimun, atau beri segar.

3. Sediakan Camilan Sehat 

Gejala umum di awal kehamilan adalah timbulnya rasa lapar yang cepat dengan perasaan mual dan bahkan rasa kenyang yang bersamaan. Jaga gula darah tetap stabil sepanjang hari dengan makan makanan ringan yang sehat, seperti segenggam kecil kacang, beberapa biskuit gandum dengan keju, sepotong buah segar, atau sepotong roti panggang gandum dengan selai kacang.

Sekitar 75 persen bumil mengalami mual, sakit perut atau gejala morning sickness lainnya selama tiga bulan pertama kehamilan. Untuk mengatasinya, cobalah makan lebih sering dengan porsi kecil. Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi, karena dapat menyebabkan mulas atau ketidaknyamanan perut.

Referensi:
What to Expect. Diakses pada 2020. What to Eat in the First Trimester.
Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. The First Trimester.