• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Ini 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Agar kehamilan yang dijalani selalu sehat dan bayi lahir selamat, ibu hamil perlu benar-benar menjaga kehamilannya. Dalam hal makanan, ada beberapa yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil itu mungkin sehat dan sangat aman dikonsumsi ketika sedang tidak hamil. 

Namun, ketika dikonsumsi saat hamil, makanan tersebut justru dapat membahayakan janin dalam kandungan, dengan berbagai cara. Jadi, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat hamil. Dengan begitu, ibu hamil bisa menghindari risiko gangguan pada janin dan kehamilan, akibat makanan tersebut. 

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, jika ingin kehamilan tetap sehat:

1.Ikan Bermerkuri

Mengonsumsi ikan saat hamil sebenarnya bermanfaat, karena mengandung protein dan omega-3. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri, terutama yang kadarnya sangat tinggi. Meski sebenarnya hampir semua ikan laut mengandung merkuri, ada beberapa jenis ikan yang kandungan merkurinya paling tinggi.

Ikan tersebut adalah hiu, makarel raja, tuna bigeye, todak, ikan tuna sirip kuning, dan ikan berukuran besar lainnya. Meski ikan-ikan tersebut kurang familiar dan jarang diperjual-belikan di Indonesia, tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mengetahui jenis ikan apa saja yang perlu dihindari. Sebab, paparan merkuri saat hamil dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi.

2.Sushi dan Sashimi

Ibu hamil penggemar hidangan Jepang sushi dan sashimi harus berhenti mengonsumsi makanan tersebut. Alasannya, karena ikan atau seafood yang digunakan dalam sushi dan sashimi biasanya mentah, sehingga kemungkinan besar terdapat cacing parasit di dalamnya. Apalagi jika proses pengolahannya kurang steril.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

3.Daging dan Telur Setengah Matang

Hidangan daging dan telur yang dimasak setengah matang juga harus dihindari oleh ibu hamil. Sebab, dikhawatirkan masih mengandung toksoplasma dan bakteri salmonella. Jadi, konsumsilah daging dan telur yang dimasak hingga benar-benar matang saat hamil. 

4.Makanan Cepat Saji

Meski rasanya enak, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi makanan cepat saji berlebihan, seperti burger, kentang goreng, atau ayam goreng tepung. Sebab, makanan cepat saji mengandung lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko obesitas, bayi lahir besar, dan persalinan prematur.

5.Hati Hewan

Hati ayam ataupun sapi mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi. Meski vitamin tersebut baik untuk tubuh, jika asupannya berlebihan, dapat membahayakan janin juga. Meski tidak selalu, terlalu banyak asupan vitamin A saat hamil dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan toksisitas hati dalam dosis tinggi. 

Baca juga: 4 Tanda Kurang Gizi selama Kehamilan

6.Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Meski punya banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, susu hewani yang tidak dipasteurisasi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Sebab, susu yang tidak dipasteurisasi dapat memicu keracunan pada ibu hamil, karena masih terdapat bakteri di dalamnya. 

7.Alkohol

Konsumsi alkohol juga sebaiknya dihindari ketika sedang hamil. Sebab, minuman ini bisa meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir mati. Bahkan, sedikit saja mengonsumsi alkohol bisa berdampak pada perkembangan otak janin dalam kandungan. 

Selain itu, konsumsi alkohol saat hamil juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan fetal alcohol syndrome. Sindrom ini dapat menyebabkan kelainan bentuk wajah, gangguan jantung, dan keterbelakangan mental pada bayi, sejak dalam kandungan. 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Pastikan untuk mencatatnya, ya! Selain itu, agar kehamilan selalu sehat, jangan lupa untuk makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan rutin memeriksakan kandungan ke dokter. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter kandungan di rumah sakit

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020.Pregnancy Nutrition: Foods to Avoid During Pregnancy.
WebMD. Diakses pada 2020. Foods to Avoid When You’re Pregnant.
Pregnancy Birth Baby. Diakses pada 2020. Food to avoid when pregnant.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Food to avoid during pregnancy.