• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Face Serum untuk Kecantikan Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Face Serum untuk Kecantikan Kulit

Ini 7 Manfaat Face Serum untuk Kecantikan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 November 2022

“Face serum merupakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif yang tinggi. Manfaat face serum antara lain menjaga kulit tetap terhidrasi, menenangkan kulit sensitif, hingga mencegah tanda-tanda penuaan.”

Ini 7 Manfaat Face Serum untuk Kecantikan KulitIni 7 Manfaat Face Serum untuk Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Face serum merupakan salah satu produk yang penting untuk dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan kulit wajahmu setiap hari. Produk yang kaya akan nutrisi dan bahan aktif ini bisa digunakan setelah penggunaan toner, untuk memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Tidak hanya membantu melembabkan kulit, face serum juga bisa membantu mengatasi hampir semua masalah kulit, mulai dari kulit kering, kerutan, pori-pori besar sampai bintik hitam. Selain itu, produk perawatan kulit yang satu ini juga memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap kulit. Tidak heran bila face serum digemari banyak orang, terutama wanita. Yuk, simak manfaat face serum lebih lengkap di sini.

Manfaat Face Serum untuk Kecantikan

Sebenarnya ada berbagai jenis face serum dengan kandungan yang bisa memberikan manfaatnya masing-masing. Agar bisa memilih jenis serum yang tepat, kamu perlu mengetahui lebih dulu masalah kulit apa yang ingin kamu atasi. Namun, secara umum, berikut manfaat face serum untuk kecantikan kulit wajah:

1. Membantu menjaga kulit terhidrasi

Salah satu manfaat face serum adalah menjaga kelembapan kulit berkat kandungan bahan pelembab aktifnya. Salah satu kandungannya adalah hyaluronic acid  yang mampu mengunci kelembapan kulit, menjaganya agar tetap terhidrasi, halus, dan lembut sepanjang hari.

Itulah mengapa face serum adalah produk perawatan kulit yang baik jika kamu memiliki kulit kering dan kasar. Menggunakan jenis serum wajah yang menghidrasi sebelum pelembab di malam hari bisa menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya.

2. Membantu menenangkan dan menyehatkan kulit

Face serum juga mengandung bahan antiinflamasi yang mampu menenangkan kulit sensitif. Jenis kulit berminyak rentan terhadap jerawat dan infeksi. Nah, dengan menggunakan face serum yang tepat bisa membantu meredakan peradangan pada jerawat dan mengatasi masalah kulit tersebut.

3. Membantu menghilangkan noda di kulit

Bekas jerawat, pigmentasi, dan lingkaran hitam adalah beberapa noda kulit umum yang tentu bisa mengurangi penampilan wajah. Untungnya, ada face serum yang bermanfaat untuk menghilangkan noda pada kulit, terutama serum yang mengandung bahan pencerah kulit.

4. Anti-aging

Bahan aktif dalam face serum seperti retinol, vitamin C, resveratrol, dan antioksidan bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan. Contohnya seperti kerutan, bintik hitam, dan garis halus. Jenis serum wajah tertentu juga bisa merevitalisasi kulit. Para ahli merekomendasikan untuk mengaplikasikan serum wajah pada malam hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

5. Melindungi kulit dari radikal bebas

Face serum yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, vitamin E, asam ferulic, teh hijau, resveratrol, dan astaxanthin bisa membantu mencegah kerusakan oksidatif. Produk perawatan kulit tersebut bisa membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV), dan polusi yang bisa menyebabkan penuaan dini serta kerutan pada kulit.

6. Mudah diserap dan terasa ringan di kulit

Karena cepat meresap ke dalam kulit, serum wajah tidak terasa berat atau berminyak di kulit.

7. Memberikan hasil yang signifikan

Face serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi, sehingga berpotensi memberikan hasil yang lebih signifikan dibanding jenis produk perawatan kulit lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat face serum untuk kecantikan. Bila kamu mengalami masalah kulit dan wajah yang mengganggu, kamu bisa menemui dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Sekarang, kamu bisa berobat ke dokter dengan lebih mudah karena ada aplikasi Halodoc. Caranya, tinggal buat janji di rumah sakit di rumah sakit pilihan melalui aplikasi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Are the Benefits of Using a Face Serum?
Be Body Wise. Diakses pada 2022. Benefits of Face Serum According to a Dermatologists