• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Membawa Hewan Peliharaan Saat Liburan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Membawa Hewan Peliharaan Saat Liburan

Ini 7 Manfaat Membawa Hewan Peliharaan Saat Liburan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Juni 2022

“Ada beberapa manfaat membawa hewan peliharaan saat liburan. Salah satunya adalah menghindari stres dan pikiran negatif.”

Ini 7 Manfaat Membawa Hewan Peliharaan Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Liburan merupakan salah satu cara yang dinilai efektif dalam meredakan stres. Terutama bagi kamu yang memiliki aktivitas dan rutinitas yang padat setiap harinya. Kendati demikian, bagi sebagian orang yang memiliki hewan peliharaan, liburan mungkin dapat membuat mereka bimbang. Lantaran mereka dihadapkan pada dua pilihan, yakni meninggalkan peliharaan di rumah atau di tempat penitipan hewan. 

Alih-alih menikmati liburan, meninggalkan hewan peliharaan malah berpotensi membuat perjalanan tak tenang. Beberapa orang mungkin akan memutuskan untuk membawa serta kucing atau anjing mereka dalam perjalanan. Namun sebenarnya perlukah membawa hewan peliharaan saat berlibur? Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasannya di sini! 

Manfaat Membawa Hewan Peliharaan Saat Liburan 

Terdapat beberapa manfaat membawa hewan peliharaan saat liburan yang perlu kamu ketahui, antara lain: 

1. Menghindari Stres

Membawa serta hewan peliharaan saat liburan dapat menghindarkan kamu dari pikiran negatif yang dapat berujung pada stres. Selain itu, melihat tingkah laku hewan peliharaan pastinya bisa menjadi hiburan dan membuatmu bisa lebih menikmati liburan bersama.

2. Mengontrol Berat Badan

Bayangkan apa yang akan terjadi saat banyak makanan lezat yang terhidang di depan mata. Siapa pun pasti akan tergoda untuk menyantapnya hingga habis. Alhasil, risiko kenaikan berat badan akan mengintai setelah liburan usai.

Namun, hal itu ternyata dapat dihindari jika kamu membawa hewan peliharaan kesayangan saat liburan. Sebab ia pasti akan melakukan segala cara untuk mencari perhatian darimu sehingga tak ada waktu untuk makan berlebihan. 

3. Menghindari Kesepian

Segala sesuatu yang tak terduga bisa saja terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Termasuk saat kamu tengah berlibur. Hal itu mungkin akan memicu rasa kecewa, sedih, marah bahkan kesepian. Nah, membawa hewan peliharaan saat liburan diharapkan dapat membantu mengatasi situasi tersebut jika terjadi. 

Seperti jika teman perjalanan mengalami halangan untuk menemani berbelanja oleh-oleh, kamu masih bisa menikmati momen berbelanja dengan kucingmu. Selain itu, hewan peliharaan juga bisa membantu meningkatkan suasana hati agar tetap baik selama liburan.

4. Menjaga Kesehatan

Hal ini mungkin akan terdengar berlebihan, namun nyatanya membawa hewan peliharaan dapat membuat kamu lebih sehat selama perjalanan. Sebab, menurut laman resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bermain dengan hewan peliharaan secara umum dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida. 

5. Lebih Bahagia

Percaya atau tidak, tingkat kebahagiaan saat berlibur bisa meningkat saat kamu membawa serta hewan peliharaan saat berlibur. Setelah waktu yang dilalui bersama hewan peliharaan, mereka tentunya tak lagi sekadar hewan peliharaan, tapi telah menjadi seorang teman.

Kamu bisa melakukan berbagai permainan yang menyenangkan bersama hewan peliharaan. Contohnya seperti bermain bersama di pinggir pantai, berlari, dan berolahraga bersama. Segala aktivitas ini bisa meningkatkan hormon yang berpengaruh terhadap perasaan bahagia.

6. Liburan untuk Hewan Peliharaan

Selayaknya manusia, hewan peliharaan juga dapat merasa bosan terhadap kehidupan yang monoton. Alhasil, mereka juga butuh istirahat dan hiburan sebagai bentuk refreshing. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membawa hewan peliharaan saat berlibur. Terutama jika kamu jarang mengajaknya jalan-jalan. 

7. Menjagamu Tetap Aktif 

Membawa hewan peliharaan seperti anjing ketika liburan dapat menjagamu tetap aktif. Pasalnya, membawa hewan peliharaan membuatmu memiliki tanggung jawab untuk mengajaknya berjalan-jalan. Menariknya lagi, selama berjalan-jalan dengan peliharaanmu, kamu juga dapat menjelajah kawasan destinasi liburanmu. Hal ini mungkin dapat membuatmu mengetahui lebih banyak hal menarik di sepanjang perjalananmu. 

Itulah beberapa manfaat membawa hewan peliharaan saat liburan. Kendati demikian, jika kamu berencana membawa hewan peliharaan saat berlibur pastikan untuk mempersiapkan segala hal dengan matang. Seperti berlibur ke tempat yang ramah dengan hewan. Selain itu, pastikan untuk memilih penginapan yang mengizinkan pengunjungnya membawa hewan peliharaan. 

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah senantiasa menjaga kondisi kesehatanmu selama liburan. Jika selama liburan kamu merasakan keluhan yang berkaitan dengan kesehatan, segeralah hubungi dokter untuk berdiskusi. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter untuk mendapatkan saran medis yang kamu butuhkan. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Intisari. Grid. Diakses pada 2022. 6 Keuntungan Membawa Hewan Peliharaan Saat Liburan. 
CDC. Diakses pada 2022. How to Stay Healthy Around Pets. 
Travel Nuity. Diakses pada 2022. 5 REASONS WHY YOU SHOULD TAKE YOUR DOG ON HOLIDAY.