• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit dan Kecantikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit dan Kecantikan

Ini 7 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit dan Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Juni 2022

“Ada cukup banyak manfaat petroleum jelly untuk kecantikan. Termasuk melembapkan kulit dan membuat awet muda.”

Ini 7 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit dan Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Petroleum jelly adalah gel kental berlilin yang digunakan banyak orang sebagai produk perawatan kulit dan pengobatan luka ringan. Manfaat petroleum jelly untuk kulit dan kecantikan sangat banyak, lho.

Mulai dari membantu menjaga kelembapan kulit, hingga membuat parfum lebih tahan lama. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak!

Manfaat Petroleum Jelly yang Sayang untuk Dilewatkan

Petroleum jelly adalah campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk zat seperti jeli semipadat. Produk ini tidak banyak berubah sejak Robert Augustus Chesebrough menemukannya pada 1859. 

Manfaat petroleum jelly berasal dari bahan utama minyak bumi, yang membantu menutup kulit dengan semacam lapisan pelindung. Ini membantu kulit untuk sembuh dan mempertahankan kelembapannya. 

Berikut ini beberapa manfaatnya untuk kulit dan kecantikan:

  1. Melembapkan Kulit

Salah satu manfaat utama dari gel ini adalah untuk melembapkan kulit. Mulai dari kulit wajah, tubuh, tumit, telapak tangan, hingga bibir yang pecah-pecah pun bisa diatasi dengan ini.

Untuk kulit wajah dan tubuh, oleskan petroleum jelly setelah mandi. Sebagai pelembap oklusif, ini mencegah kulit menjadi kering. Untuk tumit pecah-pecah, rendam kaki  dalam air hangat dengan sedikit garam. Keringkan dengan handuk secara menyeluruh dan oleskan petroleum jelly dan kaus kaki katun bersih.

Sementara itu, untuk mengatasi bibir pecah-pecah, kamu hanya perlu mengoleskannya ke area bibir. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Membersihkan Sisa Kosmetik

Pasti kamu pernah kan mengalami kesulitan saat membersihkan riasan mata yang tahan air? Sebenarnya cara untuk menghilangkan riasan ini sangat mudah sekali. Salah satunya dengan mengoleskan petroleum jelly.

Hal ini karena petroleum jelly dibuat dari bahan dasar minyak sehingga bisa membantu membersihkan riasan yang tidak mudah dibersihkan dengan air.  Kamu tak perlu khawatir, karena petroleum jelly cukup aman digunakan di area mata karena petroleum jelly termasuk produk yang alami. 

Namun, tidak menutup kemungkinan bisa timbul reaksi efek samping seperti alergi atau reaksi lainnya. Jadi, penting untuk waspada dan melakukan tes alergi terlebih dahulu, ya.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain petroleum jelly untuk kecantikan adalah bisa membantu meringankan efek penuaan pada kulit. Karena seiring bertambahnya usia jaringan kulit akan berkurang kelembapannya, sehingga bisa memicu kerutan pada kulit. Dengan penggunaan pelembap seperti petroleum jelly, bisa membantu mengurangi keluhan tersebut.

  1. Menunjang Riasan Mata

Petroleum jelly bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan alis yang terlihat lebih rapi. Caranya dengan memberikan petroleum jelly secukupnya pada sisir alis, kemudian sisir alis ke arah luar. 

Selain itu, eye shadow juga bisa bertahan lama dengan mengoleskan tipis petroleum jelly pada kelopak mata. Ini bisa jadi primer alami yang membantu riasan mata awet sepanjang hari.

  1. Merehidrasi Kuku

Jika kamu sering melakukan manikur dan pedikur, oleskan petroleum jelly pada kuku dan kutikula di antara polesan. Ini akan meminimalkan kerapuhan dan membantu mencegah kuku terkelupas. Untuk hasil terbaik, aplikasikan saat kuku basah.

  1. Mengatasi Rambut Bercabang

Tak hanya untuk kulit, petroleum jelly juga punya manfaat untuk rambut yang bercabang. Gel ini dapat mengurangi tampilan ujung rambut bercabang dan menambah kilau pada rambut. Cara menggunakannya, gosokkan sedikit gel di antara telapak tangan dan oleskan ke ujung rambut.

  1. Membuat Parfum Tahan Lama

Kesal karena aroma parfum kesayangan gampang hilang? Petroleum jelly bisa membantu. Cobalah oleskan gel ini di area kulit yang akan disemprot parfum. Ini akan membantu parfum bertahan lebih lama.

Itulah beberapa manfaat petroleum jelly untuk kulit dan kecantikan. Jika kamu mengalami masalah kulit setelah menggunakan gel ini, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dan memeriksakan kondisi.

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. 5 Ways To Use Petroleum Jelly For Skin Care.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Petroleum Jelly.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What Are The Benefits Of Petroleum Jelly?