• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Relaksasi Tubuh dengan Spa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Relaksasi Tubuh dengan Spa

Ini 7 Manfaat Relaksasi Tubuh dengan Spa

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Juni 2022

“Selain dapat memanjakan diri, perawatan spa ternyata juga memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan. Manfaatnya spa berupa menghilangkan stres, merelaksasi otot dan tubuh, hingga menurunkan berat badan.”

Ini 7 Manfaat Relaksasi Tubuh dengan Spa

Halodoc, Jakarta – Aktivitas sehari-hari yang padat tidak hanya membuat tubuh dan otot-otot terasa pegal, tapi pikiran juga terasa lelah dan rentan terkena stres. Salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan semua kepenatan, yaitu merelaksasi tubuh dan pikiran dengan spa. 

Selain dapat memanjakan diri, jenis perawatan tubuh ini ternyata juga memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan. Potensi manfaat melakukan spa bisa bervariasi pada setiap orang. Tergantung pada kesehatan tubuh secara keseluruhan dan bagaimana menggunakannya. 

Manfaat Spa untuk Kesehatan Tubuh

Perawatan spa tidak hanya menyenangkan dan merelaksasi tubuh, tapi juga memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut manfaat spa yang perlu diketahui:

  1. Penghilang Stres

Salah satu manfaat dari spa adalah meredakan stres. Efek menenangkan dari air hangat, aromaterapi, dan pijatan dapat membantu meredakan stres fisik, emosional, dan mental. 

  1. Relaksasi Otot

Air hangat dan tindakan pijatan dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu otot-otot  tegang jadi rileks dan menenangkannya. Perawatan ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri. 

  1. Mendapatkan Tidur yang Lebih Baik

Menurut penelitian, relaksasi yang diperoleh dari spa mungkin cukup membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak. Sehingga perawatan ini juga sangat baik dilakukan bagi kamu yang sering insomnia. 

  1. Meredakan Nyeri

Spa dapat meredakan beberapa jenis rasa sakit dengan mengendurkan otot, persendian, dan tendon yang tegang. Jika kamu memiliki radang sendi, spa dan pijat dapat membantu meringankan kekakuan dan peradangan yang menyebabkan rasa sakit. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Spa di beberapa tempat tertentu menawarkan jenis perawatan yang khusus dirancang untuk menurunkan berat badan. Metode yang biasa digunakan yaitu acupressure, yaitu memijat dengan penekanan di beberapa bagian tubuh, sehingga dapat membantu membakar lemak. Sesi sauna dalam rangkaian spa juga dapat membakar kalori tubuh, sehingga berat badan pun akan menurun. 

  1. Mengencangkan Kulit

Perawatan spa juga bisa membuat kulit wajah menjadi awet muda. Pijat spa meliputi semua bagian tubuh, termasuk wajah. Gerakan memijat ke atas pada wajah dapat membantu mengencangkan kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih segar dan awet muda. 

  1. Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Sauna juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Berdiam selama beberapa menit di dalam ruangan berudara panas dapat membuat pori-pori kulit terbuka dan merangsang keluarnya keringat. Zat-zat racun dalam tubuh juga akan ikut dikeluarkan melalui keringat. 

Ketahui Rangkaian Perawatan Spa

Di kota-kota besar dengan masyarakatnya yang super sibuk, spa mendapatkan banyak peminta. Hal ini tentu karena metode relaksasi yang ditawarkan. Perawatan spa umumnya terdiri dari beberapa rangkaian, yaitu:

  • Berendam di dalam kolam berisi air hangat. Bagian rangkaian perawatan spa ini bertujuan untuk merelaksasi otot-otot yang tegang dan kaku dalam tubuh. Selain itu, berendam di air hangat juga dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit.
  • Sauna atau steam room. Beberapa tempat spa juga memiliki fasilitas sauna, kamu disarankan untuk berdiam selama 15-30 menit di dalam ruangan panas bertemperatur 65-90 derajat Celsius. Udara panas dalam ruangan sauna dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuat otot-otot dalam tubuh menjadi rileks, termasuk otot wajah dan leher, sehingga rasa pegal-pegal atau nyeri pada tubuh akan hilang.
  • Pijat. Selanjutnya, setelah tubuhmu sudah cukup rileks, tubuhmu akan diberi pijatan lembut oleh seorang terapis. Dengan menggunakan minyak atau lotion, terapis yang sudah ahli akan memijat tubuhmu secara berurutan mulai dari atas kepala sampai ujung kaki, dengan tekanan sesuai yang kamu minta. 

Melalui pijat, rasa nyeri yang ada di bagian-bagian tubuh, seperti kepala, leher, bahu, punggung, sampai kaki dapat berkurang. Pijatan juga dapat memperlancar sirkulasi darah dan melemaskan otot yang kaku. Bahkan pijat spa diduga bisa meredakan gejala osteoarthritis dan kanker.

  • Aromaterapi. Biasanya di dalam ruangan pijat, dipasang aromaterapi, sehingga kamu dapat menikmati menghirup aroma yang wangi saat sedang dipijat. Wangi-wangian aromaterapi yang dibuat dari ekstrak tanaman ini dapat membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran. 

Aromaterapi yang terbuat dari minyak lavender bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada anak-anak yang baru saja menjalani prosedur bedah untuk amandel dan mengurangi rasa sakit ketika menjalani cuci darah.

Perawatan spa saat ini pun telah berkembang dan dilengkapi dengan layanan jasa ahli gizi, yang dapat memberikan saran nutrisi untuk menyeimbangkan gaya hidupmu. 

Kamu juga bisa memeriksakan kondisi kesehatanmu pada dokter di rumah sakit. Buat janji medis di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc agar bisa bertemu dengan dokter sesuai waktu yang kamu inginkan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Benefits of Soaking in a Hot Tub
Times New News. Diakses pada 2022. Benefits of spa treatments: Here are 12 relaxing spa therapies to de-stress your body and mind