• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Penyakit yang Menyebabkan Telapak Kaki Sakit

Ini 7 Penyakit yang Menyebabkan Telapak Kaki Sakit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 7 Penyakit yang Menyebabkan Telapak Kaki Sakit

Halodoc, Jakarta – Telapak kaki adalah bagian tubuh yang berfungsi sebagai tumpuan saat kamu melangkah. Ketika bagian tubuh ini mengalami kondisi tertentu, tentu langkahmu bisa terhambat. Pada akhirnya, telapak kaki yang sakit bisa mengganggu aktivitas yang membutuhkan kamu untuk berdiri dan berjalan. Ada beragam kondisi yang menimbulkan rasa sakit pada telapak kaki. 

Kondisi-kondisi ini pun punya gejala dan cara penanganan yang berbeda-beda. Nah, bila kamu sedang mengalami telapak kaki yang sakit, kamu mungkin mengalami salah satu dari kondisi berikut:

1. Kapalan

Kapalan adalah masalah kulit yang paling sering timbul di telapak kaki. Lapisan kulit yang tebal dan mengeras ini terbentuk saat kulit mencoba melindungi dirinya dari gesekan dan tekanan. Penebalan kulit ini terkadang menimbulkan rasa sakit saat kamu melangkah karena adanya gesekan dan tekanan. Bila tidak menimbulkan rasa sakit, kapalan tidak perlu diobati. Namun, jika kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan, ada perawatan rumahan dan obat-obatan oles untuk atasi kapalan.

Baca juga: 5 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki

2. Plantar Warts

Plantar warts ini sebenarnya punya bentuk yang mirip seperti kapalan. Masalah kulit yang satu ini juga kerap muncul di kulit-kulit bantalan, seperti di tumit atau telapak kaki. Tekanan dan gesekan dapat menyebabkan kutil plantar tumbuh ke dalam di bawah lapisan kulit yang keras dan tebal (kalus). Bedanya dengan kapalan, plantar warts disebabkan oleh human papillomavirus. 

Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau titik lemah lainnya di bagian bawah kaki. Kebanyakan plantar warts bukanlah masalah kesehatan yang serius dan biasanya hilang tanpa pengobatan.

3. Plantar Fascilitis

Plantar fasciitis adalah salah satu penyebab umum nyeri tumit. Kondisi ini terjadi ketika pita jaringan tebal yang membentang di bagian bawah kaki dan menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki mengalami peradangan. Peradangan inilah yang menimbulkan nyeri menusuk yang biasanya terjadi pada langkah pertama di pagi hari. Ketika kamu bangun dan bergerak, rasa sakit biasanya berkurang, tetapi mungkin kembali setelah lama berdiri atau saat berdiri setelah duduk.

4. Tarsal Tunnel Syndrome

Tarsal tunnel syndrome (TTS) disebabkan oleh tekanan berulang yang mengakibatkan kerusakan pada saraf tibialis posterior, saraf yang berada di dekat pergelangan kaki. Saraf tibialis berjalan melalui terowongan tarsal, yang merupakan lorong sempit di dalam pergelangan kaki. Kerusakan saraf tibialis biasanya terjadi saat ada tekanan yang konsisten.

Ketika mengalami TTS, kamu mungkin mengalami nyeri, mati rasa, atau kesemutan. Nyeri ini bisa dirasakan di mana saja di sepanjang saraf tibialis, tetapi umumnya dirasakan di telapak kaki atau di dalam pergelangan kaki. 

Baca juga: 4 Penyakit Kulit yang Biasa Muncul di Kaki

5. Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

Kebanyakan orang memiliki lengkungan di tengah-tengah telapak kakinya. Namun, pada orang yang mengalami flat feet, telapak kakinya tidak memiliki lengkungan dan hanya datar saja. Kebanyakan orang tidak memiliki tanda atau gejala yang berhubungan dengan kaki datar. Namun, beberapa orang yang punya kaki datar mengalami nyeri kaki, terutama di area tumit atau lengkungan. 

Nyeri bisa memburuk saat orang tersebut beraktivitas. Pembengkakan di sepanjang bagian dalam pergelangan kaki juga bisa terjadi. Kaki datar dapat terjadi ketika lengkungan tidak berkembang selama masa kanak-kanak. Dalam kasus lain, flat feet berkembang setelah cedera atau seiring bertambahnya usia.

6. Metatarsalgia

Metatarsalgia adalah suatu kondisi ketika bagian metatarsal (telapak kaki) mengalami nyeri akibat peradangan. Kondisi ini sering kali dialami oleh atlet lari atau atlet lompat. Ada juga penyebab lain, termasuk kelainan bentuk kaki dan sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Perawatan sederhana di rumah, seperti kompres es dan istirahat, sering kali meredakan gejala. Mengenakan alas kaki yang tepat dengan sol penyerap guncangan atau penyangga lengkungan dapat mencegah atau meminimalkan terjadinya metatarsalgia

7. Bunion

Bunion adalah benjolan tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki. Ini terjadi ketika beberapa tulang di bagian depan kaki bergerak keluar dari tempatnya. Hal ini menyebabkan ujung jempol kaki tertarik ke arah jari-jari kaki yang lebih kecil dan memaksa sendi di pangkal jempol kaki menonjol. Kulit di atas bunion mungkin terlihat merah dan terasa perih.

Mengenakan sepatu yang ketat dan sempit dapat menyebabkan bunion atau memperburuk kondisinya. Bunion juga dapat berkembang sebagai akibat dari kelainan bentuk kaki atau penyakit artritis.

Baca juga: Kaki Mendadak Bengkak? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Itulah beberapa penyebab telapak kaki sakit yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu mengalami telapak kaki sakit tetapi tidak yakin apa penyebabnya, sebaiknya periksakan langsung ke dokter. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, kamu dapat membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Foot pain. Causes.
Healthline. Diakses pada 2020. Tarsal Tunnel Syndrome.