• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Diketahui

Ini 7 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Juni 2022

“Ada beberapa tips agar melahirkan dengan normal bisa dilakukan dengan baik. Contohnya rutin menemui dokter kandungan hingga memilih rumah sakit terbaik.”

Ini 7 Tips Melahirkan Normal yang Perlu DiketahuiIni 7 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita yang ingin melahirkan dengan normal, tetapi juga sulit menghadapi rasa takut pada rasa sakit yang harus dihadapi saat persalinan. Meski begitu, rasa khawatir ini bisa diredam jika ibu sudah tahu beberapa hal yang perlu dilakukan agar melahirkan secara normal bisa berjalan lancar. Selengkapnya baca di sini!

Tips agar Melahirkan Normal Mudah Dilakukan

Persalinan normal adalah proses melahirkan bayi secara alami melalui vagina sang ibu. Bila ibu dan janin berada dalam kondisi sehat, melahirkan normal umumnya  tidak menimbulkan masalah kesehatan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin. Namun, saat melahirkan normal membutuhkan perjuangan yang besar dan mungkin juga rasa sakit.

Maka dari itu, setiap ibu yang ingin mendapatkan persalinan dengan normal serta mudah untuk dilakukan, ketahui beberapa tips berikut ini:

1. Rutin Menemui Dokter Kandungan

Saat hamil, pastikan ibu memberitahu dokter kandungan tentang keinginan untuk bisa melahirkan normal. Dokter akan memeriksakan riwayat kesehatan secara keseluruhan untuk menilai bisa atau tidaknya persalinan normal dilakukan. Setelah lampu hijau diberikan, ibu perlu secara rutin melakukan pemeriksaan untuk memantau kesehatan diri sendiri dan janin agar persalinan lebih mudah dilakukan.

2. Ketahui Risikonya

Setiap persalinan, baik itu normal atau caesar tentu memiliki risiko tersendiri dan menyesuaikan keadaan yang ada. Melahirkan bisa menyebabkan komplikasi jika bayi berada dalam posisi sungsang. Hal ini dapat membuat persalinan lebih sulit dilakukan, terutama dengan cara normal. Jika dibiarkan, bayi bisa terlilit tali pusat dan persalinan terjadi lebih lama.

3. Tanamkan Keyakinan

Sebelum memutuskan untuk melahirkan dengan normal, yakinkan diri sendiri jika ini adalah pilihan terbaik. Terus ingatlah keuntungan dari persalinan normal, seperti pemulihan yang lebih cepat dan dapat langsung melihat bayi yang dilahirkan. Minta dukungan dari suami untuk terus mendukung hal ini.

4. Pilih Rumah Sakit Terbaik

Rencanakan persalinan dengan cara memilih rumah sakit terbaik yang mampu mendukung persalinan normal. Pastikan juga rumah sakit yang dipilih tidak jauh dari rumah, sehingga tidak memakan waktu banyak saat momen melahirkan tiba. Jangan lupa untuk memastikan tempat persalinan yang dipilih memiliki fasilitas yang memadai ditambah tenaga medis yang profesional.

5. Mengikuti Kelas Persiapan

Ibu perlu mengikuti kelas persiapan agar bisa mendapatkan pengetahuan terkait melahirkan normal. Ada banyak materi yang diajarkan, termasuk teknik pernapasan agar dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan. Ibu juga bisa bertemu dengan wanita hamil lainnya untuk berbagi tips dan saling menguatkan.

6. Rutin Latihan Yoga

Ibu juga perlu melakukan latihan yoga untuk pelatihan pernapasan. Hafalkan beberapa pose atau gerakan yoga untuk dilakukan di rumah. Latihan pernapasan sangat penting agar tubuh terlatih dengan baik dan lebih kuat saat melakukan persalinan.

7. Ketahui Cara Tingkatkan Peluang Melahirkan Normal

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar persalinan secara normal bisa dilakukan, yaitu tetap aktif saat hamil untuk membangun stamina dan ketahanan fisik. Lalu, pastikan juga untuk mempelajari proses persalinan dan tanda-tanda perlu berangkat ke rumah sakit. Dengan begitu, melahirkan akan lebih mudah dilakukan.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar melahirkan normal bisa lancar. Dengan begitu, persalinan lebih mudah dilakukan dan juga menghindari segala hal yang tidak diinginkan. 

Ibu bisa juga melakukan pemeriksaan kandungan di beberapa rumah sakit rekanan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan tindakan medis bisa dilakukan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Sitaram Bhartia. Diakses pada 2022. 5 Easy Tips You Need to Know for a Normal Delivery.
Medicovers Hospitals. Diakses pada 2022. Tips To Have A Normal Delivery.