• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh

Ini 8 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Mei 2022

“Manfaat telur asin bagi kesehatan cukup banyak. Mulai dari membantu regenerasi sel, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.”

Ini 8 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Telur asin banyak disukai karena punya rasa yang gurih dan cocok untuk teman bersantap. Di balik rasanya yang enak, ternyata manfaat telur asin bagi kesehatan juga banyak, lo.

Karena terbuat dari telur bebek, telur asin kaya akan protein, vitamin, dan berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak!

Nutrisi dan Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan

Di Indonesia, telur asin dibuat dengan menggunakan telur bebek. Secara tampilan, telur bebek lebih besar dibanding telur ayam, dan warnanya hijau kebiruan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam telur bebek adalah:

  • Protein 9 gram.
  • Lemak 9,6 gram.
  • Vitamin A 472 IU.
  • Vitamin B12 3,8 mikrogram.
  • Zat besi 2,7 miligram.
  • Selenium 25,5 mikrogram.
  • Kolesterol 619 miligram.
  • Kalium 165 miligram.
  • Karbohidrat 1,08 gram.

Meski kandungan lemak dan kalori telur asin cukup tinggi, makanan ini juga kaya akan protein. Dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, berikut ini manfaat telur asin bagi kesehatan:

1. Membantu Regenerasi Sel

Protein membantu tubuh membentuk sel-sel baru dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Dengan mengonsumsi telur asin, regenerasi sel akan meningkat secara optimal, begitu juga dengan metabolisme tubuh.

2. Bantu Cegah Anemia

Zat besi yang tinggi yang terkandung dalam telur asin membantu tubuh untuk mencegah gejala anemia. Misalnya mual, pusing, sakit kepala, dan mudah lelah. Mengonsumsi telur asin untuk beberapa alasan dapat mencegah gejala anemia ini.

3. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Manfaat lain dari telur asin adalah meningkatkan fungsi penglihatan. Hal ini karena telur asin memiliki kandungan vitamin A dan B, yang mampu melindungi mata dari kekeringan, mencegah katarak, dan juga penyakit mata terkait usia.

4. Kaya Antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai penangkal radikal bebas. Ini membantu tubuh untuk tetap sehat dan juga mencegah kanker. Antioksidan biasanya didapat dari teh, apel, dan buah-buahan segar lainnya. Manfaat ini juga bisa didapat dari telur asin.

5. Memperlancar Peredaran Darah

Telur asin memiliki berbagai kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk melancarkan peredaran darah tubuh dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Omega 3 dalam telur asin dapat membantu pertumbuhan sel-sel otak, serta mencegah masalah sel-sel otak. Ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil atau anak di 3 tahun pertama kehidupan mereka.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari telur asin adalah kekebalan tubuh yang optimal. Hal ini karena telur asin mengandung selenium, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Mencegah Masalah Tulang

Telur asin mengandung fosfor dan kalsium yang cukup untuk menjaga dan membantu pertumbuhan tulang. Selain itu, telur asin dapat digunakan sebagai pencegahan osteoporosis.

Kalsium membantu pertumbuhan tulang terutama bagi anak-anak dan remaja, sehingga sangat dianjurkan bagi remaja untuk mengonsumsi telur asin untuk membantu pertumbuhannya.

Hindari Konsumsi Berlebihan

Meski kaya akan nutrisi, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk telur asin. Protein, vitamin, dan mineral dalam telur asin memang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, pahami juga bahwa telur bebek yang digunakan untuk telur asin memiliki kandungan kolesterol dan garam yang cukup tinggi. Mengonsumsi dalam jumlah wajar mungkin tidak masalah.

Rekomendasi asupan garam atau natrium harian orang dewasa per harinya maksimal 2000 miligram. Telur asin sudah memenuhi 30 persen dari dosis natrium harian yang disarankan.

Bayangkan jika kamu mengonsumsinya berlebihan, lalu makan aneka makanan tinggi natrium lainnya, tentu asupan natrium jadi berlebihan. Ini dapat membuat tekanan darah meningkat, dan memicu berbagai masalah kesehatan serius.

Jadi, pastikan untuk mengonsumsi telur asin secukupnya, ya. Imbangi juga dengan konsumsi makanan bernutrisi lainnya. Bila perlu, kamu juga bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan vitamin dan suplemen yang kamu butuhkan.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Duck Eggs.
Healhtline. Diakses pada 2022. Duck Eggs: Nutrition, Benefits, and Side Effects.
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 11 Impressing Health Benefits of Salted Eggs #Indonesian Food.