• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Tips Agar Jantung Sehat Meski Jarang Keluar Rumah

Ini 8 Tips Agar Jantung Sehat Meski Jarang Keluar Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Merebaknya virus corona yang belum ditemukan vaksinnya, membuat beberapa perusahaan masih menjalankan WFH sampai saat ini. Jarang keluar rumah membuat orang-orang memiliki gaya hidup yang kurang aktif, sehingga rentan terkena penyakit jantung. Lantas, bagaimana tips jantung sehat meskipun hanya di rumah saja? Untuk memiliki jantung yang sehat, lakukan langkah-langkah berikut ini, ya!

Baca juga: Terapkan 7 Kebiasaan Ini untuk Kesehatan Jantung

1.Jangan Merokok

Jika kamu adalah perokok pasif, mulai saat ini hindari paparan asap rokok, ya! Namun jika kamu adalah perokok aktif, mulai saat ini sebaiknya berhenti merokok. Merokok merupakan salah satu pemicu rusaknya jantung dan menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner. Saat kamu sudah berhenti merokok, risiko serangan jantung akan menurun.

2.Aktif Bergerak

Tips jantung sehat selanjutnya adalah aktif bergerak. Jika kamu beranggapan di rumah saja tidak bisa melakukan aktivitas fisik, hal tersebut salah besar. Saat ini, dengan bermodalkan selembar matras, sudah banyak sekali gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan. Gerakan-gerakan tersebut dapat dengan mudah kamu tonton di internet. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa melakukan selama 150 menit setiap minggunya.

3.Atur Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebihan akan meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kamu bisa melakukan diet sehat yang dibarengi dengan olahraga. Mengonsumsi makanan pun tidak bisa sembarangan. Kamu disarankan untuk memperbanyak asupan buah-buahan dan sayuran.

4.Konsumsi Serat

Serat dapat membantu menjaga organ jantung menjadi lebih sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya, setidaknya konsumsi 30 gram serat dalam sehari. Kandungan serat sendiri dapat kamu peroleh dari berbagai macam sumber, seperti gandum, kentang, serta sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: 9 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

5.Hindari Lemak Jenuh

Tips jantung sehat selanjutnya adalah menghindari konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Untuk menghindari kandungan lemak jenuh, kamu bisa memilih daging dan susu dengan kandungan rendah lemak.

6.Kurangi Garam

Mengurangi asupan garam menjadi tips jantung sehat selanjutnya. Hal ini dilakukan guna menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil. Jika ingin mengonsumsi makanan kemasan, perhatikan label kemasan terlebih dulu sebelum membeli. Makanan dengan kandungan tinggi garam memiliki kadar di atas 1.5 gram garam (0.6 gram sodium) per 100 gramnya. Sedangkan asupan garam yang direkomendasikan adalah 6 gram garam per hari, atau sekitar satu sendok teh.

7.Konsumsi Ikan 

Ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang merupakan sumber lemak omega-3. Kandungan lemak omega-3 tersebut dapat kamu peroleh dari makarel, sarden, tuna, dan salmon.

8.Kelola Stres

Saat tubuh sedang stres, tubuh memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras. Kondisi tersebut dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Saat di rumah saja, kamu bisa mengelola stres dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti menonton film, senam, mendengarkan musik, atau membaca buku.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Usia Muda

Meski di rumah saja, tidak ada alasan untuk kamu bermalas-malasan, ya! Ingat, kurang aktif bergerak dapat menjadi pemicu masalah kesehatan jantung di kemudian hari. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
ODPHP. Diakses pada 2020. Keep Your Heart Healthy.
Heart Foundation. Diakses pada 2020. Keeping your heart healthy.
WebMD. Diakses pada 2020. 6 Simple Steps to Keep Your Heart Healthy.