• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 9 Resep Awet Muda Meski Memasuki Usia Senja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 9 Resep Awet Muda Meski Memasuki Usia Senja

Ini 9 Resep Awet Muda Meski Memasuki Usia Senja

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 September 2022

“Meski sudah memasuki usia senja, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Namun, upaya ini perlu dilakukan secara konsisten sejak dini, seperti memperhatikan pola makan hingga menggunakan pelembap wajah.”

Ini 9 Resep Awet Muda Meski Memasuki Usia SenjaIni 9 Resep Awet Muda Meski Memasuki Usia Senja

“Meski sudah memasuki usia senja, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Namun, upaya ini perlu dilakukan secara konsisten sejak dini, seperti memperhatikan pola makan hingga menggunakan pelembap wajah.”

Halodoc, Jakarta – Tampil awet muda merupakan harapan bagi wanita. Tak jarang wanita rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan kecantikan. Padahal, resep awet muda tidak hanya dengan perawatan kecantikan, bisa juga dari makanan yang dikonsumsi dan hal lainnya.

Langkah awal yang perlu  dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ya, beberapa makanan terbukti dapat membuat tubuh dan wajah  lebih awet muda.

Perlu diketahui bahwa awet muda berarti kondisi kulit yang mulus, bebas kerutan, cerah dan bercahaya. Selain itu, kondisi tubuh juga mesti terlihat “utuh”, baik gigi yang utuh, tulang yang kuat, serta otot yang tampak ideal meski usia biologis tidak lagi muda.

Simak beberapa tips yang dapat membuat anda awet muda meski memasuki usia senja 

1. Perhatikan makanan 

Hal pertama yang bisa dilakukan agar awet muda adalah dengan memperhatikan makanan. Pastikan memiliki pola makan yang sehat. Perhatikan pemenuhan kebutuhan gizi seimbang dari setiap porsi makanan. Selain itu,  hindari konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat.

Jangan pula lupa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah. Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur, sehingga kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda terpenuhi dengan baik.

2. Hindari stres

Hindarilah stres berlebih. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya tidak sedih atau frustrasi berlarut-larut. Kondisi stres dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika sering stres, cobalah untuk mengikuti terapi relaksasi. Bisa juga juga dengan yoga atau sekadar berjalan-jalan dengan keluarga atau sahabat.

3. Hindari rokok dan alkohol

Salah satu cara membuat wajah awet muda adalah menjaga pola hidup sehat. Contohnya dengan menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Rokok mengandung berbagai racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit.

4. Olahraga teratur

Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, maka dapat mengencangkan otot tubuh dan membuat terlihat awet muda. Olahraga juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti pengeroposan tulang dan penyakit jantung. Sangat penting untuk melakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu, dan dengan durasi minimal 30 menit dalam sehari.

5. Tidur yang cukup

Resep awet muda selanjutnya adalah tidur yang cukup, karena tidur sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mendapatkan tidur yang cukup sangat baik untuk mengurangi depresi, mengurangi peradangan, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

6. Minum air yang cukup

Minum air yang cukup sangat baik untuk meningkatkan energi dan metabolisme  sehari-hari. Selain itu, kulit membutuhkan air untuk mempertahankan kelembapan dan juga mengurangi penuaan.

7. Lindungi kulit setiap hari

Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D, yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat harus bepergian, gunakanlah tabir surya, sehingga kulit dapat terlindung dari paparan sinar matahari berlebih yang bisa mempercepat proses penuaan. 

8. Rutin membersihkan wajah

Kebersihan wajah harus benar-benar diperhatikan. Namun, tidak disarankan membersihkan wajah dengan gerakan yang kasar atau penekanan berlebihan. Gerakan menggosok permukaan kulit dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Kondisi seperti ini, jika berlangsung cukup lama, dapat menyebabkan penuaan pada kulit wajah menjadi lebih cepat.

9. Gunakan pelembap wajah

Sangat penting untuk memperhatikan kelembapan pada wajah dengan menggunakan pelembap secara rutin. Gunakan pelembap wajah yang sesuai dengan kulitmu. Cobalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pelembap yang sesuai.

Agar awet muda kita harus  berkomitmen menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Tidak hanya dengan merawat penampilan luar, mencegah penuaan dini juga perlu diupayakan dari dalam tubuh.

Nah, bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai resep awet muda, atau memiliki keluhan kesehatan, bisa kok bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Ditulis oleh: dr. Rizal Fadli
Referensi:
Healthline. Retrieved September 2022. How to Live Your Best Life as You Age.
American Academy of Dermatology Association. 11 Ways to Reduce Premature Skin Aging.
Mayo Clinic. Retrieved September 2022. Wrinkle Creams: Your Guide to Younger Looking Skin.
Penn Medicine. Retrieved September 2022.Can the Aging Process Be Reversed or Prevented? 5 Things to Know.
Felton, K. Health. Retrieved September 2022The 27 Best Anti-Aging Tips of All Time.
Healthline. Retrieved September 2022.How to Keep Your Skin Firm as You Age.
Healthline. Retrieved September 2022.What Are the Effects of Stress on Your Face?
Healthline. Retrieved September 2022.10 Anti-Aging Foods to Support Your 40s and Beyond Body
Newsom, R. Sleep Foundation. Retrieved September 2022. Sleep and Aging. WebMD (2019). Tips to Reduce Stress and Sleep Better.