Ini Alasan Aloe Vera Baik untuk Kulit Kering

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Alasan Aloe Vera Baik untuk Kulit Kering

Halodoc, Jakarta - Aloe vera atau lidah buaya adalah bahan alami perawatan kulit yang namanya semakin populer belakangan ini. Namun, sebelum memutuskan menggunakan produk perawatan kulit seperti aloe vera, sebaiknya kamu mengetahui dulu jenis kulit kamu. Jenis kulit wajah bermacam-macam, ada jenis kulit normal, kering, berminyak, dan sensitif. Setiap jenis kulit memiliki karakteristik tersendiri sehingga kebutuhan dan masalah yang dialami juga berbeda. Hasilnya, produk perawatan yang digunakan juga berbeda. 

Aloe vera merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan pada rambut dan kulit.  Tanaman ini pun berbentuk gel ataupun ekstrak sehingga mereka sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah. 

Baca juga: 4 Alasan Perlu Beralih ke Produk Skincare Organik

Manfaat Aloe Vera untuk Kulit Kering

Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi. Tanaman ini belakangan memiliki manfaat yang baik untuk kulit kering. Pasalnya orang dengan kulit kering memerlukan khasiat pelembap dari lidah buaya itu sendiri, sehingga tanaman ini bisa digunakan sebagai bagian dari rangkaian perawatan wajah, untuk menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat.

Pastikan kamu menggunakan gel aloe vera ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Spray wajah yang mengandung gel aloe vera juga bisa menjadi alternatif untuk digunakan di tengah hari atau ketika wajah terasa kering. Namun, hindari penggunaan lidah buaya pada area yang sensitif, seperti mata dan bagian dalam mulut atau hidung.

Untuk tips kecantikan dan perawatan kulit lainnya, kamu bisa chat dengan dokter kecantikan di Halodoc. Kamu bisa menghubunginya kapan saja dan di mana saja dan dokter di Halodoc akan selalu memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan.  

Baca juga: Salah Pilih Sabun Muka Bisa Sebabkan 5 Hal ini 

Selain Melembapkan, Apa Manfaat Lain dari Aloe Vera?

Tidak hanya efektif melembapkan kulit, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain dari aloe vera, yakni: 

  • Mempercepat Penyembuhan Luka. Lidah buaya efektif mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya yang bisa mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.
  • Menghaluskan Permukaan Kulit. Merasa kulitmu kasar? Jangan khawatir, kamu bisa mengoleskan aloe vera. Aloe vera mampu mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit sehingga menghaluskan permukaan kulit. Aloe vera juga bisa membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.
  • Menutrisi Kulit. Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang efektif menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah sehingga kulit kamu terlindungi dengan baik. Tidak hanya itu, lidah buaya mengandung berbagai enzim yang bisa mencegah penuaan dini pada kulit.
  • Membantu Meredakan Radang dan Gatal. Ternyata di bagian dalam daun lidah buaya juga terkandung zat yang berkhasiat mengatasi radang dan mikroba. Manfaat  ini membantu meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

Baca juga: Alasan Skincare Korea Jadi Lebih Populer

Petunjuk Penggunaan Aloe Vera

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kamu bisa mengoleskan gel aloe vera sebanyak dua kali sehari. Kamu juga sangat disarankan untuk  memilih produk yang mengandung lidah buaya murni dengan konsentrasi tertinggi. 

Perlu diingat, tidak semua orang cocok dengan lidah buaya. Cobalah oleskan sedikit dahulu pada kulit, jika muncul ruam kemerahan, gatal, atau perih pada kulit setelah diolesi lidah buaya, maka segera bilas dengan air bersih dan lanjutkan penggunaannya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Aloe Skin Care Lotion.
Bebeautiful. Diakses pada 2019. Benefits and Use of Aloe Vera Gel for Face and Skin.