• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Anjing Sering Menggaruk Tempatnya Sebelum Tidur

Ini Alasan Anjing Sering Menggaruk Tempatnya Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Alasan Anjing Sering Menggaruk Tempatnya Sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta - Sebagai pemilik anjing, kamu harus benar-benar sering memperhatikan kebiasaan yang dilakukan oleh hewan tersebut. Beberapa kebiasaan yang dilakukannya dapat berhubungan dengan gangguan yang sedang diidapnya. Salah satu hal yang mungkin sering dilakukan oleh anjing adalah menggaruk tempat tidurnya sebelum terlelap. Apa alasan ia melakukan hal ini? Berikut ulasannya!

Penyebab Anjing Menggaruk Tempat Tidurnya

Sama seperti manusia, beberapa anjing dapat memiliki ritual khusus sebelum tidur. Salah satu yang dikerjakannya adalah menggaruk-garuk area tempat tidurnya. Bisa jadi hal ini dilakukan untuk mencari posisi yang nyaman agar semakin nikmat saat terlelap. Namun, beberapa orang berpendapat jika anjing menggaruk tempat tidurnya, mungkin saja sedang ada masalah di dalam tubuhnya.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Lalu, apa alasannya anjing melakukan hal ini? Berikut ini beberapa alasannya:

1. Insting

Anjing memiliki insting yang kuat layaknya serigala karena dulu hewan ini juga tinggal di habitat yang sama. Disebutkan jika kebiasaan menggaruk pada anjing di tempat tidur dapat disebabkan oleh sisa evolusi dari pengalamannya di alam liar sebelum dijinakkan. Jadi, hal ini dilakukan agar dapat membantunya untuk merasa nyaman dan aman sebelum tidur, meskipun faktanya tidak diperlukan.

Kebiasaan menggaruk atau menggali lubang terjadi karena anjing mencari perlindungan dari panas atau dingin yang ekstrim, serta perlindungan dari predator lainnya. Hal ini dapat dilakukan anak anjing saat merasa sedang menghadapi badai, sehingga dirinya terbiasa melakukan gerakan untuk mengubah tempat tidur empuknya menjadi sarang yang benar-benar membuat dirinya aman.

2. Membuat Teritori

Anjing memiliki kelenjar aroma di bagian bawah telapak tangannya dan di sela-sela jari kaki yang mengeluarkan feromon. Hewan ini mencoba untuk menyebarkan aroma untuk berkomunikasi dengan anjing lainnya sehingga mengetahui jika ini teritorinya. Saat anjing menggaruk tempat tidurnya, hal ini mirip saat ia menendang tanah ketika buang air besar. Tujuannya untuk meninggalkan pesan untuk anjing lainnya.

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

3. Rasa Gelisah

Anjing yang kerap menggaruk atau menggali tempat tidur, lantai, hingga furnitur lainnya secara kompulsif tanpa jeda, hal ini dapat menjadi indikasi jika terjadi masalah yang lebih besar. Masalah yang dapat timbul adalah perasaan gelisah atau gairahnya yang berlebihan. Apabila garukan anjing telah menimbulkan masalah, cobalah memeriksakannya pada dokter hewan terkait opsi perawatan untuk meminimalkan perasaan stres. 

4. Melakukan Investigasi

Anjing juga dapat menggaruk tempat tidurnya untuk melakukan investigasi terkait sesuatu bau yang tidak biasa. Hal ini mungkin saja terjadi saat kamu tidak sengaja menjatuhkan kuah makanan atau hal lainnya sehingga ia mencoba mencari tahu asal dari bau ini. Selain itu, tikus yang pernah hinggap di kasurnya juga dapat membuat anjing menggaruk kasurnya untuk mencari tahu lebih jauh.

Itulah beberapa hal yang dapat meningkatkan minat anjing untuk menggaruk tempat tidurnya. Jika hal ini disebabkan oleh rasa gelisah yang berlebihan, pastikan untuk mendapatkan penanganan dari dokter hewan profesional. Kamu juga dapat membawanya untuk berjalan-jalan setiap hari karena mungkin saja dirinya bosan berada di rumah setiap hari.

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Kamu juga dapat melakukan pemesanan terkait pemeriksaan kesehatan anjing pada dokter hewan dari Halodoc. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan untuk menjaga kesehatan hewan dapat dilakukan hanya dengan menyentuh smartphone. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mengunduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Dodo. Diakses pada 2021. Why Do Dogs Scratch At Their Beds?
Dogster. Diakses pada 2021. Why Do Dogs Scratch Their Beds?