• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Beras Shirataki Mengenyangkan

Ini Alasan Beras Shirataki Mengenyangkan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan menghindari makan nasi. Nasi dianggap sebagai makanan penyumbang kalori terbesar bagi tubuh, sehingga dapat menaikkan berat badan.

Namun, tahukah kamu, tidak semua nasi memberikan banyak kalori untuk tubuh lho. Beras shirataki atau yang dijuluki juga dengan sebutan ‘nasi ajaib’ baik bagi kamu yang sedang diet, karena mengandung kalori yang sangat sedikit tapi dapat mengenyangkan. Berikut ulasannya. 

Baca juga: Diet Tanpa Makan Nasi, Seberapa Efektif?

Mengenal Beras Shirataki dan Kandungan Dalamnya

Beras shirataki merupakan makanan yang terlalu baik untuk menjadi kenyataan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain tidak mengandung karbohidrat sama sekali, jenis beras ini juga mengandung nol kalori. Kok bisa?

Hal itu karena beras shirataki terbuat dari glukomanan, sejenis serat yang berasal dari tanaman konjac. Tanaman ini bisa ditemukan di Jepang, Cina dan Asia Tenggara. Konjac mengandung sangat sedikit karbohidrat

yang bisa dicerna, sementara sebagian besar karbohidratnya berasal dari serat glukomanan. Faktanya, glukomanan terbukti membantu menurunkan berat badan secara efektif dalam banyak penelitian.

Selain itu, beras shirataki juga mengandung banyak air. Jenis beras ini mengandung sekitar 97 persen air dan 3 persen serat glukomanan. Itulah mengapa mengonsumsi beras shirataki hanya memberi sedikit kalori bagi tubuh dan tidak mengandung karbohidrat yang dapat dicerna. 

Beras Shirataki Kaya Serat Kental yang Mengenyangkan

Kandungan glukomanan dalam beras shirataki adalah serat yang sangat kental, yaitu sejenis serat larut yang menyerap air untuk membentuk gel. Faktanya, glukomanan dapat menyerap hingga 50 kali beratnya dalam air, seperti halnya pada mi shirataki yang mengandung kadar air yang tinggi. Nah, itulah salah satu alasan mengapa mengonsumsi beras shirataki dapat mengenyangkan. 

Selain itu, beras atau mi shirataki juga bergerak melalui sistem pencernaan kamu dengan sangat lambat. Hal itu juga lah yang membuat kamu merasa kenyang dan menunda penyerapan nutrisi ke aliran darah kamu. 

Serat kental dalam beras shirataki juga berfungsi sebagai prebiotik. Kandungan ini memberi makan bakteri yang hidup di usus besar kamu. Di usus besar, bakteri memfermentasikan serat menjadi asam lemak rantai pendek yang dapat melawan peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. 

Dilansir dari laman Eat This Much, beras shirataki sebanyak 85,05 gram hanya memberikan 10 kalori, sehingga beras ini digolongkan sebagai makanan yang rendah kalori dan rendah karbohidrat. Itulah mengapa mengonsumsi beras shirataki membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Ini Manfaat Beras Shirataki untuk Diet

Tips Mengolah Beras Shirataki

Meskipun baik untuk membantu menurunkan berat badan, beras shirataki biasanya dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap pada awalnya, di mana bau tersebut berasal dari bau akar konjak. Penting untuk membilas beras shirataki dengan baik selama beberapa menit dengan air bersih yang mengalir. Cara ini dapat menghilangkan baunya.

Itulah penjelasan mengenai mengapa beras shirataki dapat mengenyangkan walaupun mengandung hanya sedikit kalori. Beras shirataki bisa menjadi pengganti yang baik untuk nasi putih bagi kamu yang sedang diet. Kandungan seratnya yang membuat kamu cepat merasa kenyang membantu kamu menurunkan berat badan.

Baca juga: 4 Jenis Beras Sehat Pengganti Nasi Putih

Bila ingin bertanya tips-tips seputar diet, langsung hubungi saja ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang.

Referensi:
Diabetes Strong. Diakses pada 2020. 5 Low-Carb Alternatives to White Rice.
Healthline. Diakses pada 2020. Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles.
Eat This Much. Diakses pada 2020. Shirataki Rice.