• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Mengapa Kanker Tulang Tergolong Ganas

Ini Alasan Mengapa Kanker Tulang Tergolong Ganas

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Alasan Mengapa Kanker Tulang Tergolong Ganas

Saat didiagnosa dengan kanker tulang, pengobatan perlu segera dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kanker berubah menjadi lebih ganas dan bisa memburuk. Sebenarnya, mengapa penyakit ini bisa digolongkan sebagai penyakit yang ganas?

Halodoc, Jakarta – Kanker tulang adalah penyakit yang terjadi karena tumbuhnya sel kanker di tulang. Seperti jenis kanker lainnya, kondisi ini juga sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Kanker yang menyerang tulang harus segera mendapat penanganan medis yang tepat. Sebab jika tidak, kondisi ini bisa memburuk dan menjadi lebih ganas. 

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Kanker bisa tumbuh di mana saja di bagian tubuh, termasuk di tulang. Sel kanker bisa ditemukan di tulang mana saja, tetapi seringnya ditemukan di tulang tungkai, lengan, dan panggul. Jenis kanker ini sebenarnya tergolong jarang terjadi dan sebagian besar umumnya bersifat jinak. 

Baca juga: Waspada, Ini Gejala Kanker Tulang pada Anak

Kanker Tulang dan Gejala yang Bisa Muncul 

Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang, di antaranya osteosarcoma, chondrosarcoma, hingga sarkoma ewing. Kabar buruknya, gejala penyakit ini seringkali terlambat disadari. Sebab, gejala kanker yang terjadi bisa saja ringan sehingga sering disalahartikan sebagai gejala penyakit radang sendi. Kalau sudah begitu, penanganan kanker biasanya juga akan terlambat dan bisa membuat kanker menjadi lebih ganas atau mematikan. 

Namun, ada beberapa gejala yang sering muncul dan bisa dikenali sebagai tanda penyakit ini, di antaranya: 

  • Nyeri 

Salah satu gejala khas penyakit ini adalah nyeri pada area tulang yang terserang. Biasanya, nyeri hanya muncul sesekali. Namun seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan semakin sering terasa dan menjadi lebih berat seiring dengan pertumbuhan kanker. Nyeri tanda kanker biasanya akan terasa lebih parah pada saat tulang digerakkan. Nyeri biasanya terasa memburuk pada malam hari. 

Baca juga: Faktor Risiko yang Sebabkan Kanker Tulang

  • Pembengkakan 

Nyeri yang muncul biasanya akan disertai dengan pembengkakan. Kanker bisa ditandai dengan munculnya pembengkakan dan peradangan di area tulang yang terserang. Jika kanker menyerang tulang yang dekat dengan persendian, pengidapnya biasanya akan lebih sulit untuk menggerakkan sendi dan terasa lebih nyeri. 

  • Tulang Rapuh 

Penyakit ini juga menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh. Sebaiknya perhatikan gejala yang muncul dan perubahan pada kondisi tulang. Jika sudah parah, cedera ringan bahkan bisa menyebabkan tulang patah. 

  • Penurunan berat badan tanpa sebab.
  • Tubuh mudah lemas dan selalu merasa lelah. 
  • Demam dan tidak enak badan.
  • Berkeringat pada malam hari.
  • Mengalami sensasi kebas atau mati rasa, biasanya terjadi jika kanker menyerang tulang belakang dan menekan saraf.
  • Sesak napas, biasanya terjadi jika kanker menyebar ke paru-paru.

Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, sel kanker bisa berubah ganas. Semakin lama, sel kanker bisa menyebar dan menjadi lebih dominan. Kalau sudah begitu, bahkan ada kemungkinan sel kanker akan menyebar ke organ tubuh lainnya. Peluang kesembuhan juga akan menjadi lebih rendah jika hal ini terjadi. Penting untuk menyadari bahwa kanker yang muncul tidak berbeda dengan jenis kanker lainnya, sehingga penanganan yang tepat perlu segera diberikan. 

Agar terhindar dari risiko kanker, penting untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar tubuh selalu bugar. Kamu juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi multivitamin tambahan. Biar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim ke rumah segera. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi: 
Cancer.org. Diakses pada 2021. Survival Rates for Bone Cancer.
Cancer Survival Rate. Diakses pada 2021. How Deadly Bone Cancer Really Is.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is the Life Expectancy with Stage 4 Bone Cancer?