• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Pentingnya Merawat Kulit sebelum Tidur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Pentingnya Merawat Kulit sebelum Tidur

Ini Alasan Pentingnya Merawat Kulit sebelum Tidur

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Pada malam hari, sel-sel kulit beregenerasi paling cepat karena peningkatan aliran darah ke kulit. Oleh karena itu, merawat kulit sebelum tidur sangatlah penting.”

Ini Alasan Pentingnya Merawat Kulit sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta – Merawat kulit di malam hari sebelum tidur adalah hal yang sangat penting. Pasalnya di malam hari, kulit akan mengalami proses pembaruan. Oleh karena itu, merawat kulit sebelum tidur sangatlah penting. Tidak hanya membantu kulit terlihat awet muda, tapi juga memastikan kulit tetap halus. 

Di siang hari, kulit kamu terekspos pulutan, sinar UV, dan kotoran. Kemudian memasuki malam hari, kulit pun mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kerusakan, meremajakan, dan membuat sel-sel baru. Maka dari itu, penting untuk membersihkan kotoran dan sisa riasan dari kulit sebelum tidur. 

Alasan Pentingnya Merawat Kulit di Malam Hari

Dengan menjalani rutinitas perawatan kulit di malam hari, kamu membantu organ terbesar memperbaiki dirinya sendiri lebih cepat dan lebih baik. Upaya yang kamu lakukan untuk membersihkan, menghidrasi, dan memberi nutrisi pada kulit akan sangat membantu menjaga agar tetap kenyal dan kencang. 

Pada malam hari, sel-sel kulit beregenerasi paling cepat karena peningkatan aliran darah ke kulit. Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit yang efektif, kulit dapat memaksimalkan peremajaannya. Seperti misalnya penggunaan serum dan krim yang akan membantu kulit memperbarui dirinya. 

Berikut ini alasan pentingnya merawat kulit di malam hari:

1.  Kulit Wajah Kehilangan 25% Air Saat Tidur

Saat tidur, kamu tidak minum dalam jangka waktu yang cukup lama (5 – 8 jam). Belum lagi jika kamu tidur dalam ruangan ber-AC,  kedua hal tersebut membuat asupan air dalam tubuh berkurang. Alhasil  sel kulit pun menjadi kering dan berkurang elastisitasnya. 

Karena itu, merawat kecantikan sebelum tidur dengan bantuan krim malam sangat dibutuhkan  untuk menjaga kelempaban kulit sepanjang malam. Kondisi kulit yang diberikan asupan krim malam juga bisa membantu sel kulit melakukan regenerasi.

2.  Malam Hari, Kulit Beregenerasi

Alasan lain pentingnya merawat kecantikan sebelum tidur yakni adanya regenerasi kulit yang berlangsung di malam hari. Puncak regenerasi kulit tersebut biasanya terjadi pada jam 10 malam, di mana sel-sel kulit berganti dua kali lebih banyak dibanding siang hari. 

Maka untuk bisa melakukan pembelahan sel, kulit wajah harus terjaga kelembapannya dengan merawat kecantikan sebelum tidur menggunakan pelembap. Jika kulitmu kering, regenerasi kulit ini akan terhambat.

3.  Waktu Istirahat Bagi Kulit

Selain tubuh, malam hari merupakan saat dimana kulit dapat beristirahat setelah seharian terkena paparan sinar matahari, tumpukan kimia dari kosmetik yang digunakan, serta polusi udara. Jadi berikanlah nutrisi yang tepat untuk kulit di waktu istirahatnya tersebut agar terhindar dari kerusakan. 

Membersihkan wajah dan mengaplikasikan pelembap saja ternyata belum cukup untuk merawat kecantikan sebelum tidur. Kulit pun membutuhkan ‘makanan’ yang didapat dari mengonsumsi suplemen vitamin E guna mendukung perbaikan pada sel-sel kulit yang sempat terkontaminasi.

Itulah 3 hal yang terjadi pada kulit saat kamu sedang tidur. Dengan demikian, jangan lupa untuk terus merawat kecantikan sebelum tidur, ya! 

Langkah Perawatan Kulit di Malam Hari

Merawat kecantikan sebelum tidur tak boleh ketinggalan. Berikut cara sederhana dan cepat merawat kecantikan sebelum tidur yang biasa dilakukan oleh para wanita:

  • Hapus riasan wajah.
  • Bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. 
  • Aplikasikan toner.
  • Oleskan serum.
  • Aplikasikan pelembap.
  • Jangan lupa krim mata dan lip balm.

Beberapa ahli menyarankan bahwa waktu terbaik untuk rutinitas merawat kulit malam hari adalah sebelum tidur. Sebab kulit membutuhkan setidaknya 10-20 menit agar produk terserap dengan baik ke dalam kulit. Jadi selama waktu itu, sebaiknya jangan langsung berbaring di atas kasur. 

Idealnya kamu juga harus segera menghapus riasan segera setelah tiba di rumah. Lanjutkan kegiatan tersebut dengan membersihkan wajah secara menyeluruh. Kemudian lakukan langkah-langkah seperti yang disebutkan di atas. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan rutinitas perawatan kulit yang lengkap dan memberikan kulit semua nutrisi yang dibutuhkan selama malam hari. 

Nah, jika kamu sedang mencari kebutuhan perawatan kulit, kamu bisa cek toko kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2022. Skincare tips before going to bed.
Skin Kraft. Diakses pada 2022. Why A Night Skin Care Routine Is Important.
WebMD. Diakses pada 2022. Improve Your Skin While You Sleep.