• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Pentingnya Sarapan Roti Gandum untuk Diet
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Pentingnya Sarapan Roti Gandum untuk Diet

Ini Alasan Pentingnya Sarapan Roti Gandum untuk Diet

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Desember 2022

“Roti gandum adalah salah satu makanan yang cocok disantap untuk sarapan saat diet. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah perasaan kenyang lebih lama.”

Ini Alasan Pentingnya Sarapan Roti Gandum untuk DietIni Alasan Pentingnya Sarapan Roti Gandum untuk Diet

Halodoc, Jakarta – Saat menerapkan program diet, pemilihan makanan yang dikonsumsi perlu dilakukan dengan baik. Salah satu yang disarankan untuk disantap saat sarapan adalah roti gandum. Ada banyak manfaat dari jenis roti ini, sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

Berbagai Manfaat Roti Gandum untuk Diet

1. Kenyang Lebih Lama

Roti gandum cocok dikonsumsi untuk diet karena mengandung karbohidrat kompleks, sehingga seseorang bisa merasa kenyang lebih lama. Satu iris roti ini bisa mengandung 12 hingga 20 gram karbohidrat dengan kandungan serat yang cukup besar, bisa mencapai 3 gram.

Namun, hindari roti yang mengandung gula tambahan, sebab dapat meningkatkan karbohidrat yang masuk ke tubuh. Cek selalu label produk yang ada di bungkusnya, jika ada tulisan “Gula Tambahan”, pilih roti merk lainnya.

2. Tanpa Lemak

Roti gandum tidak mengandung lemak sama sekali, terkecuali diolah dengan menggunakan minyak tambahan. Maka dari itu, periksa label produk dengan tepat dan hindari jika menggunakan bahan tambahan yang tidak cocok untuk diet tersebut.

3. Kaya Protein

Roti gandum juga kerap menjadi pilihan makanan untuk diet karena kaya kandungan protein nabati. Satu potong roti jenis ini dapat mengandung sampai 5 gram protein saat dikonsumsi. Tentunya hal ini sangat menunjang kebugaran tubuh saat diet dan pemulihan pasca olahraga berat.

4. Melancarkan Pencernaan

Serat adalah salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan pencernaan. Dengan begitu, berbagai sisa-sisa makanan yang ada di dalam pencernaan dapat terbuang dengan baik.

Selain itu, serat juga dapat membantu bakteri baik di usus untuk berkembang biak. Hasilnya, usus besar menjadi lebih sehat dan mampu memperkuat sistem imunitas tubuh.

5. Mudah Dikombinasikan

Salah satu yang membuat roti terkenal adalah kemudahannya saat dikonsumsi. Kamu bisa langsung memakannya per helai atau dicampurkan dengan makanan sehat lainnya.

Kamu bisa mengambil dua helai roti dan memasukkan berbagai sayur-sayuran atau biji-bijian untuk disantap saat sarapan. Bahkan makanan ini bisa dimakan dimana saja, sehingga cocok untuk kamu yang butuh sarapan di jalan.

6. Mengandung Vitamin dan Mineral

Roti gandum mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat membantu seseorang tetap berenergi setiap hari. Bahkan, beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan energi, serta mempercepat metabolisme.

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam roti ini tidak cukup besar tetapi bervariasi, seperti zat besi, kalium, niasin, folat, dan lainnya. Jika ditambahkan garam, makanan tersebut juga mengandung sodium.

Itulah beberapa alasan roti gandum cocok untuk diet. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk memasukkan makanan ini ke dalam menu harian sarapan agar penurunan berat badan bisa terjadi dengan baik. Jangan lupa, tetap dukung kesuksesan diet dengan rutin melakukan aktivitas fisik.

Jika masih ingin tahu lebih jauh tentang manfaat roti gandum dan cara mengkombinasikannya dengan makanan lain, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan kapan dan dimana saja. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Whole Wheat Bread Nutrition Facts and Health Benefits.
Universal Robina. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Eating Whole Wheat Bread.