• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Perlu Minum Susu Rendah Lemak untuk Diet
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Perlu Minum Susu Rendah Lemak untuk Diet

Ini Alasan Perlu Minum Susu Rendah Lemak untuk Diet

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 November 2022

“Mengonsumsi susu rendah lemak untuk diet jadi salah satu tips guna menurunkan berat badan. Adapun alasannya, yakni mengandung rendah kalori, omega-3 dan dapat membantu menurunkan berat badan.”

Ini Alasan Perlu Minum Susu Rendah Lemak untuk DietIni Alasan Perlu Minum Susu Rendah Lemak untuk Diet

Halodoc, Jakarta – Diet adalah perubahan pola makan yang bertujuan untuk menurunkan bobot tubuh. Mereka yang melakukannya perlu menghindari asupan tinggi gula dari makanan dan minuman manis.

Tak hanya itu, mereka juga perlu menghindari asupan lemak trans yang terdapat di dalam susu full cream. Sebagai gantinya, mereka bisa mengonsumsi susu rendah lemak.

Susu rendah lemak adalah susu yang mengandung lemak berkisar 1.3 hingga 1.5%. Asupannya lemaknya terbilang lebih rendah ketimbang susu full cream dan dilengkapi dengan tinggi kandungan kalsium.

Susu rendah lemak untuk diet mengandung asupan lain yang dapat mendukung proses penurunan berat badan. Di antaranya protein, karbohidrat, selenium dan mineral seperti kalsium, magnesium, zinc, kalium serta fosfor.

Manfaat Susu Rendah Lemak untuk Diet

1. Rendah Kalori

Susu rendah lemak memiliki lebih sedikit kalori ketimbang jenis susu lainnya, seperti susu full cream atau susu murni. Di dalamnya juga mengandung tinggi vitamin berkat proses fortifikasi, yakni metode penambahan nutrisi tertentu ke dalam bahan pangan. Dalam susu rendah lemak, mengandung 9 persen vitamin A dan 29 persen vitamin D yang dapat mencukupi asupan harian tubuh.

2. Mengandung Omega-3

Dalam satu cangkir berkisar 237 mililiter susu rendah lemak mengandung 9.8 miligram omega-3. Asupan ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan jantung. Tak hanya itu, nutrisi tersebut juga dapat menurunkan risiko kanker.

3. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi susu rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan. Di dalamnya mengandung tinggi kalsium yang dapat mencegah penumpukan lemak. Caranya dengan membantu memecah dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

Kandungan Nutrisi Dalam Susu Rendah Lemak

1. Kalori

Sebagai perbandingan, secangkir susu murni mengandung 150 kalori dan 1 cangkir susu rendah lemak mengandung 110 kalori per cangkir.

2. Protein

Susu rendah lemak mengandung 8 gram protein per cangkir. Di dalamnya mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti arginine, isimecine, lysine, methionine, histidine, phenylalanine, threonine, tryptophan dan valine.

3. Vitamin dan Mineral

Susu rendah lemak mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan tulang, seperti kalsium, vitamin D dan fosfor. Susu ini juga mengandung sumber riboflavin, vitamin B-12 dan vitamin A.

4. Lemak

Susu rendah lemak mengandung 2.5 gram lemak. Mayoritas lemak dalam susu rendah ini adalah lemak jenuh. Jadi, meski memiliki takaran yang rendah, asupannya juga perlu dibatasi guna meningkatkan keberhasilan diet yang dilakukan.

Jika mengalami kendala atau gangguan kesehatan saat melakukan diet, disarankan untuk membuat janji medis guna melakukan pemeriksaan. Kamu juga bisa bertanya langsung seputar asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan tanya dokter lewat aplikasi Halodoc.

Jika membutuhkan informasi lain seputar diet dan nutrisi, kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2022. The Benefits of Low-Fat Milk.
FITDAY. Diakses pada 2022. The Nutrition of Lowfat Milk.