• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Rajin Olahraga Bisa Tingkatkan Gairah Seksual
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Rajin Olahraga Bisa Tingkatkan Gairah Seksual

Ini Alasan Rajin Olahraga Bisa Tingkatkan Gairah Seksual

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Juni 2022

“Pada pria, dilaporkan bahwa penurunan berat badan dapat meningkatkan testosteron dan dorongan seks. Sementara pada wanita, hanya 20 menit olahraga dapat meningkatkan gairah seksual sebesar 169 persen.”

Ini Alasan Rajin Olahraga Bisa Tingkatkan Gairah Seksual

Halodoc, Jakarta – Olahraga tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa meningkatkan gairan seksual, lo. Menjaga berat badan ideal dan meningkatkan stamina tubuh melalui olahraga, dipercaya dapat membuat hubungan intim lebih maksimal saat berada di atas ranjang.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa olahraga rutin berpengaruh pada kehidupan seks seseorang. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa terdapat perbedaan performa seks dan kadar testosteron pada orang yang rutin berolahraga dengan orang yang jarang melakukannya. 

Olahraga Bisa Meningkatkan Gairan Seksual

Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan libido dan meningkatkan gairah seks. Hal tersebut terjadi saat jantung memompa darah dengan latihan kardio atau latihan beban. Namun, efeknya bisa berbeda antara pria dan wanita. 

Pada pria, dilaporkan bahwa penurunan berat badan dapat meningkatkan testosteron dan dorongan seks. Berolahraga selama 2,5 jam seminggu dapat meningkatkan testosteron sebesar 15 persen dan mengurangi kasus hipogonadisme sebesar 46 persen. 

Mengapa pria perlu khawatir dengan hipogonadisme? Hipogonadisme merupakan kondisi ketika kelenjar seksual tak menghasilkan hormon (testosteron) dalam jumlah yang cukup. Nah, hal ini bisa menyebabkan menurunnya gairah seksual, bahkan disfungsi ereksi.  

Sementara itu, wanita mendapatkan manfaat seksual yang berbeda dari olahraga. Sebuah olahraga dapat mempengaruhi hormon, neurotransmitter dan aktivitas sistem saraf otonom. Hal ini juga meningkatkan dan mempertahankan kadar enzim pada wanita yang meningkatkan aliran dan gairah darah genital.

Pada wanita, hanya 20 menit olahraga dapat meningkatkan gairah seksual sebesar 169 persen. Namun, efek gairah ini hanya jangka pendek. Jadi sebaiknya rencanakan waktu berhubungan intim tepat setelah sesi olahraga. 

Manfaat Olahraga Untuk Aktivitas Seksual

Olahraga kardio dan latihan beban dapat meningkatkan testosteron pada pria dan mengencangkan otot yang dibutuhkan untuk aktivitas seksual. Misalnya lengan, perut, dan kaki.

  1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Dengan berolahraga secara rutin, baik pria maupun wanita dapat menjaga berat badan dan bentuk tubuhnya agar tetap ideal. Bukan hanya soal penampilan, tapi bentuk tubuh yang ideal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang akan berpengaruh terhadap gairah seksualnya. 

Selain meningkatkan kepercayaan diri, berat badan yang ideal juga dapat menjaga stamina agar tetap prima saat berhubungan intim. Melatih stamina penting untuk dapat memvariasikan durasi bercinta. Kadang kala pasangan hanya bisa melakukan hubungan seks secara cepat, tapi ada juga waktunya pasangan dapat melakukan hubungan intim yang romantis dan lama. Jika tubuh memiliki stamina yang baik, maka baik cepat atau lama, kamu dan pasangan dapat tetap mencapai kenikmatan bercinta yang maksimal.  

  1. Mencegah Disfungsi Ereksi

Olahraga dapat menjaga kelancaran sirkulasi darah, termasuk aliran darah yang menuju ke penis. Jadi, pria yang berolahraga secara rutin mampu menjaga kemampuan ereksinya tetap optimal. 

  1. Meningkatkan Gairan Seksual

Hormon testosteron mempunyai peranan penting dalam membangkitkan gairah seksual seseorang, baik pada laki-laki maupun wanita. Kamu bisa menaikkan kadar hormon ini dengan cara rutin berolahraga. Dengan berolahraga, kamu akan jadi lebih mudah dan lebih cepat terangsang ketika berhubungan intim.

  1. Orgasme Lebih Baik

Senam kegel diketahui baik untuk melatih otot dasar panggul. Wanita yang rajin melakukan senam kegel akan lebih mampu mengendalikan kontraksi otot-otot vagina dan mengontrol reaksi orgasme. Sementara bagi pria, senam kegel bermanfaat agar pria lebih mudah mengendalikan ejakulasi dini. Kebanyakan pria yang rajin berolahraga juga dapat bertahan lebih lama saat berhubungan intim.   

Jadi, jangan malas untuk berolahraga, ya. Usahakan untuk berolahraga minimal seminggu dua kali, yang terdiri dari latihan aerobik dan latihan beban, untuk mendapat performa seks yang optimal. Untuk performa seks yang optimal, kamu harus melakukan dua kali latihan aerobik dan dua kali latihan beban dalam seminggu.

Jika memiliki pertanyaan lainnya seputar kesehatan kehidupan seksual, tanyakan pada dokter di rumah sakit agar lebih leluasa untuk berdiskusi. Kamu juga bisa membuat janji medis dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The Better Sex Workout
Healthgrades. Diakses pada 2022. How Exercise Can Improve Your Sex Drive