Ini Alasan Telat Makan Bikin Kepala Pusing

Pusing

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah merasa sakit kepala ketika telat makan? Ternyata saat merasa lapar bukan hanya perut yang memberikan tanda, kepala pun akan memberikan tanda. Pusing ini menjadi isyarat kepada tubuh ketika tiba waktunya makan. Pusing karena lapar merupakan tanda bahwa kamu punya kebiasaan makan yang tidak baik, seperti telat makan. Mengapa terlambat makan bisa bikin kepala jadi pusing?

Baca juga: Pola Makan Sehat untuk Mencegah Asam Lambung Kambuh

Terlambat Makan Bikin Kepala Jadi Pusing

Terlambat makan dapat memicu timbulnya sakit kepala jenis sakit kepala tegang. Sakit kepala ini biasanya disertai dengan timbulnya rasa kaku pada leher sampai dengan pundak, dan juga timbulnya tekanan pada belakang mata. Sakit kepala tegang sendiri dapat terjadi dalam beberapa jam atau beberapa hari.

Sakit kepala tegang ini biasa digambarkan dengan rasa sakit seperti ada tali yang mengikat kuat pada kepala. Sakit kepala ini bisa dialami oleh orang-orang yang biasa melewatkan jam makannya. Kebanyakan kasus sakit kepala tegang ini tidak terlalu parah, sehingga pengidapnya masih bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang biasanya dirasakan pada daerah dahi, bagian belakang kepala atau kedua sisi kepala. Gejala lain yang menjadi tanda dari sakit kepala tegang, yaitu kelelahan, mudah marah, susah tidur, tidak bisa fokus, nyeri otot, sensitif terhadap suara dan cahaya, serta sakit kepala saat bangun dan berbaring. Rasa sakit ini akan bertambah parah pada kulit kepala, pelipis, leher belakang, serta bahu.

Pada kasus sakit kepala tegang yang hanya terjadi sesekali, tidak memerlukan penanganan medis khusus. Sakit kepala tegang akan membutuhkan penanganan medis khusus, jika:

  • Sakit kepala disertai dengan lemas, bicara tidak jelas, dan mati rasa.

  • Sakit kepala muncul setelah terjadi benturan pada kepala.

  • Sakit kepala muncul secara tiba-tiba dan dengan skala yang sangat parah.

  • Sakit kepala disertai dengan kaku pada leher, muntah, dan linglung.

Baca juga: Penyebab Pusing Berkepanjangan dan Cara Penanganannya

Begini Langkah Pencegahan Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang bisa kamu hindari dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat bisa kamu terapkan mulai dari makan yang teratur, menjaga berat badan ideal, rajin berolahraga, hindari konsumsi alkohol, batasi konsumsi kafein, beristirahat dengan cukup, serta konsumsi serat dengan cukup dan minum banyak air putih.

Jangan lupa untuk kelola stres dengan baik untuk menghindari adanya penyakit sakit kepala tegang. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres dengan baik, salah satunya dengan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi. Kamu bisa melakukan kedua hal ini untuk mencegah terjadinya sakit kepala tegang, serta untuk meredakan gejala yang sedang kamu alami.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Gejala dan Perawatan Sakit Kepala Tegang

Untuk itu, jangan pernah punya kebiasaan malas makan untuk mencegah terjadinya sakit kepala. Nah, jika kamu sudah melakukan langkah awal pencegahan namun gejala belum juga hilang, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!