• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan untuk Tidak Malu Periksakan Kesehatan Mental

Ini Alasan untuk Tidak Malu Periksakan Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kesehatan mental menjadi suatu hal yang tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Berbagai gangguan dapat dialami seseorang pada kesehatan mentalnya. Namun, sama dengan kesehatan fisik, kesehatan mental pun dapat diatasi dengan perawatan dan juga pengobatan yang disesuaikan dengan kondisi seseorang. 

Tidak hanya pada orang dewasa, masalah adanya gangguan kesehatan mental saat ini juga sangat rentan dialami oleh anak-anak maupun remaja. Banyak pemicu yang tingkatkan risiko gangguan kesehatan mental, mulai dari adanya gangguan pada otak hingga gaya hidup atau perilaku seseorang.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Lalu, apa yang perlu dilakukan agar kondisi kesehatan mental selalu dalam kondisi yang optimal? Salah satu yang bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan mental jika kamu merasa adanya gangguan pada psikologis maupun fisik. Ya, tidak hanya kondisi psikologis, adanya gangguan kesehatan mental juga dapat meningkatkan risiko gangguan fisik seseorang. Itulah beberapa alasan yang membuat kamu sebaiknya tidak malu untuk periksakan kesehatan mental sedini mungkin.

Jangan Malu untuk Periksakan Kesehatan Mental

Memiliki kesehatan mental yang optimal tentunya akan membuat kehidupan seseorang semakin berkualitas. Banyak dampak yang akan dialami ketika mengalami gangguan kesehatan mental yang tidak diatasi dengan tepat, seperti penurunan kualitas hidup, gangguan hubungan dengan sosial maupun keluarga, sulit berkonsentrasi, hingga munculnya berbagai gangguan kesehatan fisik.

Jika kesehatan mental seseorang terganggu, kondisi ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental. Hal ini akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan pada emosi, pola pikir, serta perilaku pengidapnya. Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya jangan malu untuk memeriksakan kondisi kesehatan mental.

Sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan mental pada psikolog melalui aplikasi Halodoc, jika kamu mengalami beberapa gejala, seperti:

1.Lebih Emosional

Jika kamu dikenal sebagai pribadi yang ceria dan menyenangkan, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan mental kamu ketika kamu menjadi pribadi yang lebih emosional dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini menyebabkan kamu lebih mudah marah, cepat tersinggung, hingga emosi berlebihan. Hal ini bisa menjadi tanda adanya depresi atau gangguan kecemasan.

Baca juga: Muda dan Kritis, Saatnya Jaga Kesehatan Mental

2.Gangguan Tidur

Sebaiknya perhatikan gangguan tidur yang kamu alami dan sulit untuk diatasi. Gangguan tidur yang dialami dapat menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan mental. Namun, gangguan tidur bukan hanya disebabkan gangguan mental, kondisi ini bisa disebabkan adanya penyakit lain dalam tubuh. Untuk itu, sangat penting segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk mengetahui penyebab gangguan tidur.

3.Kesulitan Berinteraksi dengan Lingkungan

Menutup diri dan menjadi lebih sulit untuk berinteraksi dengan orang lain menjadi salah satu tanda dari gangguan mental. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan psikolog agar ketika kondisi ini sudah mengganggu kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan.

4.Gangguan Pola Makan

Adanya gangguan pada kesehatan mental juga dapat memengaruhi pola makan seseorang, loh. Sebaiknya jika kamu mengalami gangguan pola makan yang disertai dengan gejala lainnya, jangan ragu untuk periksakan kondisi kesehatan mental.

5.Terlalu Banyak Pikiran

Ketika terlalu banyak yang dipikirkan, dicemaskan, hingga menimbulkan rasa takut yang berlebihan bisa jadi kamu mengalami gejala gangguan mental. 

Baca juga: Ketahui Tips Hidup Bahagia Demi Kesehatan Jiwa

Tidak ada salahnya untuk segera lakukan pemeriksaan agar kondisi yang kamu alami dapat diketahui penyebabnya. Penanganan yang dini tentunya akan menghindari kamu dari berbagai komplikasi yang diakibatkan gangguan mental, seperti konflik sosial, perasaan tidak bahagia, penyalahgunaan narkoba dan alkohol, serta rentan gangguan penyakit akibat imun tubuh yang menurun.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Is It Time for a Mental Health Checkup?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Mental Illness.
American Psychiatric Association. Diakses pada 2020. Warning Signs of Mental Illness.