• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Arti dari Perbedaan Warna dan Ukuran Jarum Infus
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Arti dari Perbedaan Warna dan Ukuran Jarum Infus

Ini Arti dari Perbedaan Warna dan Ukuran Jarum Infus

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Juli 2022

“Setiap warna dan ukuran jarum infus memiliki fungsi penggunaan yang berbeda. Sebagai contoh, abocath kuning berukuran 24G berfungsi untuk pembuluh darah kecil dan rapuh.”

Ini Arti dari Perbedaan Warna dan Ukuran Jarum InfusIni Arti dari Perbedaan Warna dan Ukuran Jarum Infus

Halodoc, Jakarta – Infus merupakan prosedur untuk memasukkan obat atau vitamin ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah. Untuk melakukan prosedur pemasangan infus, salah satu alat yang wajib digunakan adalah jarum infus atau dalam dunia medis biasa disebut abocath atau kanula infus

Namun, kamu pasti pernah memperhatikan mengapa warna pada jarum infus pada pasien di rumah sakit berbeda. Nah, perbedaan warna tersebut bertujuan untuk membedakan ukuran jarum. Nyatanya jarum infus yang selama ini digunakan memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, agar dapat mengetahui lebih mendalam mengenai perbedaan warna dan ukuran kanula infus, ketahuilah penjelasannya di sini! 

Perbedaan Warna dan Ukuran Jarum Infus 

Uniknya, jarum infus dibedakan ukurannya melalui angka. Semakin besar angka yang melabeli sebuah jarum, artinya semakin kecil ukuran dari jarum tersebut. Alasan pentingnya menggunakan ukuran abocath yang tepat berkaitan dengan beberapa prosedur keperawatan, yang hanya dapat dilakukan dengan jarum berukuran tertentu. 

Misalnya, jika pasien perlu diambil darahnya, maka perawat harus menggunakan pengukur yang cukup besar untuk melakukannya. Jika salah memilih ukuran jarum, perawat mungkin harus menempelkannya kembali dengan pengukur ukuran yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan pasien mengalami rasa sakit sekaligus rasa frustasi. 

Nah, berikut adalah perbedaan dari setiap warna dan ukuran abocath, dimulai dari jarum terkecil:

1. Kuning

Abbocath yang berwarna kuning memiliki ukuran jarum 24G. abocath yang satu ini digunakan pada neonatus, bayi, anak, dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh. Cairan infus yang dialirkan lewat jarum ini sangat lambat.

 2. Biru

Jarum dengan warna biru memiliki ukuran 22G. Jenis yang satu ini cocok untuk bayi, anak, dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh.

 3. Merah muda

Merah muda memiliki ukuran 20G. Biasanya jarum ini digunakan pada orang dewasa dan anak. Penggunaannya untuk memasukan cairan infus untuk maintenance.

4. Hijau

Dengan angka 18G, jarum berwarna hijau cukup besar. Biasa digunakan orang dewasa dan anak, dipasang pada kondisi bedah mayor, trauma, resusitasi cepat. Ukuran ini lebih baik dipergunakan untuk pasien dengan vena yang lebih kecil.

 5. Abu-Abu

Jarum infus yang berwarna abu-abu memiliki ukuran angka 16G. Ukuran ini banyak dipergunakan di ruangan ICU atau ruang operasi. Ukuran besar ini memungkinkan banyak prosedur yang berbeda untuk dilakukan. 

Penggunaannya diperuntukan bagi pasien anak dengan usia di atas 8 tahun dan dewasa pada kondisi tertentu. Misalnya seperti pasien dengan trauma, pasien dengan indikasi bedah mayor, serta dengan kondisi pasien yang memerlukan terapi. 

6. Oranye 

Jarum infus atau abocath yang berwarna oranye memiliki ukuran 14G. abocath ini diperuntukan bagi pasien dengan kondisi trauma yang masif. 

Risiko yang Dapat Terjadi 

Penggunaan jarum infus atau kanula nyatanya juga dapat meningkatkan risiko kesehatan kecil bagi seseorang. Berikut adalah beberapa potensi risiko tersebut:

  • Nyeri ringan pada kulit area penusukan jarum. 
  • Pembentukan bekuan darah. 
  • Risiko infeksi di area penusukan jarum. 
  • Berpotensi menimbulkan perdarahan ringan. 
  • Adanya risiko kemunculan memar akibat penggunaan jarum infus. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan warna dan ukuran jarum infus yang biasa dipakai untuk pasien di rumah sakit. Setiap warna dan ukuran jarum memiliki fungsi penggunaan yang berbeda satu sama lain. Sebagai contoh, abocath kuning berukuran 24G berfungsi untuk pembuluh darah kecil dan rapuh. 

Jika kamu memiliki keluhan kesehatan, segeralah diskusikan dengan dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about cannulas. 
Scribd. Diakses pada 2022. Macam-Macam Bentuk, Ukuran Dan Kegunaan Abocath. 
Registered Nurse. Diakses pada 2022. Different Types of IV Gauge Needles: 18, 20, and 22 Gauge Needles.