Ini Arti Kepribadian Berdasarkan Warna Favorit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Psikologi, kepribadian warna favorit

Halodoc, Jakarta - Semua orang pasti memiliki warna favorit. Bahkan, seseorang yang tidak memiliki warna favorit akan memiliki kecenderungan untuk memakai baju-baju dengan warna tertentu. Apakah kamu pernah mendengar istilah psikologi warna? Psikologi warna merupakan bidang yang mempelajari peran warna terhadap kepribadian seseorang.

Baca juga: 7 Arti Warna Darah Menstruasi yang Perlu Diketahui

Seseorang yang menyukai warna tertentu akan memiliki karakter yang sesuai dengan warna favoritnya. Berikut arti kepribadian berdasarkan warna favorit:

  • Putih

Penyuka warna putih merupakan orang yang mempunyai cara pikir logis. Mereka juga sangat teliti dalam hal penampilan. Selain itu, mereka selalu memiliki target dari apa yang mereka kerjakan.

  • Hitam

Hitam merupakan warna yang netral. Penyuka warna hitam biasanya sering mengalami perubahan suasana hati dan tertarik dengan hal-hal baru. Selain itu, mereka juga lebih sensitif dan kreatif. Penyuka warna hitam bukan orang yang tertutup, tetapi akan sangat berhati-hati dengan orang lain.

  • Biru

Penyuka warna biru memiliki sifat yang menenangkan dan bisa diandalkan. Mereka suka keharmonisan, mudah bergaul, dan mengetahui etika pergaulan dengan baik. Selain itu, penyuka warna biru merupakan pecinta kebersihan.

  • Abu-Abu

Penggemar warna yang satu ini takut terhadap suatu komitmen. Hal ini terjadi karena warna abu merupakan perpaduan dari warna hitam dan putih. Pecinta warna abu memiliki sifat yang datar, membosankan, dan tidak pasti. Bahkan, mereka bisa saja mengambil keputusan dengan mudah, kemudian meninggalkannya.

Baca juga: Cek 4 Kepribadian dari Warna Lipstik Favorit

  • Merah Muda

Merah muda, atau yang lebih dikenal dengan warna pink identik dengan perempuan. Pink merupakan warna yang manis. Penyuka warna ini akan cenderung polos, sedikit kekanakan, dan sensitif. Selain itu, mereka suka mencari perhatian orang lain. Namun, ketika dewasa, mereka akan menjadi lebih bijak dan dewasa.

  • Merah

Penggemar warna merah biasanya dapat menjalani hidup dengan maksimal dan sangat ulet. Mereka menyadari daya tarik dirinya sendiri, sehingga dapat membuat orang lain terpesona tanpa perlu bersikap berlebihan. Penyuka warna merah akan sangat percaya diri dan ekstrovert.

  • Hijau

Penggemar warna hijau merupakan orang yang suka bersikap jujur dan setia. Namun, mereka akan terlalu memikirkan pendapat yang dikatakan oleh orang lain. Penyuka warna hijau selalu ingin merasa aman. Oleh karena itu, mereka akan menempatkan kepentingannya pada hal-hal yang menurut mereka berharga.

  • Ungu

Penggemar warna ungu memiliki kesan artistik dan unik. Mereka bisa menghargai orang-orang yang berada di sekitarnya.

  • Kuning

Kuning merupakan warna yang ceria. Mereka juga optimis dan suka menambah pengetahuan baru, kemudian membaginya dengan orang lain. Penggemar warna yang satu ini juga menyukai kebahagiaan.

  • Orange

Orange menggambarkan karakter yang ramah dan supel. Mereka juga sangat senang menjadi pusat perhatian. Mereka tidak suka memikirkan hal yang terlalu serius, karena karakternya yang cukup santai.

  • Cokelat

Penggemar warna cokelat merupakan penyuka kesederhanaan dan kenyamanan. Mereka bukan tipe yang suka menghambur-hamburkan sesuatu dan kurang suka menjadi pusat perhatian.

Baca juga: Cari Tahu 7 Psikologi Warna Ini

Terlepas warna apa yang kamu sukai, diskusikan dengan dokter pada aplikasi Halodoc jika kamu memiliki keluhan tentang masalah kesehatan, ya! Jangan biarkan gejala yang kamu alami bertambah parah dan menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2019. What Does The Color You Choose Say About You?
Better Help. Diakses pada 2019. Color Coded: What Your Favorite Color Says About You.