• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Arti Manipulasi yang Kerap Terjadi dalam Toxic Relation
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Arti Manipulasi yang Kerap Terjadi dalam Toxic Relation

Ini Arti Manipulasi yang Kerap Terjadi dalam Toxic Relation

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Agustus 2022

“Memiliki pasangan yang memiliki sifat manipulasi nyatanya berbahaya bagi kesehatan mental. Arti manipulasi itu sendiri merupakan pelecehan emosional dalam suatu hubungan.”

Ini Arti Manipulasi yang Kerap Terjadi dalam Toxic RelationIni Arti Manipulasi yang Kerap Terjadi dalam Toxic Relation

Halodoc, Jakarta – Memiliki hubungan yang sehat menjadi salah satu tanda kualitas hubungan yang baik. Selain itu, kepercayaan dalam hubungan menjadi satu hal penting yang perlu dijaga. Ada banyak hal yang membuat kepercayaan dalam hubungan hilang, salah satunya adalah tindakan manipulasi yang kerap dilakukan oleh pasangan.

Belakangan tindakan manipulasi dalam hubungan memang cukup umum diperbincangkan. Bukan hanya menyebabkan hubungan menjadi renggang dan tidak berkualitas, manipulasi dalam toxic relationship juga membuat kamu merasa tidak memiliki kekuatan di dalam suatu hubungan. Untuk itu, simak lebih banyak mengenai arti manipulasi dalam suatu hubungan dan ketahui berbagai cirinya pada pasangan.

Inilah Arti Manipulasi dalam Toxic Relationship

Arti manipulasi atau yang lebih dikenal dengan istilah gaslighting adalah salah satu bentuk pelecehan emosional di dalam suatu hubungan yang membuat seseorang mengalami keraguan, penilaian, serta kemampuan terhadap dirinya sendiri. Biasanya, seseorang dengan sifat manipulasi akan merasa tindakan dan perasaan yang mereka alami adalah suatu kebenaran yang paling mutlak.

Menurut Jeremy Bergen, seorang psikoterapis, tindakan manipulasi atau gaslighting dilakukan untuk mengerahkan kekuasaan dan mendapatkan kendali atas pasangan. Manipulasi dalam hubungan adalah tindakan yang sangat berbahaya bagi pasangan yang mengalaminya.

Bukan hanya dalam hubungan asmara, tindakan manipulasi juga bisa terjadi pada beberapa jenis hubungan yang lain, seperti keluarga, pertemanan, hingga pekerjaan. Jika tidak segera diatasi atau dihindari, tindakan manipulasi bisa menyebabkan dampak pada kesehatan mental seseorang. 

Bahkan, seseorang yang mengalami hubungan dengan tindakan manipulasi akan merasa kesulitan untuk berpisah dari pasangannya meskipun ini terbilang hubungan yang tidak sehat. Selain itu, ada beberapa dampak lainnya akibat tindakan manipulasi, seperti:

  • Kehilangan rasa percaya pada orang lain.
  • Kehilangan rasa percaya diri akibat pasangan kerap mengatakan berbagai hal yang membuat percaya diri menurun.
  • Bagi seseorang yang merasa hubungannya baik-baik saja akan sulit untuk mendapatkan perawatan karena merasa dalam hubungan yang sehat.

Kenali Ciri Pasangan dengan Sifat Manipulasi

Jika kamu merasa ada yang salah dalam hubungan kamu dan pasangan, sebaiknya perlu waspada. Toxic relationship dapat memberikan masalah mental dan fisik. Untuk menghindari pasangan yang memiliki sifat manipulasi, sebaiknya kenali beberapa cirinya berikut ini:

  1. Sering Berbohong

Orang-orang yang memiliki sifat manipulasi akan sering melakukan kebohongan pada pasangannya. Bahkan, seseorang yang manipulatif akan memiliki sifat narsistik. 

Biasanya, saat kebohongan mereka terbongkar dengan bukti-bukti yang valid, mereka akan menyangkalnya dan menuduh pasangannya yang terlalu mengada-ada atau dalam kondisi yang tidak sehat (gila). 

Umumnya, saat mengatakan hal-hal yang tidak benar, mereka akan terlihat sangat meyakinkan, dengan begitu, kamu akan mempertanyakan kesadaran diri kamu sendiri. Jika pasanganmu sering melakukan hal seperti ini, sebaiknya mulai untuk berhati-hati terhadap sifat manipulasi yang dimilikinya.

  1. Sering Menyudutkan Pasangannya

Seseorang yang memiliki sifat manipulasi juga akan sering menyudutkan pasangannya dengan memberikan informasi yang tidak benar kepada orang lain. Biasanya, mereka akan terlihat seperti peduli dengan pasangannya sambil membicarakan kekurangan yang dimiliki oleh pasangannya.

  1. Membuat Pasangannya Merasa Insecure

Sifat manipulasi yang dilakukan dapat membuat kamu mengalami perasaan insecure. Hal ini terjadi karena pasangan selalu menyalahkan dan mengontrol setiap hal yang akan dilakukan.

Itulah arti manipulasi dalam toxic relationship yang sebaiknya dihindari. Jika kamu mengalami berbagai gejala manipulasi dalam hubungan kamu dan pasangan, segera tanyakan langsung dampak dan cirinya pada psikolog melalui Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2022. What Is Gaslighting in Relationships?
Brides. Diakses pada 2022. What Is Gaslighting in a Relationship?
Very Well Mind. Diakses pada 2022. What Is Gaslighting?