• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Perlu Dihindari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Perlu Dihindari

Ini Bahan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Perlu Dihindari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 November 2022

“Ada beberapa bahan-bahan dalam skincare yang harus dihindari pemilik kulit berjerawat. Contohnya coconut oil, natrium klorida, dan hampir semua jenis sulfat.”

Ini Bahan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Perlu DihindariIni Bahan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Perlu Dihindari

Halodoc, Jakarta – Kulit wajah berjerawat dapat diatasi dengan benzoil peroksida atau asam salisilat. Namun, jika kulit terus berjerawat meski telah melakukan perawatan kulit, maka sebaiknya cermati apa saja bahan-bahan yang terkandung dalam skincare-mu. 

Jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak, kulit mati, atau bakteri. Namun, ada juga faktor lain yang bisa memicunya, seperti menggunakan produk perawatan wajah yang tidak tepat. Sebab, ada beberapa bahan skincare untuk kulit berjerawat yang perlu dihindari. 

Lantas, apa saja bahan skincare untuk kulit berjerawat yang perlu dihindari?

Bahan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Perlu Dihindari

Berikut ini bahan skincare yang perlu dihindari kulit berjerawat:

1. Minyak kelapa

Minyak alami ini biasanya digunakan sebagai resep kecantikan buatan sendiri, tapi sebaiknya hindari jika kamu memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. Meskipun minyak kelapa memiliki manfaat nutrisi dan pelembab yang baik untuk kulit, tapi di sisi lain dianggap sebagai bahan yang komedogenik, sehingga kulit justru jadi lebih mudah berjerawat.

2. Sodium lauryl sulfate (SLS)

Pernahkan kamu memperhatikan bahwa banyak produk perawatan kulit yang diberi label “bebas sulfat”. Hampir semua jenis sulfat atau SLS memang telah lama tidak digunakan di industri kecantikan. SLS adalah surfaktan kimia dan bahan pembuat busa, yang dapat menghasilkan banyak busa atau gelembung. 

Namun, surfaktan dalam SLS dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga menyebabkan kulit kering, iritasi, dan reaksi alergi. Pada orang dengan kulit sensitif, sulfat juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

3. Ammonium Lauryl Sulfate (ALS)

ALS adalah deterjen yang cukup umum digunakan dalam produk perawatan kulit. ALS berasal dari minyak kelapa atau minyak sawit. Selain terkandung dalam produk perawatan kulit, ALS juga banyak ditemukan dalam produk sampo, sabun mandi, deodoran, dan parfum. 

Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif yang mudah teriritasi, sebaiknya hindari produk perawatan kulit yang mengandung ALS. Sebab ALS dapat mengiritasi kulit dan menghilangkan minyak alami kulit sehingga merusak pelindung alami kulit. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa penggunaan ALS dapat memicu munculnya banyak jerawat.

4. Natrium klorida

Natrium klorida juga dikenal sebagai garam laut. Bahan ini biasanya digunakan dalam produk pembersih yang bermanfaat untuk pengelupasan. Selain itu, natrium klorida memiliki kemampuan untuk mengentalkan formulasi produk perawatan sehingga mendapatkan tekstur yang diinginkan. Namun, di sisi lain natrium klorida dapat memberikan efek kulit berjerawat, sehingga sebaiknya perlu dihindari.

5. Cocoa butter

Bahan skincare untuk kulit berjerawat yang perlu dihindari selanjutnya yaitu cocoa butter. Meskipun merupakan bahan emolien yang bermanfaat untuk hidrasi kulit, cocoa butter sering dianggap sebagai bahan yang komedogenik. Hal tersebut dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga memicu jerawat. Cocoa butter lebih cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kering.

Itulah bahan skincare untuk kulit berjerawat yang harus dihindari. Bagi pemilik kulit yang cenderung mudah berjerawat, sebaiknya lebih cermat dalam melihat kandungan dalam produk perawatan kulit.

Jika kamu memiliki masalah kulit yang sulit teratasi dengan produk perawatan kulit, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan dan resep yang tepat. Kamu juga bisa membuat janji medis di fasilitas kesehatan pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. 9 Ingredients Skincare Experts Want You to Avoid If You Have Acne
KBeauty World. Diakses pada 2022. 8 Skincare Ingredients To Avoid For Oily Acne-Prone Skin