• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari

Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 November 2022

“Pemilik kulit sensitif tidak boleh asal dalam memilih produk kecantikan. Hindari kandungan alkohol, sulfat, parfum, vitamin A dan C, dan asam alfa hidroksi (AHA).”

Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu DihindariIni Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari

Halodoc, Jakarta – Pemakaian skincare memang dibutuhkan untuk mendukung kulit wajah tetap sehat dan cantik. Namun, kamu perlu memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Pasalnya, beda jenis kulit, beda pula kandungan produk yang digunakan. Selain itu, beberapa kandungan dalam skincare akan memicu reaksi alergi dan iritasi jika digunakan pada pemilik kulit sensitif. 

Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Sebaiknya Dihindari

Jika kamu mengalami ruam kemerahan dan gatal setelah menggunakan produk skincare tertentu, maka bisa dipastikan kulit wajah kamu termasuk sensitif. Bahkan, beberapa pemilik tipe kulit ini mengeluhkan kulit jadi kering, bersisik, mengelupas, dan terasa perih. 

Kondisi ini sangat mungkin terjadi karena kandungan bahan dalam skincare yang kamu pakai. Inilah sebabnya, kamu perlu cermat dalam melihat komposisi produk sebelum menggunakan produk perawatan wajah. Agar tidak salah pilih, berikut bahan skincare untuk kulit sensitif yang sebaiknya dihindari:

1. Alkohol

Kandungan pertama adalah alkohol yang bisa membuat kulit sensitif jadi lebih kering. Kandungan satu ini akan menghilangkan kelembapan alami pada kulit secara otomatis. 

Biasanya, alkohol banyak terdapat pada produk pembersih wajah astringent yang membantu mengangkat sisa kosmetik dan kotoran pada wajah. Pastikan kamu memilih produk skincare yang bebas alkohol atau aman untuk kulit wajah, misalnya alkohol denat.

2. Asam Alfa Hidroksi (AHA)

Alpha-hydroxy acids atau AHAs biasanya terdapat pada produk toner, antipenuaan, serum, dan beberapa jenis produk perawatan kulit lain. Kandungan ini memang bermanfaat untuk membantu menyamarkan tanda penuaan, noda hitam, membantu produksi kolagen, dan mencegah jerawat. 

Meski demikian, bahan aktif ini tidak dianjurkan digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Sebab, AHA akan membuat kulit wajah kamu jadi lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan beta-hydroxy acid atau BHA karena lebih bersahabat untuk kulit sensitif.

3. Serum vitamin A dan C

Baik vitamin A maupun C menjadi bahan aktif yang penting untuk merawat kulit wajah. Keduanya memiliki peran sebagai antioksidan yang membantu mencegah munculnya tanda penuaan dan paparan radikal bebas. 

Akan tetapi, serum yang memiliki kandungan vitamin A dan C memberikan efek samping langsung pada kulit sensitif, yaitu iritasi, alergi, dan peradangan. Sebagai gantinya, pilih produk yang menggunakan turunan dari vitamin C, seperti ascorbyl tetraisopalmitate yang lebih lembut untuk kulit sensitif.

4. Sulfat

Bahan skincare untuk kulit sensitif lainnya yang perlu dihindari adalah sulfat. Komposisi satu ini berperan untuk menghasilkan busa pada sabun pembersih muka, bersama dengan garam mineral dan sulfur untuk melakukan tugas utamanya, yaitu membersihkan kotoran pada wajah. 

Sodium lauryl sulfate dan ammonium lauryl sulfate adalah dua dari banyak jenis sulfat yang memicu kulit sensitif menjadi lebih kering, gatal, dan iritasi. Supaya terhindar dari efek samping tersebut, pilih produk skincare yang memiliki label bebas sabun atau bebas sulfat.

5. Parfum

Parfum dianggap sebagai salah satu kandungan yang memiliki sifat iritan tertinggi pada produk perawatan kulit. Meski memberikan aroma wangi yang menyegarkan, kandungan ini juga memicu alergi dan iritasi pada kulit wajah yang sensitif. 

Sayangnya, kerap ditemukan produk skincare yang tidak mencantumkan keterangan bahan pewangi. Alhasil, kamu harus lebih teliti lagi dalam membeli, setidaknya pilih produk yang memiliki keterangan allergen-free-fragrance atau tidak memiliki kandungan 26 alergen berbahaya.

Jika masalah kulit sensitif yang kamu alami semakin buruk, kamu bisa cek langsung ke dokter spesialis kulit. Gunakan Layanan Janji Medis di Halodoc untuk pemeriksaan kesehatan yang lebih mudah. Kamu dapat cek manfaat kesehatan lain dengan download aplikasi Halodoc.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Skin Virtue. Diakses pada 2022. 6 Ingredients to avoid if you have sensitive skin.
Epiphany Dermatology. Diakses pada 2022. Sensitive Skin? Avoid These 8 Common Irritants in Products You Use Daily.
Byrdie. Diakses pada 2022. 5 Skincare Ingredients to Avoid if You Have Sensitive Skin.