• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahaya Anjing Peliharaan Makan Bawang

Ini Bahaya Anjing Peliharaan Makan Bawang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Bahaya Anjing Peliharaan Makan Bawang

“Waspadai bahaya anjing makan bawang. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan anjing mengalami gangguan kesehatan, termasuk yang paling berbahaya dan bisa berdampak buruk pada nyawanya. Hal ini terjadi karena bawang memiliki kandungan senyawa beracun bagi anjing peliharaan.

Halodoc, Jakarta – Bahaya anjing makan bawang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Namun, hal ini nyatanya benar-benar bisa memicu kondisi gawat darurat pada anjing peliharaan. Saat anjing sengaja ataupun tidak sengaja makan bawang, risiko penyakit mulai dari bau mulut hingga penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa. 

Faktanya, bahaya anjing makan bawang bisa sangat fatal, baik bawang bombay, bawang merah, maupun bawang putih, baik mentah ataupun matang, baik dalam bentuk utuh maupun bubuk. Anjing peliharaan bisa mengalami keracunan dari mengonsumsi bawang, hal ini diakibatkan oleh kandungan N-propyl disulfida atau tiosulfat yang bisa menjadi racun di dalam tubuh anjing. Senyawa ini menyebabkan kerusakan sel darah merah karena anjing tidak memiliki enzim untuk mencerna zat ini. 

Bahaya Anjing Makan Bawang dan Dampaknya 

Salah satu dampak atau bahaya anjing makan bawang adalah risiko anemia. Hal ini terjadi karena hewan ini tidak memiliki enzim yang berperan untuk mencerna zat beracun di dalam bawang merah. Alhasil, risiko kerusakan sel darah merah yang berujung pada anemia akan menjadi lebih tinggi. Selain anemia, ada beragam gangguan kesehatan lain yang muncul akibat anjing makan bawang. 

Semua jenis bawang-bawangan, termasuk bawang merah, bawang putih, dan daun bawang sangat berbahaya bagi anjing peliharaan karena mengandung racun yang sama. Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa makanan yang diberikan pada anjing peliharaan terbebas dari kandungan bawang, termasuk bawang goreng serta bubuk bawang. 

Anjing peliharaan mungkin terlihat akan baik-baik saja jika mengonsumsi bawang dalam jumlah kecil. Namun, bukan berarti hal ini diperbolehkan. Sebaliknya, semakin lama dan banyak bawang yang dikonsumsi, risiko munculnya penyakit akan menjadi lebih besar. Waspadai jika anjing peliharaan mulai menunjukkan gejala, seperti diare, muntah, susah bernapas, tubuh lemah, urine merah, pucat, hingga penurunan nafsu makan dan stamina.

Pada kondisi yang parah, bahaya anjing makan bawang bisa menyebabkan keracunan yang berujung pada hilang kesadaran. Sebab, makan bawang bisa menyebabkan anjing peliharaan mengalami kerusakan sel darah merah, mengalami asma, muncul reaksi alergi, diare, anemia, dermatitis, hingga tubuh menjadi lemah dan menjadi cepat lelah. 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ini Terjadi?

Penanganan oleh ahli perlu segera diberikan jika anjing peliharaan makan bawang. Ingat, jangan tunggu sampai gejala penyakit muncul dan menyebabkan hewan ini mengalami kesulitan. Gejala penyakit mungkin tidak langsung muncul saat hewan ini mengonsumsi bawang, sebab ada sejumlah faktor yang memengaruhinya, seperti ukuran bawang, jumlah bawang yang dimakan, serta kondisi biologis anjing.

Untuk menghindari bahaya anjing makan bawang, sebaiknya jangan membiasakan memberi makan anjing sembarangan. Hal ini juga berlaku untuk makanan sehari-hari yang dikonsumsi manusia. Sebab, ada beragam kandungan, termasuk bawang, yang mungkin bisa mengacaukan kondisi kesehatan pencernaannya. Jika hewan ini tidak sengaja memakan bawang, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Daripada memberi makan anjing dengan makanan yang belum tentu aman, sebaiknya berikan makanan yang memang dibuat khusus untuk hewan peliharaan. Nyatanya, saat ini sudah banyak produk makanan khusus anjing peliharaan yang dijual di pasaran. 

Cek kebutuhan makanan khusus anjing di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan untuk hewan peliharaan hanya dalam satu aplikasi. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Canna Pet. Diakses pada 2021. My Dog Ate Onions: What Do I Do?
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Onions?