• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahaya Langsung Merokok setelah Buka Puasa

Ini Bahaya Langsung Merokok setelah Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Bahaya Langsung Merokok setelah Buka Puasa

Halodoc, Jakarta - Saat menjalankan ibadah puasa, setiap orang menantikan waktunya untuk berbuka. Tidak sedikit orang yang telah menyiapkan makanan tertentu agar dapat dinikmati, sehingga lebih fokus saat melanjutkan ibadah lainnya. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang segar dan manis dalam takaran cukup, serta jangan lupa pada air putih.

Namun, beberapa orang sulit untuk menahan keinginan merokok, sehingga langsung melakukannya setelah buka puasa. Semua orang tahu rokok menyebabkan dampak buruk pada tubuh, terlebih lagi jika kamu melakukannya langsung saat berbuka. Inilah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi jika melakukan hal tersebut.

Baca juga: Awas, Ini Bahayanya Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa

Bahaya dari Langsung Merokok ketika Waktu Berbuka Puasa

Rokok mengandung bahan-bahan kimia yang dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Dalam benda tersebut terkandung nikotin, tar, hingga karbon monoksida. Kebiasaan buruk tersebut sudah terbukti dapat menyebabkan banyak penyakit kronis hingga menyebabkan kematian.

Beberapa orang yang sedang menjalankan puasa kerap mengatakan "mulut asam" yang disebabkan seharian harus menahan membakar rokok. Saat waktunya berbuka, beberapa orang langsung memaksakan diri untuk merokok karena sudah tidak tahan padahal keadaan perut masih kosong setelah beberapa jam harus menahan makan dan minum.

Saat perut kosong, kamu memasukkan zat-zat berbahaya pada tubuh yang mungkin saja langsung menyebabkan dampak buruk. Di antaranya:

  1. Mual dan Pusing

Salah satu bahaya yang dapat terjadi ketika seseorang langsung merokok saat berbuka puasa adalah tubuh akan merasakan mual dan pusing. Kandungan karbon monoksida yang masuk ke tubuh dapat memengaruhi hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen. 

Hal tersebut dapat membuat tubuh merasakan pusing dan efek lebih parahnya adalah menurunkan fungsi pada otot dan jantung. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk di dalam darah.

Baca juga: Langsung Merokok Saat Buka Puasa, Ini Bahayanya

  1. Nyeri Terbakar di Dada

Gangguan lainnya yang dapat terjadi saat langsung merokok pada waktu berbuka puasa adalah merasakan nyeri seperti terbakar pada dada atau heartburn. Hal tersebut terjadi karena merokok dapat membuat katup esofagus menjadi lemah, sehingga asam lambung mampu naik hingga ke kerongkongan. Selain itu, kamu juga dapat mengalami refluks duodenogastrik yang juga menimbulkan gejala yang sama.

  1. Kanker Paru-Paru

Risiko kanker paru-paru akan meningkat jika kamu langsung merokok saat berbuka puasa. Kandungan nikotin yang masuk saat perut masih kosong dapat membuat racun langsung memberi dampak pada organ dalam tubuh, sehingga kanker paru-paru lebih berisiko terjadi. Maka dari itu, jika ingin merokok setelah berbuka, usahakan sudah mengonsumsi beberapa makanan dan minuman.

  1. Tukak Lambung

Tukak lambung juga salah satu gangguan yang dapat terjadi pada seseorang merokok setelah buka puasa tanpa adanya satu pun asupan makanan atau minuman. Pasalnya, merokok mampu mengurangi kandungan natrium bikarbonat yang dapat menetralkan asam lambung diproduksi oleh pankreas. Jika dibiarkan, luka dan radang pada lambung dapat lebih parah.

Itulah beberapa dampak yang dapat terjadi saat seseorang langsung merokok setelah buka puasa. Penting untuk mengatur jadwal merokok setelah berbuka agar dampak buruk karena zat pada rokok dapat langsung masuk ke tubuh tanpa perlindungan. Selain itu, ada baiknya juga momen Ramadhan dapat membuat kamu berhenti dari merokok.

Baca juga: Kenali 7 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait bahaya yang dapat terjadi saat langsung merokok setelah berbuka puasa, kamu bisa menanyakannya pada dokter di Halodoc. Selain itu, kamu juga dapat meminta saran cara berhenti merokok yang ampuh. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Referensi:
Healthfully. Diakses pada 2020. Smoking While Fasting.
Nicorette. Diakses pada 2020. Why Chain-smoking After Iftar Is Far More Damaging Than You Think.