• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahaya Menguatkan Garis Rahang dengan Teknik Mewing
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahaya Menguatkan Garis Rahang dengan Teknik Mewing

Ini Bahaya Menguatkan Garis Rahang dengan Teknik Mewing

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Agustus 2022

“Teknik mewing bisa memicu beberapa bahaya kesehatan seperti ketidaksejajaran gigi, ketidaksejajaran rahang atas dan bawah, nyeri atau disfungsi pada engsel rahang, dan gigi lepas atau terkelupas akibat adanya ketidaksejajaran atau tekanan.”

Ini Bahaya Menguatkan Garis Rahang dengan Teknik MewingIni Bahaya Menguatkan Garis Rahang dengan Teknik Mewing

Halodoc, Jakarta – Mewing adalah teknik menjulurkan lidah ke langit-langit mulut. Seiring waktu, gerakan ini dikatakan membantu menyelaraskan kembali gigi dan menguatkan garis rahang. 

Dokter gigi dan ortodontis terkadang menggunakan teknik dengan konsep yang mirip dengan yang ada di mewing untuk mengobati sleep apnea dan gigi yang tidak sejajar. Ini adalah salah satu bagian dari rencana perawatan yang terstruktur dan terbukti, namun di balik manfaatnya, ada bahaya yang perlu diketahui. Selengkapnya baca di sini!

Hati-Hati, Teknik Mewing Bisa Memicu Disfungsi Engsel Gigi

Rahang terbentuk dalam susunan yang kompleks. Kamu tidak dapat mengubahnya tanpa memengaruhi bagian-bagian yang lain.  Bahkan jika kamu berhasil mengubah garis rahang atau penempatan rahang bawah untuk waktu yang lama, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain termasuk:

  • Ketidaksejajaran gigi.
  • Ketidaksejajaran rahang atas dan bawah.
  • Nyeri atau disfungsi pada engsel rahang.
  • Gigi lepas atau terkelupas (akibat dari ketidaksejajaran atau tekanan).

Sebenarnya yang paling baik ketika ingin melakukan perawatan gigi tertentu adalah konsultasi dengan dokter. Ini dilakukan supaya terhindar dari risiko lain dari akibat coba-coba teknik baru. 

Kalau kamu punya masalah kesehatan gigi dan mulut serta ingin melakukan pemeriksaan gigi, bisa banget dilakukan lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa buat janji pemeriksaan gigi dengan download aplikasi Halodoc terlebih dahulu ya!

Cara Melakukan Mewing yang Aman

Ide dasar di balik teknik mewing adalah mengubah bentuk rahang dengan mengatur penempatan lidah di mulut. Teknik mewing ditemukan oleh ortodontis Inggris bernama John Mew.

Menurutnya, postur rahang bisa dibentuk dengan melatih posisi lidah. Pada awal teknik ini diperkenalkan, diperuntukkan untuk anak kecil yang rahangnya masih bertumbuh.

Adapun cara melakukan teknik mewing adalah sebagai berikut:

  1. Tutup bibirmu.
  2. Gerakkan rahang sehingga gigi depan bawah Anda berada tepat di belakang gigi depan atas.
  3. Tutupi langit-langit mulut dengan lidah.
  4. Tempatkan ujung lidah Anda tepat di belakang gigi depan tanpa menyentuh.

Beberapa menyarankan kamu dapat menemukan posisi yang tepat jika mencoba membuat suara “ng”, kemudian memfokuskan pernapasan dari hidung.

Sampai saat ini belum ada penelitian signifikan yang menunjukkan kalau teknik mewing ini dapat mengubah bentuk rahang dan mengatasi masalah lainnya. Para ahli mengatakan kecil kemungkinan kamu akan melihat perubahan permanen. 

Dokter gigi dan ortodontis terkadang menggunakan teknik dengan konsep yang mirip dengan yang ada di mewing untuk mengobati sleep apnea dan gigi yang tidak sejajar, tetapi biasanya teknik ini dibarengi dengan perawatan lainnya. 

Pada dasarnya, seiring dengan pertambahan usia, kulit wajah bisa kendur dan garis rahang menjadi kurang jelas. Melatih garis rahang bisa membantu mempertegas rahang. Salah satu caranya adalah dengan olahraga rahang dan lidah.

Kamu bisa mengaktifkan otot leher yang jarang digunakan, dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Berbaring telentang dan tekan lidah ke langit-langit mulut.
  2. Bawa dagu ke dada, angkat kepala sekitar dua hingga tiga inci dari lantai.
  3. Perlahan turunkan kepala, dan ulangi sampai beberapa kali.

Ini hanyalah satu dari sekian tips melatih garis rahang. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar tips kesehatan lainnya lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What is Mewing?
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About the Mewing Craze.