• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vetsin bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vetsin bagi Kesehatan

Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vetsin bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Agustus 2022

“Vetsin dapat berdampak pada kesehatan mulai dari memicu gangguan metabolisme, mengganggu sinyal otak, obesitas, dan memicu sensitivitas pada orang dengan kondisi tertentu.”

Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vetsin bagi KesehatanIni Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vetsin bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta –  Monosodium glutamat (MSG) atau vetsin adalah penambah rasa yang sering ditambahkan ke makanan. Walaupun vetsin sudah lama digunakan sebagai produk tambahan untuk makanan, namun terlalu banyak konsumsi vetsin bisa berdampak pada kesehatan.

Beberapa gejala yang mengiringi terlalu banyak konsumsi vetsin bagi kesehatan adalah sakit kepala, mual, mati rasa, dan mengantuk.  Informasi selengkapnya mengenai bahaya vetsin bisa dibaca di sini!

Bahaya Konsumsi Vetsin Berlebihan 

Vetsin memang membuat makanan menjadi gurih dan sering dimasukkan ke beberapa jenis makanan olahan, mulai dari sayuran kaleng, bumbu seperti saus tomat dan saus salad, sup kaleng, dan kecap. 

Senyawa ini merangsang reseptor spesifik yang terletak di ujung lidah seperti reseptor asam amino T1R1/T1R3 atau reseptor glutamat lainnya seperti reseptor metabotropik (mGluR4 dan mGluR1) yang menginduksi rasa gurih yang disebut sebagai umami.  

Itulah yang membuat orang yang makan makanan bervetsin menjadi ketagihan. Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, vetsin bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut jenisnya: 

1. Mengganggu Efek Sinyal pada Otak

Makan terlalu banyak vetsin dapat mengganggu efek sinyal hormon leptin di otak. Leptin bertugas memberi tahu tubuh bahwa kamu sudah cukup makan. Keberadaan vetsin dapat meningkatkan asupan kalori, karena sifat penambah rasa ini dapat menyebabkan makan berlebihan.

Selain itu makan makanan yang diperkaya vetsin dapat menyebabkan kamu makan lebih sedikit kalori pada makanan berikutnya dan mengurangi asupan energi dari makanan yang tidak diperkaya vetsin. 

2. Obesitas dan Gangguan Metabolisme

Vetsin dapat meningkatkan risiko gangguan metabolisme, mulai dari resistensi insulin, kadar gula darah tinggi, dan diabetes.  Efek peningkatan sekresi saliva dapat mengganggu metabolisme karbohidrat di tubuh.

3. Memicu Kematian Sel Otak

Terlalu banyak konsumsi vetsin bisa berdampak pada kesehatan otak. Glutamat memainkan banyak peran penting dalam fungsi otak, salah satunya adalah bertindak sebagai neurotransmitter (zat kimia yang merangsang sel-sel saraf untuk mengirimkan sinyal). 

Vetsin disinyalir dapat menyebabkan toksisitas otak dengan menyebabkan kadar glutamat yang berlebihan di otak. Alhasil ia pun merangsang sel saraf secara berlebihan  yang mengakibatkan kematian sel. Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan kepastian lebih lanjut mengenai hal ini.

4. Sensitivitas untuk Orang Tertentu

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping dari mengonsumsi vetsin yang disebut dengan gejala kompleks MSG. Gejala kompleks ditandai dengan gejala kelemahan, kemerahan, pusing, sakit kepala, mati rasa, ketegangan otot, kesulitan bernapas, dan bahkan kehilangan kesadaran. Untuk orang dengan sensitivitas demikian, perlu membatasi asupan vetsin atau MSG-nya tidak boleh lebih dari 3 gram. 

Alternatif Bumbu Pengganti Vetsin

Kamu tetap dapat meningkatkan rasa pada makanan tanpa penambahan vetsin. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

1. Kecap

Kecap bisa digunakan sebagai pengganti vetsin. Kecap memberikan rasa asin gurih pada masakan dan umumnya bisa ditemukan di hampir semua supermarket. Jangan lupa untuk memeriksa kandungan kecap untuk memastikan apakah ada tambahan vetsinnya atau tidak. 

2. Keju Parmesan

Parmesan adalah keju Italia yang kaya akan sumber vetsin alami, berkat fermentasi. Fermentasi menghasilkan pelepasan asam amino saat protein dipecah yang membawa rasa gurih pada makanan seperti pasta, pizza, risotto, dan banyak hidangan Italia lainnya. 

3. Jamur Shitake

Jamur shitake mengandung salah satu konsentrasi glutamat tertinggi dalam sayuran. Menambahkan jamur shitake ke dalam makanan dapat meningkatkan rasa gurih. Bumbu jamur adalah alternatif yang baik dan lebih sehat dijadikan pengganti vetsin. 

4. Ekstrak Ragi

Ekstrak ragi biasanya digunakan untuk membuat bir dan roti, untuk meningkatkan rasa gurih. Bahan ini dapat dibeli dalam bentuk bubuk di toko khusus yang menjual bir rumahan.

Itulah informasi mengenai bahaya terlalu banyak mengonsumsi vetsin bagi kesehatan serta bumbu pengganti vetsin yang lebih sehat. Punya masalah kesehatan dan butuh pemeriksaan dokter, kamu bisa buat janji medis langsung lewat Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is MSG Truly Unhealthy? All You Need to Know.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. What is MSG? Is it bad for you?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Is MSG Actually Bad for You?Tastylicious.com. Diakses pada 2022. Substitutes For MSG – The 8 Best Options.