• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahayanya Asam Laktat bagi Kesehatan Kulit

Ini Bahayanya Asam Laktat bagi Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Bahayanya Asam Laktat bagi Kesehatan Kulit

“Asam laktat adalah salah satu kandungan yang berguna untuk mendapatkan kulit yang putih dan mulus. Di samping manfaatnya, ada beberapa dampak buruk atau bahaya yang dapat memengaruhi kesehatan kulit. Dengan mengetahuinya, kamu bisa meminimalisir segala bahaya yang ada.”

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap putih dan mulus. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah penerapan kosmetik yang memiliki kandungan asam laktat. 

Zat ini mampu membantu untuk mengurangi sel kulit kering dan kulit mati. Meski begitu, ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh asam laktat pada kulit. Jika kamu ingin tahu, baca ulasan berikut ini!

Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan Asam Laktat pada Kulit

Asam laktat adalah zat yang berguna untuk membantu untuk melembapkan kulit. Kandungan ini adalah bagian dari pelembap alami kulit yang memberikan efek sangat baik untuk perawatan. Selain itu, zat ini juga kerap digunakan pada produk perawatan kulit yang berguna untuk mengurangi sel kulit kering dan kulit mati agar kulit tetap mulus.

Baca juga: Ini Bahaya Keracunan Merkuri dari Kosmetik

Asam laktat juga kerap digunakan untuk pengelupasan kekuatan tinggi untuk membantu seseorang mengatasi jerawat, kerutan, bintik-bintik penuaan, hingga garis-garis halus. Zat ini berguna untuk menghilangkan lapisan paling atas atau epidermis. Dengan formula yang tepat dapat menargetkan lapisan tengah kulit dan pengelupasan sel-sel kulit mati.

Meski sangat baik untuk kesehatan kulit, asam laktat ternyata dapat menimbulkan beberapa dampak buruk, lho. Apa saja sih dampak buruk pada asam laktat pada kulit? Berikut jawabannya:

1. Kemerahan dan Terbakar

Salah satu dampak buruk akibat asam laktat dapat menyebabkan sensasi kemerahan dan bahkan terasa seperti terbakar sinar matahari. Masalah ini dapat berkisar dari ringan hingga parah berdasarkan kekuatan kulit seseorang. Setelah kemerahan sudah sembuh, mungkin kamu merasakan kulit menjadi kencang. Nah, penggunaan lotion atau krim lembut juga sangat baik untuk menenangkan kulit yang mengalami masalah ini.

2. Pembengkakan dan Lepuhan

Efek samping lainnya dari pengelupasan kimia menggunakan asam laktat dapat menimbulkan pembengkakan dan lepuhan. Hal ini biasanya terjadi akibat pengelupasan kimia dengan kekuatan sedang dan rentan terjadi pada seseorang yang kulitnya kurang tebal. 

Mungkin diperlukan waktu minimal satu atau dua minggu agar lepuhan mengeras dan terkelupas secara alami. Tahan diri kamu untuk menarik semua luka tersebut hingga benar-benar sembuh.

Baca juga: Amankah Kandungan Hidrokuinon dalam Kosmetik?

3. Perubahan Warna Kulit

Kamu juga dapat mengalami perubahan warna kulit akibat penggunaan asam laktat. Perubahan ini dapat bersifat sementara atau permanen setelah pengelupasan kimia ini terjadi. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan perubahan warna pada tubuh, wanita hamil, dan penggunaan kontrasepsi oral mungkin lebih rentan terhadap efek samping ini.

4. Infeksi dan Jaringan Parut

Infeksi juga termasuk efek samping yang dapat terjadi akibat pengelupasan kimia dengan kandungan asam laktat. Bukan hanya infeksi, jaringan parut juga dapat terbentuk jika gangguan pada kulit ini tidak sembuh sepenuhnya. Hal lainnya yang perlu diperhatikan, jika kamu memiliki riwayat luka dingin atau lepuh demam, tanyakan kepada dokter terkait konsumsi obat antivirus.

Baca juga: 4 Tips Teliti Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit

Ada banyak bahaya yang dapat terbentuk akibat penggunaan asam laktat pada kulit. Maka dari itu, pastikan untuk berhati-hati dalam menggunakan zat kimia ini dan jika perlu tanyakan terlebih dahulu pada dokter. Dengan begitu, dampak buruk yang mungkin terjadi akibat pengaplikasian zat kimia ini dapat diminimalisir.

Asam laktat dan berbagai kosmetik mungkin saja menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Nah, untuk mengetahui apakah ada dampak buruk dari segala kosmetik yang digunakan, kamu bisa bertanya langsung pada dokter dari Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis dapat dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Leaf. Diakses pada 2021. Side Effects of a Lactic Acid Peel.
Stylecraze. Diakses pada 2021. Lactic Acid For Skin: Benefits, How To Use, And Side Effects.