• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahayanya Menyimpan Dompet di Saku Belakang bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahayanya Menyimpan Dompet di Saku Belakang bagi Kesehatan

Ini Bahayanya Menyimpan Dompet di Saku Belakang bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Juli 2022

“Menyimpan dompet di saku belakang celana bisa mengubah posisi tubuh menjadi miring sebelah, dan merusak saraf skiatika akibat tekanan dari dompet yang mengganjal. Hal itu akhirnya bisa menyebabkan rasa sakit dari dari glute ke kaki, bahkan menjalar ke atas bahu.”

Ini Bahayanya Menyimpan Dompet di Saku Belakang bagi KesehatanIni Bahayanya Menyimpan Dompet di Saku Belakang bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Berbeda dengan wanita yang suka menggunakan berbagai macam tas yang lucu-lucu, kebanyakan pria ingin praktis saat bepergian. Itulah mengapa mereka cenderung menyimpan barang-barang berharga mereka, seperti dompet, di saku celana, biasanya di belakang.

Namun, tahukah kamu bahwa menyimpan dompet di saku belakang celana merupakan kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan? Adanya dompet yang tebal di saku belakang celana bisa memengaruhi posisi tubuh saat duduk. Kondisi ini lama-kelamaan bisa menyebabkan perubahan pada tulang belakang dan juga saraf kamu. Simak penjelasannya di sini.

Alasan Pria Tidak Boleh Menyimpan Dompet di Saku Belakang 

Meski tampaknya sepele, menyimpan dompet di saku belakang dan duduk di atasnya selama berjam-jam, bisa memberi dampak yang tidak main-main pada kesehatan. Hal itu akan memaksa panggul dan tulang belakang keluar dari posisinya, menjepit saraf skiatika dan menyebabkan nyeri punggung bawah.  

Duduk dengan dompet di saku belakang celana akan membuat posisi dudukmu menjadi miring sebelah karena terganjal dompet, baik itu tebal atau tipis. Untuk menjaga keseimbangan posisi, punggung bawah otomatis akan menekuk mengikutinya. Hal ini akan menyebabkan otot-otot yang lain di sisi yang berlawanan memendek dan menjadi kurang efektif. 

Selain itu, punggung tengah juga akan melengkung untuk menjaga keseimbangan posisi. Hal ini sangat mengurangi efisiensi otot dan meningkatkan tekanan pada sendi sakroilaka Tidak hanya bisa menyebabkan ketidakseimbangan otot dan ketegangan sendi, dompet di saku belakang  mungkin juga akan menekan saraf skiatika. Hal itu akhirnya bisa menyebabkan iritasi saraf dan rasa sakit yang menjalar melalui glute dan turun ke kaki. 

Posisi duduk yang miring sebelah akibat dompet yang mengganjal juga akan membuat bahumu ikut merosot. Akibatnya, rasa nyeri juga bisa menjalar hingga ke bahu.

Postur tubuh yang berubah akibat kebiasaan tersebut juga akan memicu banyak gejala. Contohnya kesemutan, mati rasa pada pergelangan kaki atau bagian bawah kaki, nyeri punggung bagian bawah, hingga yang lebih parah adalah rasa sakit saat berjalan, duduk, maupun berbaring.

Tips Praktis Menyimpan Dompet untuk Pria

Jadi, mulai sekarang jangan pernah menunggu hingga terserang nyeri, baru kemudian kamu mulai menghentikan kebiasaan ini. Usahakan untuk menghindari kebiasaan ini dan cobalah mulai menaruh dompet di tempat lain. Misalnya di  kantung jaket, jas, saku depan celana, atau tas. 

Meskipun menggunakan dompet dengan ukuran yang kecil, tapi apabila kamu tetap mendudukinya secara rutin selama 30 menit, hal ini akan menimbulkan efek yang sama.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu ikuti setiap kali hendak duduk untuk menghindari risiko gangguan saraf, yaitu:

  • Lakukankan peregangan terlebih dahulu sebelum duduk.
  • Keluarkan dompetmu dari saku belakang sebelum duduk, meski ukurannya sangat kecil dan tipis.
  • Taruh dompet kamu di tempat lain seperti saku jaket, saku jas, kantung depan celana atau tas.
  • Duduk senyaman mungkin di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar sehingga tidak akan mengganggu saraf dan struktur tulang dan otot di area bokong.
  • Apabila kamu merasakan keluhan, ada baiknya untuk segera membicarakan hal tersebut kepada fisioterapis. Tujuannya untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan tidak memperburuk keadaan.

Tanda-tanda Masalah Saraf yang Perlu Diwaspadai

Bila kamu mengalami rasa sakit yang tajam, menusuk atau tersentak pada panggul bawah, bisa jadi saraf skiatika kamu sudah terganggu. Rasa nyeri akibat masalah pada saraf skiatika bisa muncul terus menerus atau mungkin datang dan pergi. 

Rasa sakitnya biasanya juga lebih parah di kaki dibandingkan dengan punggung bawah. Kamu mungkin akan merasa sangat kesakitan ketika duduk atau berdiri untuk waktu yang lama. Gerakan tubuh yang tiba-tiba juga bisa memperburuk rasa sakit. 

Nah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ketika mengalami berbagai keluhan di atas. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu bisa buat janji medis di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi
My Arture. Diakses pada 2022. Here’s why you should never put your wallet in your back pocket
Men’s Journal. Diakses pada 2022. Why You Should Never, Ever, Put Your Wallet in Your Back Pocket
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Sciatica