• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahayanya Vaginosis Bakterialis bagi Ibu Hamil

Ini Bahayanya Vaginosis Bakterialis bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Bahayanya Vaginosis Bakterialis bagi Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Masih asing dengan masalah kewanitaan bernama vaginitis? Vaginitis merupakan kondisi peradangan pada vagina. Ketika dialami ibu hamil, vaginitis akan menimbulkan rasa gatal di vagina dan keputihan yang berbau tak sedap. Jangan memandang remeh vaginitis, sebab dampak vaginitis bagi ibu hamil tidak main-main.

Vaginitis pada ibu hamil bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau disebut vaginosis bakterialis. Vaginosis bakterialis bukan sebuah kondisi yang langka. Pasalnya, menurut American Pregnancy Association, sekitar 10-30 persen wanita hamil akan mengalami bacterial vaginosis (BV) selama kehamilan mereka. 

Lantas, apa saja dampak vaginosis bakterialis pada ibu hamil? Lalu, hal apa yang bisa menyebabkan penyakit ini? 

Baca juga: Ini Pengobatan yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Vaginosis Bakterialis

Dari Prematur hingga Kemandulan

Hal yang perlu dipahami sejak awal, vaginitis atau vaginosis bakterialis pada ibu hamil bukan kondisi yang bisa anggap remeh. Menurut pakar Centers for Disease Control and Prevention  (CDC), sekitar satu juta bumil mengalami vaginosis bakterialis ini tiap tahunnya.

Nah, vaginosis bakterialis ini yang nantinya memengaruhi kehamilan. Hati-hati, masalah pada kewanitaan ini bisa memicu berbagai komplikasi pada bumil dan janin.

Lantas, apa saja dampak vaginosis bakterialis pada ibu hamil? Menurut studi, bumil yang mengalami vaginosis bakterialis berisiko melahirkan bayi prematur dengan berat badan lahir yang rendah. Nah, kelahiran prematur ini bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya. Sebut saja gangguan fungsi organ seperti jantung, otak, gangguan pendengaran, hingga bayi meninggal mendadak. 

Di samping itu, vaginosis bakterialis pada bumil juga bisa memicu radang panggul (pelvic inflammatory disease/PID). PID adalah infeksi pada organ reproduksi wanita seperti rahim, serviks, dan ovarium. PID bisa menimbulkan dampak serius, misalnya kehamilan ektopik atau bahkan infertilitas, alias kemandulan. 

Oleh sebab itu, segera temui dokter bila bumil mengalami vaginitis atau vaginosis bakterialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ibu juga bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, ibu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Baca juga: Miss V Terasa Gatal Tak Tertahankan, Gejala Vaginitis?

Cara Mencegah Vaginosis Bakterialis

Seperti penjelasan di atas, pada dasarnya bumil memang berisiko mengalami vaginosis bakterialis. Namun, bukan berarti masalah kesehatan yang satu ini tak bisa dicegah. Cara terhindar dari masalah kewanitaan ini dengan menjaga keseimbangan bakteri di dalam vagina. 

Nah, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah vaginosis bakterialis:

  • Hindari menggunakan sabun atau produk kewanitaan ketika membersihkan bagian luar vagina.
  • Cegah infeksi penyakit menular seksual, misalnya menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Hindari penggunaan pembalut tanpa kandungan pewangi.
  • Gunakan air hangat saat membersihkan bagian luar vagina. Selalu bersihkan dari bagian depan ke belakang.
  • Kontrol kadar gula darah bila mengidap diabetes.
  • Jangan membersihkan vagina dengan semprotan air. Hal ini bisa menghilangkan bakteri baik yang melindungi vagina dari infeksi.
  • Kenakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat.

Baca juga: Alami 3 Hal Ini, Bisa Jadi Tanda Bacterial Vaginosis

Nah, bagi bumil yang mengalami masalah kesehatan, bisa segera memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.



Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Bacterial Vaginosis During Pregnancy
Harvard Health Publishing Medical School. Diakses pada 2021. Bacterial Vaginosis (Gardnerella Vaginitis)
March of Dimes. Diakses pada 2021. Bacterial Vaginosis and Pregnancy. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases and Conditions. Bacterial Vaginosis.