• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Beberapa Pantangan Sinusitis yang Perlu Dipahami

Ini Beberapa Pantangan Sinusitis yang Perlu Dipahami

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Beberapa Pantangan Sinusitis yang Perlu Dipahami

Halodoc, Jakarta – Nyeri akibat sinusitis adalah salah satu alasan orang banyak datang menemui dokter. Padahal untuk menghindarinya, kamu hanya perlu tahu pantangan sinusitis. Setiap tahun, ada banyak orang mengalami gejala sinusitis seperti nyeri sinus, hidung tersumbat, dan sekresi hidung yang kental. Parahnya, angka ini bisa terus bertambah karena peningkatan polutan yang dibarengi dengan resistensi terhadap antibiotik.

Ada dua hal yang menjadi penyebab gejala sinusitis muncul, yakni alergi dan juga flu, sehingga sangat disarankan untuk mencegah dua hal tersebut dengan berbagai cara. Selain itu, penting juga untuk mengetahui apa saja yang menjadi pantangan bagi pengidap sinusitis untuk menghindari kekambuhan gejala. 

Baca juga: 15 Tips Agar Sinusitis Tak Mudah Kambuh

Pantangan Sinusitis yang Wajib Diketahui

Berikut ini adalah beberapa pantangan untuk para pengidap sinusitis agar gejalanya tidak kambuh:

Jangan Naik Pesawat saat Sedang Sakit

Jika kamu naik pesawat saat sedang mengidap sinusitis, kamu telah meningkatkan kemungkinan sakit telinga dan komplikasi lainnya. Namun jika kamu benar-benar perlu naik pesawat, cobalah menguap dan menelan saat pesawat sedang dalam perjalanan naik setelah lepas landas atau kembali turun sebelum mendarat. Ini akan membantu menjaga saluran dari tenggorokan ke telinga tetap bersih. Kamu juga dapat mencoba mencubit lubang hidung, menutup mulut, dan meniup hidung dengan lembut.

Jangan Minum Alkohol

Kamu memang membutuhkan banyak cairan, tetapi hindari koktail, wine, bir, atau minuman beralkohol lainnya. Meskipun minuman keras adalah cairan, ia bisa membuat kamu dehidrasi. Ini juga dapat menyebabkan sinus dan lapisan hidung membengkak, yang memperburuk gejala.

Pantangan Sinusitis: Hindari Berenang

Hasil penelitian sebenarnya sangat beragam, tetapi tampaknya klorin dalam kolam renang dapat mengiritasi saluran hidung. Jika kamu merasa cukup sehat untuk berolahraga dan ingin berenang, pastikan gunakan klip hidung untuk mencegah air masuk ke dalam hidung.

Jangan Menghirup Hal-Hal yang Memicu Iritasi

Tujuan dari menghindari hal-hal yang mengiritasi ini adalah untuk menenangkan sinus dan mencegah gejalanya makin parah. Jadi hindari tempat-tempat yang memiliki asap rokok, dan tetap berada di dalam rumah saat tingkat polusi udara tinggi. Jika kamu seorang perokok, berhentilah. Kebiasaan merokok ini membuat kamu lebih mungkin terkena sinusitis lagi.

Baca juga:  Sering Kambuh, Bisakah Sinusitis Sembuh Total?

Cara Menghindari Nyeri Sinusitis

Setelah memahami pantangan sinusitis, kini saatnya kamu mengetahui cara tepat menghindari nyeri sinusitis berikut: 

  • Sering Cuci Tangan. Ini sangat penting, terutama selama cuaca dingin, sebab virus dapat hidup lebih lama di gagang pintu dan permukaan lainnya.
  • Dapatkan Vaksin Flu. Dapatkan vaksin flu setiap tahun. Menurut Center for Disease Control and Prevention, dengan mencegah flu, maka kamu juga dapat mencegah infeksi sinus. 
  • Makan Makanan Sehat dan Olahraga. Pastikan kamu tetap dalam kesehatan yang baik dengan menjaga sistem kekebalan tetap terjaga. 
  • Berhenti Merokok. Ini karena asap rokok dapat mengiritasi sinus. 
  • Gunakan Humidifier. Ruangan yang kering juga dapat menyebabkan nyeri sinus. Kamu bisa mandi air hangat dan menghirup uapnya. Ini adalah obat lama untuk menghilangkan rasa sakit sinus. Namun, jika kamu  menggunakan mesin pelembap atau humidifier, pastikan kamu membersihkannya setiap hari, mengikuti petunjuk sehingga pelembap itu sendiri tidak menjadi sumber masalah sinus.
  • Jangan Konsumsi Antibiotik Berlebihan. Antibiotik akan membantu jika kamu memiliki infeksi bakteri, tetapi mereka tidak akan ampuh dalam melawan infeksi akibat virus. Selain itu, jika kamu mengonsumsi terlalu banyak antibiotik, kamu dapat membangun resistensi terhadap obat tersebut sehingga obat tak lagi manjur.
  • Gunakan Larutan Hidung Saline. Kamu  dapat membeli larutan garam di apotek atau membuat sendiri dengan mencampurkan 1/4 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat. American Academy of Allergy, Asthma and Immunology merekomendasikan penggunaan garam bebas iodida dan air suling (atau air yang sudah direbus dan didinginkan). Jika kamu membeli setetes garam, kabut, atau semprotan, pastikan tidak mengandung dekongestan.

Baca juga: Apakah Sinusitis bisa Menular?

Namun jika gejala sinusitis semakin parah, jangan tunda lagi untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Kini kamu juga bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc sehingga lebih mudah. Selain itu, buat janji rumah sakit di Halodoc juga akan mempersingkat waktu kamu karena kamu tidak perlu lagi repot antre.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Steps to Avoid Sinus Pain and Congestion.
MedicineNet. Diakses pada 2021. Sinus Infection: Sinusitis Dos and Don’ts.
Web MD. Diakses pada 2021. Sinusitis Dos and Don’ts.