• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Beberapa Tanda Sakit Pinggang karena Rematik

Ini Beberapa Tanda Sakit Pinggang karena Rematik

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Rematik adalah salah satu penyakit yang mungkin sering menyerang orang tua. Gangguan ini dapat menyebabkan pengidapnya merasakan sakit pada otot atau persendian. Salah satu sendi yang rentan untuk mengalami gangguan rematik adalah pinggang. Maka dari itu, pengidap rematik kerap merasakan sakit pinggang ketika kambuh. Ketahui tanda sakit pinggang yang dapat terjadi pada bahasan berikut.


Beberapa Gejala Sakit Pinggang Disebabkan Rematik

Sakit pinggang yang terjadi dapat disebabkan oleh lumbago, yang berarti perasaan nyeri pada punggung bagian bawah. Gangguan ini dapat berkisar ringan hingga berat. Selain itu, rasa sakit yang timbul dapat menimbulkan kelainan yang akut atau kronis. Memang sudah sejak lama jika sakit pinggang yang menyerang kerap dihubungkan dengan rematik.

Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang

Beberapa gangguan yang berhubungan dengan sakit pinggang dapat terjadi akibat penyakit rematik. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa tanda atau gejala dari sakit pinggang yang dapat timbul ketika tubuh mengalami rematik. Berikut beberapa pertanda sakit pinggang yang dapat terjadi, antara lain:

  • Sakit pada area pinggang dan punggung bagian bawah yang menjalar hingga ke pantat, bagian belakang paha, hingga pangkal paha.
  • Sakit pinggang yang dirasakan juga dapat menjadi lebih parah selama bergerak. Rasa nyeri tersebut dapat timbul karena membungkuk ke depan, ke belakang, dan sisi lainnya, sehingga mampu membatasi aktivitas.
  • Sakit pinggang atau lumbago yang terjadi juga dapat menimbulkan sensasi kesemutan di sekitar punggung bawah, pantat, hingga kaki.

Selain itu, dalam kasus yang jarang, sakit pinggang dapat menyebabkan gejala serius, sehingga membutuhkan perawatan medis segera. Beberapa gejala yang harus mendapatkan perhatian khusus saat terjadi adalah kehilangan kontrol pada kandung kemih atau usus, mati rasa pada kaki, serta kehilangan kekuatan kaki.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait sakit pinggang yang dapat menjadi gejala rematik. Dengan memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call, percakapan langsung dengan dokter menjadi memungkinkan tanpa keluar rumah. Makanya, download aplikasinya sekarang!


Pengobatan Sakit Pinggang Akibat Rematik

Rematik bisa menyebabkan pengidapnya mengalami sakit pinggang. Untuk seseorang yang mengalami kondisi ini, dokter akan merekomendasikan suntikan steroid epidural. Metode ini dapat mengurangi peradangan yang menimbulkan nyeri pinggang. Selain itu, pengidapnya juga menjadi lebih cepat untuk sembuh dan jaringan tubuhnya lebih kuat.

Baca juga: Ketahui Penyebab Rematik di Usia Muda

Selain itu, jika penyebab terjadinya sakit pinggang belum diketahui, dokter mungkin akan memberikan suntikan blok saraf. Cara ini dilakukan untuk menemukan sumber rasa sakit hingga menjadi pereda nyeri sementara waktu hingga merasa lebih baik. Meski begitu, kebanyakan orang akan merasa lebih baik dalam waktu beberapa hari hingga maksimal enam minggu.

Berikut beberapa penanganan rematik lainnya yang kerap dilakukan:


1. Mengonsumsi Obat

Salah satu cara yang kerap dilakukan untuk mengatasi rematik adalah dengan mengonsumsi obat secara teratur. Obat pertama yang dikonsumsi adalah NSAID, yang berguna untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit pada pinggang yang disebabkan oleh rematik. Setelah itu, konsumsi steroid juga dibutuhkan dengan manfaat yang sama. Lalu, obat yang berguna untuk memperlambat peradangan tersebut agar tidak menyebar luas ke bagian tubuh lainnya.


2. Terapi Fisik

Seseorang yang mengidap sakit pinggang karena rematik juga harus mendapatkan terapi fisik. Hal ini dilakukan untuk menjaga sendi agar tetap fleksibel. Beberapa program latihan akan dilakukan agar tubuh tetap mampu menjalankan fungsinya setiap hari.

Baca juga: Kurang Minum Bisa Sebabkan Sakit Pinggang?

Itulah pembahasan mengenai tanda sakit pinggang yang dapat timbul saat seseorang mengalami rematik. Memang, penyakit ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, sehingga penanganan yang cepat perlu dilakukan. Beberapa perubahan kebiasaan sehari-hari juga dapat membuat pinggang menjadi lebih baik.


Referensi;
Spine Universe. Diakses pada 2020. Lumbago: Mild to Severe Low Back Pain.
South West Spine & Pain Center. Diakses pada 2020. What is Lumbago?