• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bedanya Kanker Mulut dan Kanker Lidah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bedanya Kanker Mulut dan Kanker Lidah

Ini Bedanya Kanker Mulut dan Kanker Lidah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 Februari 2022
Ini Bedanya Kanker Mulut dan Kanker Lidah

“Sekilas mungkin kanker mulut dan kanker lidah terkesan sama. Padahal, keduanya berbeda, dari segi penyebab dan gejala yang ditimbulkan.”

Halodoc, Jakarta - Karena sama-sama terjadi di mulut, kamu mungkin bingung bedanya kanker mulut dan kanker lidah. Padahal, keduanya jelas berbeda, lho.

Kanker mulut kanker yang berkembang di jaringan dinding mulut. Bisa di lidah, atau juga di bagian mulut lainnya seperti bibir, gusi, dan langit-langit mulut. Sementara itu, kanker lidah adalah kanker yang berkembang di lidah.

Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan keduanya, yuk simak pembahasan berikut!

Bedanya Kanker Mulut dan Kanker Lidah

Kanker mulut dan kanker lidah memang memiliki beberapa persamaan. Terutama pada aspek pemicu, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan. 

Secara umum, kanker mulut dan kanker lidah dipicu oleh gaya hidup kurang sehat. Misalnya kebiasaan merokok, terlalu banyak konsumsi alkohol, pola makan kurang sehat, terinfeksi human papillomavirus (HPV), serta tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kanker mulut dan kanker lidah adalah biopsi atau pengambilan jaringan, endoskopi, CT scan, MRI, dan tes HPV. Setelah diagnosis ditetapkan, kanker dapat diobati dengan prosedur operasi, kemoterapi, dan radioterapi. 

Untuk pencegahan, kanker mulut dan kanker lidah dapat dihindari dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Selain itu, penting juga untuk rutin periksa ke dokter gigi (minimal enam bulan sekali), berhenti merokok, dan membatasi konsumsi alkohol.

Karena bisa disebabkan oleh virus HPV, kamu juga perlu berhubungan intim dengan aman, dan mendapatkan vaksinasi HPV.

Lantas, di mana letak perbedaan kanker mulut dan kanker lidah? Agar tak salah mengira, berikut ini perbedaan kanker mulut dan kanker lidah yang perlu diketahui:

1.Perbedaan Penyebab

Kanker mulut umumnya terjadi karena pertumbuhan abnormal di dalam mulut. Sementara itu, pada kanker lidah, sel-sel abnormal tubuh di ujung lidah atau pangkal lidah. Jenis kanker ini banyak dialami oleh perokok aktif atau pecandu alkohol.

2.Perbedaan Gejala

Kanker mulut memiliki gejala khas berupa sariawan yang tak kunjung sembuh, muncul bercak putih atau merah (leukoplakia), dan timbul rasa sakit di dalam mulut. 

Sementara itu, kanker lidah memiliki gejala berupa disfagia, rasa kebas di mulut, perdarahan pada lidah, sulit menggerakkan rahang, penurunan berat badan, dan pembengkakan kelenjar getah bening yang menyebabkan benjolan di area mulut atau leher.

Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai kanker mulut dan kanker lidah pada ahlinya, berikut ini beberapa rekomendasi dokter spesialis onkologi di Halodoc:

1.dr. Dedy Hermansyah, Sp.B(K)Onk

Melayani pasien di Columbia Asia Hospital Medan, dr. Dedy merupakan dokter spesialis bedah onkologi. Ia mendapatkan gelar kedokterannya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sebagai dokter spesialis bedah onkologi, dr. Dedy tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota.

2.dr. Denni Joko Purwanto, Sp.B (K) Onk, MM

Dokter Denni Joko Purwanto, Sp.B (K) Onk, MM adalah seorang dokter spesialis bedah onkologi yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan RS Omni Alam Sutera. 

Sebelumnya, dr. Denni menamatkan studi di Universitas Indonesia, Depok pada 2006. Ia juga tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia.

3.dr. Denny Rifsal Siregar, Sp.B(K)Onk

Berpraktik di Columbia Asia Hospital Medan, kiprah dr. Denny Rifsal Siregar, Sp.B(K)Onk sebagai dokter spesialis bedah onkologi tidak perlu diragukan. Ia mendapatkan gelar kedokterannya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Sumatera Utara, Medan.

Ia juga tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota.

Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan kanker mulut dan kanker lidah, serta rekomendasi dokter yang siap bantu kamu. Jika mengalami gejala kedua kondisi tersebut, segera periksakan diri ke dokter, ya!

Selain bicara dengan dokter, kamu juga bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah. Jadi, jangan lupa download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Mouth Cancer - Symptoms and Causes.
NHS Choices UK. Diakses pada 2022. Mouth Cancer Symptoms. 
Cancer research UK. Diakses pada 2022. About Tongue Cancer.
National Organization for Rare Disorders. Diakses pada 2022. Tongue Cancer.