• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bedanya Susu Kedelai dan Susu Pertumbuhan Anak Berbasis Kedelai

Ini Bedanya Susu Kedelai dan Susu Pertumbuhan Anak Berbasis Kedelai

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Memastikan asupan nutrisi harian Si Kecil terpenuhi, boleh dibilang menjadi cara terjitu untuk menjaga agar tumbuh kembangnya optimal. Tak cuma itu saja, asupan nutrisi bergizi seimbang juga bisa mencegah anak mengalami berbagai masalah kesehatan.

Ada beragam cara yang bisa ibu lakukan untuk memenuhi nutrisi harian anak, mulai dari memberikan makanan bergizi lengkap dan seimbang.

Nah, menyoal susu untuk anak-anak ini, ternyata susu pertumbuhan anak berbasis kedelai bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan nutrisi pada anak. 

Jangan salah lho, susu pertumbuhan anak berbasis kedelai ini berbeda dengan susu kedelai. Lantas, seperti apa sih perbedaan susu kedelai dengan susu pertumbuhan anak berbasis kedelai?

Baca juga: Ketahui Manfaat Susu Soya untuk Anak

Susu Pertumbuhan Anak Berbasis Kedelai Lebih Oke, Masa Sih?

Susu kedelai atau soya merupakan jenis minuman yang terbilang umum dikonsumsi oleh anak-anak. Susu kedelai ini kaya beragam nutrisi, mulai dari protein, lemak, dan karbohidrat. Susu ini juga mengandung beragam vitamin dan tak mengandung kolesterol. Menarik, bukan?

Akan tetapi, susu pertumbuhan anak berbasis kedelai ternyata tak kalah istimewanya dibandingkan dengan susu pertumbuhan sapi. Menurut jurnal di National Institutes of Health, susu pertumbuhan anak berbasis kedelai kini dilengkapi dengan asam amino dalam jumlah yang sesuai, seperti metionin, taurin, dan karnitin. Susu ini juga mengandung zat besi, seng, kalsium, fosfor. Nah, asupan-asupan nutrisi inilah yang dibutuhkah anak dalam tumbuh kembangnya.

Susu yang dibuat dari isolat protein kedelai ini juga memiliki kualitas protein superior, dibandingkan dengan minuman kedelai lainnya.

Bagaimana dengan susu kedelai? Ternyata, sebagian besar susu kedelai dibuat dari kedelai yang direndam atau tepung kedelai. Susu kedelai hanya mengandung sedikit asam amino esensial, berbeda dengan susu pertumbuhan anak berbasis kedelai.

Lalu, bagaimana dengan kandungan vitamin dan kadar asam lemak esensialnya? Faktanya, susu kedelai mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak esensial yang lebih rendah. Di samping itu, susu ini juga tidak dirancang khusus untuk anak-anak. Boleh dibilang, susu ini ditujukan untuk konsumsi populasi umum, bukannya untuk anak-anak.

Dirancang Khusus untuk Anak-Anak

Ada satu keistimewaan lain menyoal susu pertumbuhan anak berbasis kedelai. Ternyata, susu ini sudah dirancang berdasarkan kebutuhan spesifik anak-anak. Susu ini diperkaya dengan minyak ikan untuk mendukung perkembangan mata dan otak.

Susu yang dibuat dari isolat protein kedelai ini dibuat dengan kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi. Tujuannya jelas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Bagaimana bila susu ini dibandingkan dengan susu sapi pada umumnya?

Menurut jurnal dari National Institutes of Health, tidak ada perbedaan yang signifikan pada pertumbuhan anak yang mengonsumsi susu pertumbuhan anak berbasis kedelai dengan susu sapi.

Nah, dari banyaknya susu pertumbuhan anak berbasis kedelai dipasaran, ibu bisa lho memilih Bebelac Gold Soya untuk memenuhi asupan nutrisi anak. Susu yang dirancang khusus untuk anak-anak di atas usia 1 tahun, kaya akan nutrisi yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak.

Baca juga:  Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Anak

Dari Minyak Ikan sampai Kalsium

Bebelac Gold Soya merupakan susu yang diformulasikan untuk anak di atas usia 1 tahun. Susu ini dapat mendukung daya pikir dan pertumbuhan optimal agar Si Kecil tumbuh jadi anak hebat. Contohnya, Bebelac Gold Soya, kaya minyak ikan yang mengandung minyak ikan, omega 3, zat besi, taurin, hingga kolin yang dapat mendukung kemampuan berpikir anak.

Menariknya lagi, Bebelac Gold Soya mengandung Advansfibre Soy+ dan FOS Inulin, susu pertumbuhan soya tinggi serat yang baik untuk pencernaan anak. Tak cuma itu saja, susu ini juga kaya vitamin A yang bisa membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata, kulit, hingga saluran pencernaan.

Susu pertumbuhan anak berbasis kedelai ini juga mengandung 13 vitamin dan 9 mineral, termasuk kalsium yang bisa membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang.

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba Bebelac Gold Soya dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak?

Masih mau tahu lebih jauh mengenai susu pertumbuhan anak berbasis kedelai? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc.

Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli dengan fitur Chat dan Voice/Video Call kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!


Referensi: 

HealthXchange.sg - SingHealth. Diakses pada 2020. Soy vs Cow's Milk: Which is Better For You?