• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Berbagai Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipenuhi Orang Tua
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Berbagai Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipenuhi Orang Tua

Ini Berbagai Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipenuhi Orang Tua

5 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 November 2022

“Menyambut kelahiran Si Kecil yang semakin dekat, pastikan ibu dan ayah sudah menyiapkan semua kebutuhan bayi baru lahir. Mulai dari popok, pakaian, perlengkapan mandi, hingga tas khusus untuk membawa semua perlengkapan bayi saat bepergian.”

Ini Berbagai Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipenuhi Orang TuaIni Berbagai Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipenuhi Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Menjelang kelahiran sang buah hati, ibu tidak hanya wajib melakukan cek kehamilan setiap sekali seminggu, tetapi juga harus mulai menyiapkan semua kebutuhan bayi baru lahir. Memang menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, tetapi sebaiknya ibu tidak membeli semua barang. 

Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Sebelum berbelanja, alangkah lebih baik jika ibu mencatat apa saja barang yang seharusnya dibeli. Supaya tidak bingung, berikut barang-barang kebutuhan sang buah hati yang harus ada saat ia menyapa dunia:

1. Pakaian

Pertama, siapkan pakaian untuk sang buah hati. Mulai dari pakaian harian, jaket, pakaian tidur yang lebih hangat, celana pendek dan panjang, kaos kaki, dan sarung tangan. Supaya lebih mudah, belikan pakaian dengan kancing depan. Tak ada salahnya pula membelikan beberapa buah topi untuknya. 

Namun, hindari membeli pakaian untuk bayi baru lahir terlalu banyak. Sebab, bayi akan sangat mudah bertumbuh dan berkembang, sehingga pakaiannya bisa jadi sudah tidak muat lagi. Belilah pakaian setidaknya satu lusin saja dengan ukuran yang lebih besar dari tubuhnya. Dengan demikian, ibu tidak perlu membeli pakaian baru lagi dalam waktu dekat.

2. Kebutuhan bayi baru lahir: bedung dan selimut

Kebutuhan bayi baru lahir selanjutnya yang wajib ada yaitu kain bedung (bedong) dan selimut. Tujuannya tentu saja untuk membantu menghangatkan tubuh Si Kecil seperti ia berada di dalam perut ibu. Selain itu, membedong juga membuat bayi baru lahir merasa lebih nyaman dan tidak mudah kaget.

Bagi beberapa ibu, membedong Si Kecil yang baru lahir mungkin terasa cukup sulit. Namun, ibu tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada kain bedong khusus yang tentunya akan membuat ibu lebih mudah dalam membedong Si Kecil. 

3. Perlak dan kain alas

Kemudian, ibu juga perlu membeli perlak dan kain alas. Keduanya saat bermanfaat saat ibu hendak memakaikan baju untuk Si Kecil yang baru lahir setelah mandi atau ganti popok. Tujuannya supaya tubuh Si Kecil tidak langsung bersentuhan dengan meja, sehingga membuatnya lebih hangat dan nyaman. 

Selain itu, perlak dan kain alas juga mencegah urine atau feses Si Kecil mengenai kasur atau meja, saat ibu sedang mengganti popoknya setelah buang air kecil atau buang air besar. 

4. Perlengkapan mandi

Ibu sudah bisa memandikan Si Kecil yang baru lahir. Ini artinya, ibu juga wajib membelikan perlengkapan mandi untuknya. Ini termasuk bak mandi, beberapa helai handuk, sabun mandi dan sampo khusus untuk bayi baru lahir, dan kain waslap. Saat memilih sabun dan sampo, pastikan produk tersebut memang khusus untuk bayi yang baru lahir.

Selain itu, ibu sebaiknya juga cermat saat memilih handuk untuk Si Kecil. Pastikan kain handuk memiliki bahan yang lembut, sehingga tidak membuat kulit bayi menjadi mudah iritasi saat digunakan. Sebab, kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif.

5. Perlengkapan pendukung kebersihan

Tak lupa, ibu juga perlu menyiapkan piranti penunjang kebersihan. Misalnya minyak telon, tisu basah, tisu kering, dan juga kapas. Tak ada salahnya juga menyediakan krim khusus untuk ruam yang bisa ibu pakaikan pada area pantat Si Kecil setiap kali ibu selesai membersihkan organ intimnya. 

6. Kebutuhan bayi baru lahir: popok kain atau popok sekali pakai

Perlengkapan bayi baru lahir satu ini tidak boleh terlupa, bu. Ibu dapat memilih untuk menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Memakai popok kain bisa jadi akan membuat pengeluaran ibu sedikit hemat daripada membeli popok sekali pakai. Namun, apabila ibu tidak punya cukup waktu luang untuk membersihkan popok kain, tidak ada salahnya membeli popok sekali pakai.

7. Alat kesehatan

Selanjutnya, perhatikan pula kebersihan dan kesehatan bayi. Tidak hanya mandi, ibu juga perlu memperhatikan kebersihan kuku Si Kecil. Oleh karena itu, ibu dapat menyediakan gunting kuku berukuran kecil, bisa gunting manual atau gunting elektrik. 

Selain itu, sediakan pula termometer untuk memantau suhu tubuh sang buah hati. Terutama jika Si Kecil baru saja mendapatkan vaksin. Jadi, ibu dapat mengetahui apakah suhu tubuhnya normal atau sedang demam dengan lebih akurat. 

8. Alat pendukung menyusui

Tak hanya kebutuhan Si Kecil, kebutuhan ibu juga perlu mendapat perhatian. Supaya ibu lebih lancar dan mudah dalam menyusui sang buah hati, ibu dapat menyiapkan pompa ASI, kantong asip untuk menyimpan ASI perah, bantal menyusui, dan apron (celemek) menyusui. Apron menyusui dapat memudahkan ibu untuk menyusui Si Kecil saat sedang di luar rumah. 

9. Tas khusus bayi untuk tempat kebutuhan bayi baru lahir

Jangan lupa, sediakan tas khusus untuk menyimpan semua kebutuhan bayi baru lahir. Tas ini sangat berguna untuk menaruh semua barang-barang Si Kecil saat ibu harus membawanya ke rumah sakit untuk cek kesehatan atau vaksin. Dengan begitu, ibu tidak harus kerepotan untuk membawa semua kebutuhan sang buah hati dan tidak ada barang yang tertinggal.

10. Gendongan bayi

Terakhir adalah gendongan bayi. Mungkin ibu lebih nyaman menggunakan kain jarik, tetapi sekarang sudah ada berbagai model gendongan bayi yang pastinya lebih memudahkan ibu saat menggendong Si Kecil. Ada model ransel, ada pula model kain yang dapat ibu kreasikan sesuai dengan kebutuhan. 

Gendongan bayi menjadi perlengkapan kebutuhan bayi baru lahir yang membantu ibu lebih mudah dan tidak merasa lelah saat menggendong Si Kecil. Jadi, ibu dapat melakukan aktivitas rutin lain sambil menggendong sang buah hati. 

Beberapa ibu telah menyiapkan stroller sebagai kebutuhan bayi baru lahir, tetapi ada pula yang baru membelinya setelah Si Kecil menginjak usia tiga bulan. Selain itu, ibu juga dapat mempertimbangkan untuk membeli car seat sebagai peralatan penting keselamatan bayi apabila ibu kerap bepergian dengan kendaraan pribadi. 

Jangan lupa, pantau terus kondisi kesehatan sang buah hati. Apabila ibu melihat adanya gejala yang tidak biasa, tanyakan segera pada dokter spesialis anak di Halodoc. Tanya jawab setiap saat lebih mudah dengan download Halodoc di ponsel ibu sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Babycenter. Diakses pada 2022. Baby product must-haves: A list for first-time parents.
Verywell Family. Diakses pada 2022. Everything You Need for Your Newborn Baby.
Parents. Diakses pada 2022. 11 Newborn Items You Don’t Actually Need.