Ini Cara Agar Tetap Fit Menjelang Usia 40an

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
agar tetap fit,tetap fit di usia 40an

Halodoc, Jakarta - Tubuh yang sehat memang harus dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga yang teratur. Namun, tidak bisa dimungkiri lagi bahwa usia yang bertambah juga memengaruhi kondisi fisik seseorang. Kita pun tidak mungkin bisa melawan dan menghentikan proses penuaan yang terjadi pada tubuh. Namun, kita bisa membuat efek penuaan tersebut tidak cepat terjadi dengan menjalankan pola hidup sehat.

Usia 40 tahun adalah momen ketika masalah tubuh akan banyak muncul. Maka dari itu, kamu harus membuat waktu untuk mengevaluasi kondisi kesehatan dan mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Sebab, jika kebiasaan tidak sehat tetap kamu lakukan di usia ini, bukan tidak mungkin masalah kesehatan yang lebih serius akan datang.

Nah, supaya tetap fit menjelang usia 40-an, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Di antarnya:

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan Ini Setiap Malam Supaya Terlihat Lebih Muda

  1. Seimbangkan Gula Darah

Saat kondisi sedang tidak bergairah karena perubahan suasana hati, cepat lelah, atau mudah mengantuk, ini menandakan bahwa gula darah sedang berada di luar batas. Untuk menghindari hal ini, pastikan agar menjaga asupan makanan yang dapat membantu kadar gula darah tetap normal. Sesekali mungkin kamu dapat melakukan diet makanan yang mengandung gula agar kondisi kesehatanmu selalu stabil.

  1. Kurangi Olahraga Berat

Memasuki usia 40 tahun, aktivitas yang terlalu berat dapat membuatmu cepat lelah atau mengalami cedera. Salah satu jenis olahraga yang harus dikurangi adalah angkat besi di pusat kebugaran, olahraga yang memakan waktu lebih sama seperti pertandingan sepak bola, futsal, basket, bulu tangkis, atau voli. Agar tetap fit, kamu dapat mengalihkannya ke olahraga seperti sepeda, jalan kaki, atau lari.

  1. Kurangi Asupan Kafein

Kebiasaan minum kopi yang mengandung kafein memang bermanfaat untuk membuatmu tetap bersemangat saat melakukan aktivitas. Namun, konsumsi kafein dalam jumlah banyak akan membuatmu insomnia, lekas marah, dan cepat lelah.

  1. Sadari Perubahan Hormon yang Terjadi

Menjelang usia 40-an, tanpa disadari tubuhmu akan mengalami perubahan hormon yang memengaruhi metabolisme tubuh. Selain itu, lemak di area perut pun akan lebih banyak ditemukan. Untuk menjaga penampilan, kamu harus rajin melakukan olahraga untuk menjaga ukuran lingkar perut.

  1. Istirahat Cukup

Saat masih berusia 20 atau 30-an, tidur hanya 4 hingga 5 jam sehari mungkin tidak memengaruhi kondisi fisikmu. Namun di usia yang semakin dewasa ini, jam tidur yang terpenuhi dengan baik akan membantu menjaga kesehatanmu.

  1. Hentikan Konsumsi Suplemen

Suplemen vitamin tertentu sebetulnya dapat menimbulkan efek samping, karena biasanya mengandung bahan lain yang kurang baik untuk tubuh. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi suplemen, pastikan untuk menanyakannya terlebih dahulu kepada dokter. Untuk lebih sehatnya, kamu dapat memilih konsumsi vitamin dari makanan langsung seperti sayur, buah, dan daging.

  1. Kurangi Makanan dengan Kalori Berlebih

Menjelang usia 40-an,  tubuh akan berubah dalam memproses kalori. Jadi pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena tubuh akan kesulitan memprosesnya.

Baca juga: Awas Sistem Imun Berkurang Seiring Bertambahnya Usia

Nah, sudah tahu kan kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari agar tetap fit menjelang usia 40-an? Jika kamu merasakan gangguan kesehatan, kamu bisa lho menanyakan masalah-masalah yang kamu rasakan pada dokter melalui  aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!